BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS TRI HITA KARANA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN YANG LAYAK, PRAKTIS, DAN EFEKTIF

Main Article Content

M.A.D.P. Dita
I.W. Lasmawan
I.G. Margunayasa

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang digunakan sebagai penunjang proses pembelajaran khususnya pada materi hak dan kewajiban di kelas IV yang menyebabkan hasil belajar peserta didik masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media buku cerita bergambar efektif digunakan di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu ahli materi dan media pembelajaran, guru dan juga siswa kelas IV. Metode pengumpulan data yaitu angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data validitas dan kepraktisan, serta analisis efektivitas. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Rancang bangun media dengan menggunakan model ADDIE. (2) Media dinyatakan sangat layak digunakan. (3) Media dinyatakan sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. (4) Media efektif digunakan karena terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan buku cerita bergambar berbasis Tri Hita Karana mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi hak dan kewajikan siswa kelas IV sekolah dasar.

Article Details

Section
Articles

References

Afnida, M., Fakhriah, & Fitriani, D. (2016). Penggunaan Buku Cerita Bergambar Dalam Pengembangan Bahasa Anak Pada TK A di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 53–59. https://jim.usk.ac.id/paud/article/view/399/0

Agung, A. A. G. (2010). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Ananda, A., Musaddat, S., & Dewi, N. K. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Cerita Rakyat Putri Mandalika Untuk Kelas IV SDN 1 Sukamulia. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 452-461. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/2658/2147

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492

Arditama, E., & Lestari, P. (2020). Analisis Wacana Pembaharuan Kebijakan Zonasi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim Sebagai Solusi Pemerataan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 157–167. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/24758

Arianingsih, B. D., Arjudin, A., Wulandari, N. P., & Sridana, N. (2022). Kepraktisan Media Tutorial Pembelajaran Matematika Berbasis Komputer pada Materi Pokok Bangun Ruang. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 364–374. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/article/view/183/177

Ariyana, R. Y., Erma Susanti, & Prita Haryani. (2022). Rancangan Storyboard Aplikasi Pengenalan Isen-Isen Batik Berbasis Multimedia Interaktif. INSOLOGI: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(3), 321–331. https://doi.org/10.55123/insologi.v1i3.375

Arnesti, N., & Hamid, A. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(1). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/teknologi/article/viewFile/3284/2952

BSNP. (2008). Aspek Kelayakan Modul. BSNP.

Cikarge, G. P., & Utami, P. (2018). Analisis Dan Desain Media Pembelajaran Praktik Teknik Digital Sesuai Rps. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 3(1), 92–105. https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/view/20509/11009

Damayanti, P. A., & Qohar, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint pada Materi Kerucut. Jurnal Kreano, 10(2), 119–124. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/16814/9824

Darmawan, H. S. (2023). Perancangan Ilustrasi Cover Majalah Anak KB Aisyiyah Volume 05 dengan Tema “ Liburan Menyenangkan .” SENIMAN: Jurnal Publikasi Desain Komunikasi Visual, 1(2), 342–352. https://journal.widyakarya.ac.id/index.php/seniman-widyakarya/article/view/1878/1818

Dharma, I. A. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca Dan Sikap Siswa Kelas V SD Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 53–63. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/17321

Diniyah, N., & Lisnawati, S. (2022). Pelaksanaan Penanaman Nilai Karakter Religius, Disiplin, dan Rasa Ingin Tahu pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAS PGRI Rumpin. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 3(1), 17–30. https://journal.laaroiba.ac.id/index.php/tarbiatuna/article/view/2135/1396

Fahruddin, Rachmayan, I., Astini, B. N., & Safitri, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 49–53. https://www.jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/article/view/1378/1031

Fernando, J. (2022). MEDIA PEMBELAJARAN BOLA VOLI INTERAKTIF BERBASIS ANDROID. Jurnal Olahraga DanKesehatan Indonesia (JOKI), 2(2), 94–99. https://www.jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JOK/article/view/587/459

Hadi, H., & Agustina, S. (2016). Pengembangan Buku Ajar Geografi Desa-Kota Menggunakan Model ADDIE. Jurnal Educatio, 11(1), 90–105. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edc/article/view/269

Isti Fauzia, F., Siti Salamah, I., Fikri Zulfikar, M., & Taufiqul Hakim, R. (2022). Efektivitas Penggunaan Model dan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa SD. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1370–1384. https://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/2170

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011

Lubis, A. H., & Dasopang, M. D. (2020). Pengembangan Buku Cerita Bergambar berbasis Augmented Reality untuk Mengakomodasi Generasi Z. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(5), 780–791. https://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/13613/6146

Mahendra, P. R. A., & Kartika, I. M. (2021). Membangun Karakter Berlandaskan Tri Hita Karana dalam Perspektif Kehidupan Global. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 423–430. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/34144

Mahmudah, M. (2018). Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 6(1), 53–70. https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/1696

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–39. https://journal.unilak.ac.id/index.php/lectura/article/view/5813

Mishra, P., Pandey, C. M., Singh, U., Gupta, A., Sahu, C., & Keshri, A. (2019). Descriptive Statistics and Normality Tests for Statistical Data. Annals of Cardiac Anaesthesia, 22(1), 67–72. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6350423/

Nahri, A. A. (2023). Pengembangan Media Domath (Domino Mathematic) pada Materi Pecahan Kelas IV SD Negeri 1 Landungsari. Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(3), 183–199. http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/ijpgmi/article/view/3909

Nuraeni, R., Sutisnawati, A., & Nurmeta, I. K. (2023). Pengembangan Buku Cerita Profil Pelajar Pancasila Berbasis Digital Sebagai Media Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 535–546. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/945/608

Permajaya, I. G. (2018). Implementasi Konseo Tri Hita Karana dalam Perspektif Kehidupan Global : Berpikir Global Berprilaku Lokal. Purwadita, 2(2), 27–33. https://doi.org/10.55115/purwadita.v2i2.84

Pranopik, M. R. (2017). Pengembangan Variasi Latihan Smash Bola Voli. Jurnal Prestasi, 1(1), 31–33. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpsi/article/view/6495/5683

Purnomo, I. (2018). Kajian Tri Hita Karana Pada Pemberitaan Kolom Taksu Portal Berita Antara Biro Bali. Maha Widya Duta, 2(2), 21–29. http://www.jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/duta/article/view/658

Purwaningrat, K., Antara, P., & Suarjana, I. M. (2021). Instrumen Penilaian Perseptual Motorik Siswa Pada Mata Pelajaran SBdP SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 128. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/33225

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmkpp/article/view/2194

Putrislia, N. A., & Airlanda, G. S. (2021). Pengembangan E-Book Cerita Bergambar Proses Terjadinya Hujan untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2036–2044. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1032

Rahayu, A. S. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). PT. Bumi Aksara.

Ramadhaniar, N., Hidayat, T., Taufiq, M., Nahdlatul, U., & Surabaya, U. (2020). Harmoni Pengetahuan dan Sikap Toleransi Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SDI Saroja Surabaya. Bina Gogik, 7(2), 1–11. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/504

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/1866

Rosiyanti, H., Eminita, V., & Riski, R. (2020). Desain Media Pembelajaran Geometri Ruang Berbasis Powtoon. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 77. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.77-86

Rozy, A. F., & Anggana, Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Elektronika Berbasis 3D Pageflip Pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Di Smk Negeri 1 Kediri. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(1), 1–7. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/17347

Sa’dulloh, M. (2020). Implementasi Problem Based Learning berbantuan Media Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar tentang Hak dan Kewajiban terhadap Tumbuhan pada Siswa Kelas IV Semester I SDN Sutopati 5 Tahun Ajaran 2020/2021. Educatif Journal of Education Research, 3(1), 90–99. http://pub.mykreatif.com/index.php/educatif/article/view/40/33

Sansena, M. A. (2022). Penerapan Proses Belajar Matematika Sesuai Dengan Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Kependidikan, 6(4), 39–46.

Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2500

Saputra, H., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal NTB untuk Menanamkan Nilai-nilai Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 1–11. https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/article/view/1684

Sari, P. R., & Fitrisia, D. (2022). The Effectiveness of Using Picture Books to Strengthen Students’ Performance in Reading Comprehension. Research in English and Education (READ), 7(2), 74–84. https://jim.usk.ac.id/READ/article/view/21096

Soleha, I., Akhwani, Nafiah, & Rahayu, D. W. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3117–3124. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1285

Spatioti, A. G., Kazanidis, I., & Pange, J. (2022). A Comparative Study of the ADDIE Instructional Design Model in Distance Education. Information (Switzerland), 13(9), 1–20. https://www.mdpi.com/2078-2489/13/9/402

Sudarma, I. K. (2015). Desain Pesan Kajian Analitis Desain Visual Teks dan Image. Graha Ilmu.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–32. https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW/article/view/927/0

Sukamti. (2021). Modul Pendamping PPKn Siswa Cerdas. PT Bumi Aksara.

Sukardi. (2008). Metodelogi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.

Suminto, S., & Kustiyanti, D. (2023). The Concept of Tri Hita Karana in Kakawin Siwaratrikalpa as a Means to Interpret Life. Lekesan: Interdisciplinary Journal of Asia Pacific Arts, 6(1), 62–71. https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/lekesan/article/view/2445

Surachman, D. (2020). Media Buku Cerita: Efektifitasnya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Gema Wiralodra, 11(2), 180–189. https://gemawiralodra.unwir.ac.id/index.php/gemawiralodra/article/download/99/108

Tegeh, I. M., & Sudatha, I. G. W. (2019). Model-Model Desain Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.

Wati, W. R. A. (2022). Analisis Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Geogebra Dalam Pembelajaran Bangun Ruang Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA, 2(1), 16–23. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/knmipa/article/download/1717/1119

Yasa, I. W. P. (2020). Tri Hita Karana untuk Pencegahan COVID-19 di Bali. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 7(1), 54. http://socius.ppj.unp.ac.id/index.php/socius/article/view/176