ANALISIS IMPLEMENTASI ICE BREAKING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Main Article Content

L.A. Umaningsih
L.M.D. Wedayanthi
I.W. Numertayasa

Abstract

Implementasi ice breaking dalam pembelajaran memerlukan analisis terlebih dahulu oleh guru agar tepat dalam penerapannya. Penelitian ini akan meneliti proses pelaksanaan ice breaking, jenis-jenis ice breaking yang digunakan, serta respon siswa dalam pelaksanaan ice breaking dalam pembelajaran Matematika di SDN 3 Sulahan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi serta peneliti menjadi instrumen utama dalam perolehan data. Penelitian dilaksanakan di SDN 3 Sulahan dengan waktu pelaksanaan pada bulan Oktober 2023. Adapun subjek penelitiannya adalah siswa kelas II SDN 3 Sulahan serta objek penelitian ini adalah implementasi ice breaking dalam pembelajaran matematika di kelas II SDN 3 Sulahan. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan diketahui bahwa guru wali kelas II menerapkan ice breaking di awal, tengah/inti serta di akhir pembelajaran. Adapun jenis ice breaking yang diberikan yakni tepuk-tepuk, lagu/menyanyi, dan permainan. Pelaksanaan ice breaking tersebut mendapat respon positif dari siswa serta memberikan dampak positif terhadap pembelajaran di kelas karena siswa senang ketika diberikan ice breaking sehingga menjadi lebih semangat, situasi kelas menjadi kondusif dan kegiatan pembelajaran bisa dilanjutkan.

Article Details

Section
Articles

References

Akbar, A. (2021). Pentingnya kompetensi pedagogik guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099

Amelia, C. (2019). Problematika pendidikan di Indonesia.

Anggraeni, A., Widiyana, F., Diansari, I., & Dhinata, Z. M. (2020). Penerapan Ice Breaking Untuk Siswa Kelas IV di SD Negeri 1 Pringkuku Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal of Social Empowerment, 5(1), 33-34. https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jse/article/view/303

Anggraini, Y. (2021). Analisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Research & Learning in Elementary Education, 5(4), 2415–2422. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Erviana, V. E., Setiyoko, D. T., & Toharudin, M. (2023). Analisis Penerapan Ice Breaking Dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka Peserta Didik di Sekolah Dasar. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(3), 57–64. https://doi.org/10.55606/concept.v2i3.529

Fajarudin, A. A., & Samsudi, A. (2021). Teknik ice breaking sebagai penunjang semangat dan konsentrasi siswa kelas 1 MI Nurul Islam Jatirejo. Idarotuna: Journal of Administrative Science, 2(2), 147–176. https://doi.org/10.54471/idarotuna.v2i2.21

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529

Fauzan, G. A., & Aripin, U. (2019). Penerapan Ice Breaking dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa VIII B SMP Bina Harapan Bangsa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(1), 17–24. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i1.p17-24

Fauzi, A., Sawitri, D., & Syahrir, S. (2020). Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 142–148. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1119

Hamdiyah, A. B. (2022). Pengaruh Metode Menyanyi Melalui Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–5. https://jurnal.unisa.ac.id/index.php/jfkip/article/view/218

Helaluddin, H. (2018). Mengenal lebih dekat dengan pendekatan fenomenologi: sebuah penelitian kualitatif. Jurnal ResearchGate, 1–15. https://www.researchgate.net/publication/323600431_Mengenal_Lebih_Dekat_dengan_Pendekatan_Fenomenologi_Sebuah_Penelitian_Kualitatif

Hidayatuloh, A. (2015). Peran Ice Breaking Dalam Pembelajaran SD Negeri 2 Tempuran Kecamatan Wanayasa Banjarnegara Tahun Ajaran 2014-2015. Core.Ac.Uk.

Ilham, & Supriaman. (2021). Pengaruh Metode Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Siswa di Kelas V SD Negeri 26 Dompu. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 60-70. http://dx.doi.org/10.52266/el-muhbib.v5i2.721

Isti, I., & Ichsan, I. (2021). Masalah Lupa, Kejenuhan Dan Kesulitan Siswa Serta Mengatasinya Dalam Pembelajaran di MI/SD. Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah (Limas PGMI), 21. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/limas_pgmi.v2i1.7671

Khadiyanti, I. (2014). Pengaruh Ice Breaking dan Media Poster Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Siswa SD Negeri Pajang 3 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Khaulani, F., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Fase dan tugas perkembangan anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51–59. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59

Mansir, F. (2020). Kesejahteraan Dan Kualitas Guru Sebagai Ujung Tombak Pendidikan Nasional Era Digital. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) Unars, 8(2), 293–303. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.829

Marzatifa, L., Agustina, M., & Inayatillah, I. (2021). Ice breaking: Implementasi, manfaat dan kendalanya untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 6(2), 162–171. https://doi.org/10.32505/3013

Novianti, S., Sari, D. E. P., & Tanti, R. (2022). Implementasi Teknik Ice Breaking Pada Pembelajaran Di Sd 64/I Muara Bulian. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 501–510. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/4370/2970

Nuryana, N., & Sunardin, S. (2020). Pengaruh Strategi Ice Breaking Giving Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 3(2), 80–86. https://e-journal.my.id/cjpe/article/download/374/368/

Pamungkas, H. P., & Rafsanjani, M. A. (2019). Keefektifan Ice Breaking Dan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Dikelas. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 3(2), 67–74. https://doi.org/10.30599/utility.v3i2.621

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6). https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Rahmadani, S., Mufarizuddin, M., & Kusuma, Y. Y. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 2(1), 45–53. https://doi.org/10.55732/jmpd.v2i1.37

Salsabillah, F., Nugroho, A. S., & Subayani, N. W. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Suit Game Berbantuan Ice Breaking Terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep Kelas V SD. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4(2), 90–99. https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jlpd/article/view/2272

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Sundari, R., Putra, M. J., & Dedy, A. (2022). Pengaruh Pemberian Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 2 Lais. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1651–1660. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5486

Tegeh, I. M., & Pratiwi, N. L. A. (2019). Hubungan antara motivasi belajar dan keaktifan belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Jurnal IKA, 17(2), 150–170. https://doi.org/10.23887/ika.v17i2.19850

Zakiyyah, D., Suswandari, M., & Khayati, N. (2022). Penerapan Ice Breaking Pada Proses Belajar Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Sugihan 03. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 73–85. https://doi.org/10.46229/elia.v2i1.333