PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM ORGAN MANUSIA

Main Article Content

N.P.Y. Lestari
I.B.P. Arnyana
I.M. Candiasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar sistem organ manusia pada siswa kelas V SD dan untuk mengembangkan media interaktif yang valid, praktis, dan efektif dengan menggunakan model ADDIE melalui lima tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian LORI (Learning Object Review Instrument) kepada dua dosen ahli media dan dua dosen ahli materi, lembar penilaian UEQ (User Experience Questionnaire) tujuh guru kelas V SD, dan lembar tes hasil belajar kepada tiga puluh siswa kelas V SD. Data hasil validasi dari para ahli kemudian dianalisis secara deskriptif menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor validitas media interaktif berbasis web yaitu 4,6 dengan klasifikasi sangat tinggi dan validitas materi yaitu 4,5 dengan klasifikasi sangat tinggi. Data hasil uji kepraktisan dianalisis menggunakan UEQ (User Experience Questionnaire) dengan hasil sebesar 3,92 dengan klasifikasi excellent. Uji efektifitas dianalisis menggunakan rumus N-Gain memperoleh skor 0,75 dengan kategori efektif. Oleh karena itu, media interaktif berbasis web terbukti valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar sistem organ manusia pada siswa kelas V SD.

Article Details

Section
Articles

References

Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Implementation Of Kurikulum Merdeka In Elementary Scholl. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 4(02), 67-75. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i02.995

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877-5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Apriyanti, H. (2023). Penyusunan Perencanaan Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(1), 15-19. https://doi.org/10.31537/ej.v7i1.970

Asela, S., Salsabila, U. H., Lestari, N. H. P., Sihati, A., & Pertiwi, A. R. (2020). Peran Media Interaktif dalam Pembelajaran PAI Bagi Gaya Belajar Siswa Visual. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 1297-1304. https://doi.org/10.47492/jip.v1i7.242

Bahri, Moh. S. (2023). Problematika Evaluasi Pembelajaran dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Masa Merdeka Belajar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2871-2880. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1954

Barlian, U. C., Yuni, A. S., Ramadhanty, R. R., & Suhaeni, Y. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Armada : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(8), 815-822. https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.742

Cahya, M. D., Pamungkas, Y., Faiqoh, E. N., Studi, P., Profesi, P., Jember, U. M., Technology, M., & Nopember, S. (2023). Analisis Karakteristik Siswa sebagai Dasar Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Peningkatan Kolaborasi Siswa Analysis of Students ’ Characteristic as the Basis for Differentiated Learning to Improved Student Collaboration. Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 8(1), 31-45. https://doi.org/10.32528/bioma.v8i1.372

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56-67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110

Dana, I. W. (2023). Ilmu Pengetahuan sebagai Pondasi Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dalam Berkesenian. Jurnal Tata Kelola Seni, 9(1), 47-64. https://doi.org/10.24821/jtks.v9i1.9715

Dini Maielfi, Wahyuni, S., & Nurpatri, Y. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Adobe Animate. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.35569/biormatika.v9i1.1536

Ekasari, N. (2021). Penerapan Metode Circuit Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 282-293. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i2.69

Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar Di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. 11(8), 1780-1793. Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Penelitian-Pgsd/Article/View/54127

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846-2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Fitra, D. K. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Ipa Dalam Mewujudkan Pendidikan Berkelanjutan (Education For Suitanable Development). Seminar Nasional Lppm Ummat, 2(April), 1053-1063. http://112.78.38.8/index.php/semnaslppm/article/view/14724/6815

Haerullah, H., & Elihami, E. (2020). Dimensi Perkembangan Pendidikan Formal dan Non Formal. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 199-207. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/504

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Ikbal, I. (2023). Peningkatan Literasi Sains Melalui Pengembangan Media Big Book. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 13(2), 77-91. https://doi.org/10.30863/ajmpi.v13i2.4529

Ineu Sumarsih, Teni Marliyani, Yadi Hadiyansah, Asep Herry Hernawan, & Prihantini. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248-8258. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197-210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800

Jannah, M., & Reinita, R. (2023). Validitas Penggunaan Media Komik Digital dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka Berbasis Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 1095-1104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i2.4870

Jaya, A., Hartono, R., Syafri, F., & Haryanti, R. P. (2023). Analisis Tuntutan Kurikulum Merdeka dalam Konteks Penerapan Keterampilan Abad 21 pada Materi Pembelajaran Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 6(1), 142-147. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes

Mahmudah, M. (2022). Korelasi Media Dan Sumber Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 6(2), 105-113. https://doi.org/10.32616/pgr.v6.2.425.105-113

Marpaung, F. N., Nadeak, B., & Naubaho, L. (2023). Teknik Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 3761-3772. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11614

Marzoan. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar (tinjauan literature dalam implementasi kurikulum merdeka). Renjana Pendidikan Dasar, 3(2), 113-122. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/360

Mertania, S. (2023). Upaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Tentang Jenis Sumber Daya Alam Dengan Menggunakan Media Benda Konkret Di Sdn 02 Kelapa Tujuh. Jurnal Jipdas (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 3(1), 99-109. https://doi.org/10.37081/jipdas.v3i1.1291

Muskania, R., & Zulela MS. (2021). Realita Transformasi Digital Pendidikan di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 6(2), 155-165. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15298

Nadzif, M., Irhasyuarna, Y., & Sauqina, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Sistem Tata Surya SMP. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 17-27. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.69

Nafaridah, T., Ahmad, A., Maulidia, L., Ratumbuysang, M., & Kesumasari, E. M. (2023). Analisis Kegiatan P5 sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Era Digital di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Seminar Nasional PROSPEK II, 2(2), 84-97. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/2583/1927

Nawangwulan, M. D., Anggraeni, R. N., Bahiyyah, K., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Media Interaktif Spin Game dalam Meningkatkan Pemahaman Tentang Pemimpin dalam Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10884-10890. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4171

Ngaisah, N. C., * M., & Aulia, R. (2023). Perkembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 1-25. https://doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.16890

Ningrum, M., Maghfiroh, & Andriani, R. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 85-100. https://doi.org/10.33367/jiee.v5i1.3513

Nugraha, O. B., Frinaldi, A., & Syamsir. (2023). Pergantian Kurikulum Pendidikan Ke Kurikulum Merdeka Belajar Dan Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 390-404. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.283

Purba, H. S., Drajad, M., & Mahardika, A. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Fungsi Kuadrat dengan Metode Drill and Practice. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 131-146. https://doi.org/10.20527/edumat.v9i2.11785

Puspitasari, Indah., Wibawa, S.A., & Fajri, M. R. (2022). Workshop Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Repository STIKIP PGRI Pacitan, 1, 111-119. http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1039

Putra, A. I., Budiono, H., & Chan, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website Menggunakan Google Sites Pada Muatan Ipa Kelas V Subtema Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1). https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.843

Putri, I. P., & Sibuea, A. M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 1(2), 145-155. https://doi.org/10.24114/jtikp.v1i2.1876

Ratri, A. A., Tyas, I. C., & Hilmy, M. (2022). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Filmora dalam Rangka Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar Menuju Implementasi Kurikulum Merdeka di KKG Guru SD Singojuruh Banyuwangi. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(6), 1657-1664. https://doi.org/10.54082/jamsi.495

Ridwan, T., Sutandi, S., Rirdaus, M. F., Anwarudin, M. M., Nugraha, F. M., Syah, M. F., Rizki, S., Mucholis, M., & Waluyo, S. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Di Smpn 2 Klangenan Cirebon. Teaching And Learning Journal Of Mandalika (Teacher) e- ISSN 2721-9666, 3(2), 63-70. https://doi.org/10.36312/teacher.v3i2.1332

Rohmah, A. N. (2023). Studi Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Pendidikan Dasar. BTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 04(01), 70-77. https://doi.org/10.37850/ibtida'.v4i01.476

Rokhyani, E. (2023). Penguatan Implementasi Peran Guru Bk/ Konselor Dalam Program Kurikulum Merdeka. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 3(2), 13-22. https://doi.org/10.1234/pdabkin.v3i2.146

Sadikin, A., Johari, A., & Suryani, L. (2020). Pengembangan multimedia interaktif biologi berbasis website dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(01), 18-28. https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.644

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076-7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274

Salassa, A., Rombe, R., & Fani Parinding, J. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Menurut Ki Hajar Dewantara Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(6), 541-554. https://jpk.joln.org/index.php/2/article/view/61/74

Sejati, W. S., Purba, H. S., & Mahardika, A. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Pembelajaran Klasifikasi Materi Dan Perubahannya Kelas VII Smp Dengan Metode Demonstrasi. Computer Science Education Journal (CSEJ), 1(2), 37-48. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/csej/article/view/5082/3470

Setyaningrum, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Organ Dengan Media Lagu Kelas V Semester 1 SD IT Harapan Bunda Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Didaktis Indonesia, 1(1), 23-36. https://journal.didaktis.id/index.php/jurnaldidaktisindonesia/article/view/4

SIMANJUNTAK, M. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 2(2), 228-237. https://doi.org/10.34012/bip.v2i2.1729

Soeharto, T. (2021). Penerapan Media “Teleng” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Gerak Manusia. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 18(1), 29-40. https://doi.org/10.54124/jlmp.v18i1.23

Sugih, S. N., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599-603. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.952

Sukatin, S., Munawwaroh, S., Emilia, E., & Sulistyowati, S. (2023). Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. ANWARUL, 3(5), 1044-1054. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i5.1457

Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan Pembelajaran Ips Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 7(2), 66-75. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i2.62114

Suryani, N., Muspawi, M., & Aprillitzavivayarti, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 773-779. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3291

Sya’bania, N., Anwar, M., & Wijaya, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 179-188. http://101.255.92.196/index.php/IMBI/article/view/946

Yani, D., Muhanal, S., & Mashfufah, A. (2023). Implementasi Assemen Diagnostic Untuk Menentukan Profil Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Diferensiasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan JURINOTEP, 1(3), 241-250. https://doi.org/10.46306/jurinotep.v1i3.31

Yudha, R. P., Angela, E. N., Suhermah, D., Husnawati, H., & Apifah, H. (2023). Analisis Kebutuhan Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Raudhatul Athfal di Purwakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.56184/jpkmjournal.v2i1.224