PENGEMBANGAN TES PENILAIAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD

Main Article Content

Ni Ketut Dewi Muliani
Sariyasa
I Gede Margunayasa

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini didasarkan pada kebutuhan tes penilaian untuk mengukur keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tes penilaian keterampilan proses sains pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SD yang valid dan reliabel serta untuk mengetahui karakteristik tes penilaian yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model 4D yang dibatasi hanya menggunakan tiga tahapan yaitu tahap define, design, dan develop. Tahap disseminate tidak dilaksanakan karena pandemic Covid-19. Tes penilaian yang dikembangkan berbentuk soal uraian yang kemudian divalidasi oleh tim ahli. Berdasarkan hasil validasi ahli terhadap aspek materi, konstruksi, dan bahasa, tes dinyatakan valid dengan kategori sangat baik. Validitas isi dengan analisis CVR memperoleh nilai CVR = 1,00 sehingga 20 butir soal dinyatakan valid. Selanjutnya tes diujicobakan pada siswa sebanyak 50 orang. Hasil uji coba selanjutnya dianalisis untuk mengetahui validitas butir dan reliabilitas tes. Hasil validitas butir dengan rumus korelasi product moment memperoleh semua butir soal memiliki rhitung > rtabel dengan rtabel sebesar 0,28 sehingga semua butir soal dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas tes diperoleh nilai r1.1 sebesar 0,93 berada pada kategori derajat reliabilitas sangat tinggi. Jadi tes penilaian keterampilan proses sains yang dikembangkan valid dan reliabel untuk dapat digunakan dalam mengukur keterampilan proses sains siswa.

Article Details

Section
Articles

References

Adnyana, P.B. dan Citrawathi, D.M. 2017. The Effectiveness of Question-Based Inquiry Module in Learning Biological Knowledge and Science Process Skills. International Journal ff Environmental & Science Education. Volume12, No 8,1871-1878

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arumsari, T.L. 2016. Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Proses Sains Pada Materi Teori Tumbukan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, Volume 5, No.1

Azizah, N.2017. Pengembangan Instrumen Kognitif Keterampilan Proses Sains Siswa Smp Pada Materi Pesawat Sederhana. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Universitas Lambung Mangkurat, Volume 5, No 3.

BSNP. 2006. Standar Isi 2006 Mata Pelajaran IPA.Jakarta: BSNP

Budiman, A. dan Jailani. 2014. Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Volume 1, No. 2, 139-151.

Candiasa, I.M. 2010. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Undiksha Press.

Citrawathi, M. 2016. Analisis Kebutuhan Untuk Pengembangan Modul Inkuiri Berbasis Pertanyaan (MIBP) di SMP. Jurnal Pendidikan Indonesia. Volume 5, No 1.

Fadiawati, N. 2014. Ilmu Kimia sebagai Wahana Mengembangkan Si- kap dan Keterampilan Berfikir. Majalah Eduspot Unit Data Base dan Publikasi Ilmiah FKIP Unila, hal 8-9

Ilmi, N. 2016. Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Fisika. Ejournal Universitas Negeri Jakarta. Volume 5.

Juanda, A. 2019. Pembelajaran Kurikulum Tematik Terpadu: Teori & Praktik Pembelajaran Tematik Terpadu Berorientasi Landasan Filosofis, Psikologis dan Pedagogis. Jamblang Cirebon. CV Confident.

Koyan, I. W. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: UNDIKSHA.

Lawshe, C.H. 1975. A quantitative approach to content validity. Personnel psychology, 28, 563-575

Lusidawaty, V. dan Zikri, A. 2020. Pembelajaran IPA Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Volume 4, No 1, 168-174.

Mania, S. 2014. Asesmen Autentik untuk Pembelajaran Aktif dan Kreatif Implementasi Kurikulum 2013. Makassar: Alauddin Universiy Press.

Mardliya, S. 2017. Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Sains Dasar Mata Pelajaran Kimia Pada Kompetisi Dasar Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan di SMA. Prosiding seminar pendidikan IPA. Palembang. Universitas Sriwijaya

Nurhayati. 2019. Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Proses Sains Pada Materi Fisika Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Ejournal IKIP PGRI Pontianak

Nurtika, A., Kadaritna, N., Tania, Lisa. 2017. Pengembangan Instrumen Asesmen Kognitif Berbasis KPS Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia Universitas Lampung
OECD. 2018. PISA 2018 Results (Volume I):What Students Know and Can Do. OECD Publishing, Paris.
Okaviani, E., Fadiawati, N., & Kadaritna, N. 2015. Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Ketrampilan Proses Sains pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, Volume 4, No 1, 324-338.

Pamuji, A. G. 2018. Pengaruh Pendekatan Inkuiri Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Kelas 4 Pada Pembelajaran Tematik. Ejournal Undiksha. Volume 3, No 1.

Permendikbud Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, A., Siahaan, P., dan Samsudin, A. 2015. Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains SMP pada Materi Gerak. Prosiding Simposium Nasional dan Pembelajaran Sains 2015, Bandung. Hal. 217-220.\

Thiagarajan, S., Doroty, S. S., & Melvyn, I. S. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Source Book. Bloominton: Center for Innovation on Theaching the Handicapped.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta : Bumi Aksara

Wati, S. A., Fadiawati, N., dan Tania, L. 2015. Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Bahasan Klasifikasi Materi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, Volume 4, No. 2, 693-707.