PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS IKLAN

Main Article Content

M.Y. Neang
D.M.E. Puang
M.H.D. Bunga

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap keterampilan menulis iklan pada siswa kelas V SDK Nita I. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain one group pretest posttest. Sampel penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDK Nita I Tahun Ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 32 orang, yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 15 orang perempuan dengan sampel 32 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis menggunakan analisis normalitas dengan uji chi kuadrat, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis (uji-t) diketahui harga t-hitung sebesar 12,553 serta t-tabel dengan dk = 32 dan taraf signifikan = 0,05 adalah 1,693. Selanjutnya karena Jika thitung> ttabel maka Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Oleh karena itu dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan menulis iklan pada siswa kelas V SDK Nita 1.

Article Details

Section
Articles

References

Aidawati, N. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Pada Siswa Kelas XII Multimedia Di SMK Negeri 1 Samarinda Tahun Pelajaran 2017 / 2018. LOA: Jurnal Ketatabahasaan Dan Kesusastraan, 13(2), 141–152. https://doi.org/10.26499/loa.v13i2.1672

Aisyah, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada Materi Sistem Koordinasi Terhadap Hasil Belajar Kelas XI IPA Pondok Pesantren Darul Qur’an. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Alpansyah, & Hashim, A. T. (2021). Kuasi Eksperimen: Teori dan Penerapan dalam Penelitian Desain Pembelajaran. Bogor: Guepedia. https://books.google.co.id/books?id=CXhMEAAAQBAJ

Aran, F. F. R. A., El Puang, D. M., & Lawotan, Y. E. (2023). Pelaksanaan Lesson Study Melalui Penggunaan Metode SAS Berbantuan Media Kartu Huruf Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Mandiri, 09(05), 2527–2540. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2162

Asri, A., Timba, F. N. S., & Puang, D. E. (2023). Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran terhadap Keterampilan Menceritakan Isi Dongeng pada Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 61–67. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.15743

Baho, A. G., Puang, D. E., & Timba, F. N. S. (2021). Pengaruh Peneraoan Model Project Bassed Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV SDK Wairpelit. Nagalalang Primary Education, 3(1), 16–23. https://nagalalang.nusanipa.ac.id/index.php/nagalalan/article/view/37

Dewi, N. N. K., Kristiantari, M. G. R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media visual terhadap Keterampilan Menulsi Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278–285. https://doi.org/ttps://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364

Puang, D. E., & Weka, F. S. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Karya Wisata terhadap Hasil Belajar IPS Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Kelas IV SDK Ona Tahun Ajaran 2021/2022. Didaktik: Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Mandiri, 07(02), 707–717. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.213

Farhrohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD / MI. Jurnal Primary, 09(01), 23–34. https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary/article/view/412

Faurisiawati, M., Supeno, & Suparti. (2022). Keterampilan Menulis Laporan Praktikum Siswa SD dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Project-Based Learning. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5903–5911. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3314

Handhika, D., Santoso, & Ismaya, E. A. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning dan Problem Based Learnng Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Educatio, 7(4), 1544–1550. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1449

Hidayat, A. (2021). Menulis Narasi Kreatif Dengan Model Project Based Learning Dan Musik Instrumental Teori Dan Praktik Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=vNknEAAAQBAJ

Kurniawan, M. S., Wijayanti, O., & Hawanti, S. (2020). Problematika Dan Strategi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Rendah Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 65–73. https://doi.org/10.30595/.v1i1.7933

Marlani, L., & Prawiyogi, A. G. (2019a). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Di Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1), 8–12. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4427

Marlani, L., & Prawiyogi, A. G. (2019b). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Di Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1), 8–12. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4427

Nurhadiyati, A., Rusdinal, & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu: Jurnal of Elementary Education, 5(1), 327–333. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684

Oktaviani, M. D. S., Suwatra, I. W., & Murda, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 89–97. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17662

Rimang, S. S., Syafruddin, Azis, S. A., & Madeamin, R. (2021). Eksperimentasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Menulis Siswa. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 4(2), 385–401. https://doi.org/10.24176/kredo.v4i2.5820

Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Education Journal : Journal Education Research and Development, 4(2), 85–96. https://doi.org/ttps://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343

Samsiyah, N. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Kelas Tinggi. CV. AE MEDIA GRAFIKA.

Sardila, V. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi dan Autobiografi: Sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. An-Nida: Jurnal Pemikiran Islam, 40(2), 110–117. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v40i2.1500

Sareng, M. D., Puang, D. E., & Bunga, M. H. D. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 4(3), 303–309. https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12148

Setiawan, A. (2022). Model Project-Based Learning (Pengendalian Terbuka (Open Loop) Secara Digit. Mikro Media Teknologi. https://books.google.co.id/books?id=htKpEAAAQBAJ

Setiawan, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Dampak Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Lensa Pendas, 7(2), 129–136. https://doi.org/10.33222/jlp.v7i2.2041

Sitohang, R., Harahap, E. P., & Purba, A. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) dalam Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas VIII SMPN 15 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 13(2), 509–616. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v13i2.531

Sulifah, A., Lestari, S., & Maruti, E. S. (2023). Pengaruh Penerapan Project Based Learning Berbantuan Fitur Infografis Pada Canva Terhadap Keterampilan Menulis Teks Iklan Siswa SD Kelas V. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 2, 1–7. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/4083

Susilawati, Jannah, W. N., & Dianasari. (2018). Efektivitas Project Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Bahan Ajar IPA Calon Guru SD. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(1), 38–49. https://doi.org/10.17509/eh.v10i1.8871