MENINGKATKAN MINAT LITERASI BACA TULIS DENGAN MULTIMEDIA ANIMATION TEXT QUESTION SOUND BERBASIS CERITA RAKYAT NUSANTARA (ANCAK)

Main Article Content

L.P.S. Maharani
I.W. Lasmawan
I.G. Margunayasa

Abstract

Minat literasi baca tulis yang rendah menyebabkan rendahnya ranking Indonesia dalam hal literasi. Hal ini disebabkan kurangnya media literasi yang memadai dan inovasi guru dalam memerhatikan kemampuan literasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan multimedia berbasis cerita rakyat Nusantara yang valid, praktis dan efektif meningkatkan minat literasi baca tulis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analys, Design, Development, Implementation, Evaluation. Data penelitian dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, rating scale, dan angket. Data diperoleh dengan memberikan pretest dan posttest pada subjek.  Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 8 Banjar Anyar yang berjumlah 32 siswa. Data utama dianalisis dengan metode persentase dan paired sample t-test. Desain penelitian ini adalah one group pretest posttest. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) cerita rakyat nusantara yang dikemas menjadi sebuah multimedia digital untuk meningkatkan minat literasi baca tulis siswa di kelas III sekolah dasar diproses dengan menggabungkan beberapa objek, seperti gambar, teks, video, grafik, dan musik yang dikemas menjadi sebuah multimedia berupa video, (2) Tingkat validitas isi multimedia berbasis cerita rakyat mendapat hasil rata-rata 96% sehingga dinyatakan validitas isi sangat tinggi. (3) Hasil analisis kepraktisan respons guru dan respons siswa mendapat skor rata-rata 95% sehingga dinyatakan validitas sangat baik, (4) Hasil analisis efektivitas multimedia berbasis cerita rakyat memperoleh hasil 0,00 < 0,05, artinya produk signifikan terhadap peningkatan minat literasi baca tulis siswa kelas III SD Negeri 8 Banjar Anyar setelah belajar menggunakan multimedia berbasis cerita rakyat.

Article Details

Section
Articles

References

Aditama, P. W., Adnyana, I. N. W., & Ariningsih, K. A. (2021). Augmented Reality Dalam Multimedia Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA), 2, 176–182. https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/225

Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi Dengan Program 6M Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1093

Alodwan, T., & Almosa, M. (2018). The Effect of a Computer Program Based on Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE) in Improving Ninth Graders’ Listening and Reading Comprehension Skills in English in Jordan. English Language Teaching, 11(4), 43. https://doi.org/10.5539/elt.v11n4p43

Anggraini, A., Muktadir, A., & Hambali, D. (2021). Penerapan Program Literasi Berbasis Cerita Rakyat untuk Menanamkan Perilaku Empati dan Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IVA SDN 2 Rejang Lebong. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(2), 82–90. https://doi.org/10.33369/dikdas.v4i2.16081

Anisa, S. N., Artawan, G., & Indriani, M. S. (2021). Penerapan Strategi Omaggio Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menyimak Cerita Rakyat Siswa Kelas X Multimedia SMK TI Bali Global Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha. 11(2), 152–160. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i2.34654

Astuti. (2022). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah Untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas II SDN 1 Wonorejo. INVENTA, 6(2), 172–185. https://doi.org/https://doi.org/10.36456/inventa.6.2.a6117

Azizah, A., & Eliza, D. (2021). Pelaksanaan Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca dan Menulis pada Anak. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.798

Branch, R. M., & Stefaniak, J. E. (2019). Instructional Design Theory. In SpringerBriefs in Open and Distance Education. Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-13-7740-2_10

Budoya, C. M., Kissaka, M., & Mtebe, J. (2019). Instructional Design Enabled Agile Method Using ADDIE Model and Feature Driven Development Process. International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology, 15(1), 35–54. https://eric.ed.gov/?id=EJ1214264

Hanisah, Irhasyuarna, Y., & Yulinda, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif menggunakan Ispring suite 10 pada Materi Reproduksi Tumbuhan untuk Mengukur Hasil Belajar. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 6–16. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.68

Hartati, T. (2016). Multimedia Dalam Pengembangan Literasi Di Sekolah Dasar Terpencil. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 25(1), 47–54. http://dx.doi.org/10.17977/um009v25i12016p047

Hendaryan, R., Hidayat, T., & Herliani, S. (2022). Pelaksanaan Literasi Digital Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa . Jurnal Literasi, 6(1), 7823–7830. http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v6i1.7218

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Hidayat, M. ., & Yakob, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Cerita Rakyat Aceh Berbasis Kearifan Lokal Untuk Membentuk Karakter Siswa SMP Di Kota Langsa. Jurnal Metamorfosa, 7(1), 112. https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/265

Indrawati, F. (2020). Peningkatan kemampuan literasi matematika di era revolusi industri 4.0 [Improving mathematical literacy skills in the era of the industrial revolution 4.0]. Proceeding of Seminar Nasional Sains, 1(1), 382–386. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/4064

Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.108-118

Innalita, F. D., & Siswanto, E. (2021). Media Pembelajaran Bahasa Jawa Materi Cerita Rakyat Dengan Metode Demonstrasi Berbasis Multimedia. Informatika: Jurnal Teknik Informatika Dan Multimedia, 1(1), 01–10. https://doi.org/10.51903/jtim.v1i1.17

Istifarida, B., Yusup, Y., & Santoso, S. (2018). Pengembangan E-Book Berbasis Problem Based Learning-Gis Untuk Meningkatkan Kecakapan Berfikir Keruangan Pada Siswa Kelas X Sma N 1. Paedagogia, 20(2), 134. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i2.8596

Khaerunnisa, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Berbantuan Kahoot Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Rakyat (HIKAYAT) Kelas X. 10(2), 1–6. https://journal.stkipm-bogor.ac.id/index.php/fascho/article/view/62

Kharizmi, M. (2015). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan KemampuanLiterasi. Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 11–21. https://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/233

Khaulani, F., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59

Maharani, L. P. S., & Rati, N. W. (2022). Dictor Caksanta: Membentuk Karakter Siswa dengan Dongeng Digital Berbasis Cerita Rakyat Indonesia. Mimbar Ilmu, 27(2), 300–310. https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.48735

Mardika, I. N. (2008). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Maryono, M., Pamela, I. S., & Budiono, H. (2021). Implementasi Literasi Baca Tulis dan Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 491–498. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1707

Muqdamien, B., Umayah, U., Juhri, J., & Raraswaty, D. P. (2021). Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Intersections, 6(1), 23–33. https://doi.org/10.47200/intersections.v6i1.589

Mutji, E., & Suoth. (2021). Literasi Baca Tulis Pada Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 103–113. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.133

Nasution, A. K. P. (2020). Integrasi Media Sosial Dalam Pembelajaran Generasi Z. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 80–86. https://doi.org/10.24036/tip.v13i1.277

Nisa, I. N., Andalas, E. F., Mambang, P., Keloyang, M., Mula, A., Kelayang, N., Limboto, D., Botu, M., Lei, L., Mula, A., & Patuddu, T. (2021). Motif “ Jaka Tarub ” dan objektivitas perempuan dalam cerita rakyat nusantara ( The motives of " Jaka Tarub " and the objectivity of women in the folklores of the archipelago). KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajaranya 7(2), 438–462. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/kembara.v7i2.17984

Nugraha, G. N. S., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Matematika Berorientasi Kearifan Lokal Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri 1 Paket Agung. Jurnal Edutech Undiksha, 7(1), 12–22. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/19972

Nurbaeti, N., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.328

Nurcholis, R. A., & Istiningsih, G. (2021). Problematika dan Solusi Program Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas Rendah di SD Negeri Butuh. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 189–195. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.206

Nurhalisa, S., Ma’rufi, M., & Baharuddin, M. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum dan Pemecahan Masalah. Jurnal Literasi Digital, 1(3), 192–202. https://doi.org/10.54065/jld.1.3.2021.63

Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 527–540. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/29261

Prasetyo, et al. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004–1015. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493

Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 33. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762

Puspita, A. M. I., & Purwo, S. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Literasi Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4426

Putra, A. P., Soepriyanto, Y., & Husna, A. (2018). Pengembangan Multimedia Game Edukasi Tentang Keragaman Masakan Khas Daerah-daerah di Indonesia Untuk Kelas V SD. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 299–306. https://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/6911

Rasyidi, Z. Z., Mardiana, Rusyidi, A. M. I., & Mauizdati, N. (2023). Pengembangan Folktales Cerita Rakyat Untuk Literasi Sekolah Dalam Minat Baca Di Mis Fathurrahman Batu Sopang. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(1), 278–288. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/131

Sari, P. A. P. (2020). Hubungan literasi baca tulis dan minat membaca dengan hasil belajar bahasa indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 141–152. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24324

Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 122. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Sukma, H. H. (2021). Strategi Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 11–20. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.13200

Sumayana, Y. (2017). Pembelajaran Sastra Di Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal (Cerita Rakyat). Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 21–28. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5050

Widyaningrum, H. K., Pratiwi, C. P. (2019). Media Komik Pada Materi Cerita Dongeng Untuk Keterampilan Membaca Siswa Kelas III. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 37-45. http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1145

Widyastuti, N., Riswandi, & Fitriawan, H. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Advance Organizer Pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal Pendidikan Cakrawala, 15(1). https://doi.org/10.24905/cakraw ala.v15i1.11

Yeh, H. C., & Tseng, S. S. (2019). Using the ADDIE model to nurture the development of teachers’ CALL professional knowledge. Educational Technology and Society, 22(3), 88–100. https://www.jstor.org/stable/26896712