MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS MODEL INKUIRI TERBIMBING MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT

Main Article Content

I.K.N.D. Yogi
I.N. Sudiana
I.B. Putrayasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran IPAS berbasis model inkuiri terbimbing pada materi perubahan wujud zat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE sebagai langkah yang sistematis dalam proses pengembangan media. Subjek uji coba penelitian adalah ahli isi/materi pembelajaran, ahli media pembelajaran, guru dan siswa kelas IV SD. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi tidak terstrukur, wawancara tidak terstruktur, kuesioner atau angket serta tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini berupa rancang bangun media video pembelajaran IPAS berbasis model inkuiri terbimbing yang dikembangkan melalui lima tahapan model pengembangan ADDIE. Hasil uji validitas meliputi hasil penilaian ahli materi pembelajaran memperoleh persentase 91,65% dengan kualifikasi sangat baik, dan hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh persentase 95,00% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji kepraktisan oleh guru dan siswa masing-masing mendapatkan hasil persentase sebesar 96,96% dan 97,34% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji efektivitas memperoleh hasil pretest sebesar 61,00 dengan kriteria rendah dan posttest sebesar 76,19 dengan kriteria sedang. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa nilai t-hitung sebesar 14,130 sedangkan nilai t-tabel sebesar 2,282 berarti t-hitung > t-tabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Menunjukkan bahwa media video pembelajaran ini efektif. Berdasarkan uji validitas, uji kepraktisan dan uji efektivitas tersebut, maka media video pembelajaran IPAS berbasis model inkuiri terbimbing valid, praktis dan efektif layak digunakan dalam proses pembelajaran IPAS di kelas IV SD.

Article Details

Section
Articles

References

Agung, A. A. G. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Universitas Pendidikan Ganesha.

Agustin, N. (2017). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pernapasan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(12). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/23130

Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Sri, E., Herawati, B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran Efforts Toimprove The Science Learning Results Through The Use Of Learning Video Media. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54–72. https://ojs.unida.ac.id/JSH/article/view/4034

Amalia, F., Anggayudha, R. A., & Aldilla, K. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Buku Siswa Kelas IV. In Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Buku Siswa.

Anam, K. (2015). Pembelajaran Berbasis Inkuiri: Metode Dan Aplikasi. In Pembelajaran Berbasis Inkuiri: Metode Dan Aplikasi. Pustaka Pelajar.

Anitah, S. (2012). Media Pembelajaran. Yuma Pustaka.

Annisa, N., & Simbolon, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Model Pembelajaran Guided Inquiry Pada Materi Gaya Di Kelas IV SDN Negeri 101776 Sampali. SEJ (School Education Journal, 8(2), 217–229. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/704344

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Gaya Media.

Daryanto. (2017). Pembelajaran Abad 21. Gaya Media.

Hasan, S., Rakhman, M., & Ardiana, H. (2011). Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Perawatan dan pernaikan Sistem Refrigerasi. Invotec Journal, 7(2), 175–182. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/invotec.v7i2.6293

Ibrahim. (2000). Media Pembelajaran, Bahan Sajian Akta Mengajar. In Media Pembelajaran, Bahan Sajian Akta Mengajar. Depdiknas. Universitas Negeri Malang. Fakultas llmu Pendidikan.

Kemendikudristek. (2021). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. In Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kemndikbudristek. https://merdekabelajar.kemdikbud.go.id/upload/file/172_1645510734.pdf

Kurniawan, D. C., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119–125. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119

Latifah, F., Mansur, H., & Adawiah, R. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Journal of Instructional Technology, 1(2), 123–130. https://instechjournaltp.fkip.ulm.ac.id/index.php/JINSTECH/article/view/24

Linggarsari, E. (2021). Meta Analisis Pembelajaran Media Video Pembelajaran terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 122–128. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/view/1753/576

Mahardhika, I. R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Subtema Wujud Benda dan Cirinya Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Surakarta. 13(3). http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/51194

Mamat, S. B. (2007). Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran IPAS. Dirjen Kelembagaan Agama Islam.

Margunayasa, I. G., Dantes, N., Marhaeni, A. A. I. N., & Suastra, I. W. (2019). The effect of guided inquiry learning and cognitive style on science learning achievement. International Journal of Instruction, 12(1), 737–750. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12147a

Megawati. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Keseimbangan Ekosistem. Prosiding Seminar Nasional Tahunan FIS UNIMED. https://fis.unimed.ac.id/events/seminar-nasional-tahunan-fakultas-ilmu-sosial-2019/

Mulyana, S., Rusdi, R., & Vivanti, D. (2018). The Effect of Guided Inquiry Learning Model and Scientific Performance on Student Learning Outcomes. Indonesian Journal of Science and Education, 2(1), 105. https://doi.org/10.31002/ijose.v2i1.596

Mutia, R., Adlim, A., & Halim, A. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran IPA pada Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 108–114. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825

Nasution, N. (2007). Pendidikan IPA di SD. Universitas Terbuka.

Nursalamah, I., Jayadinata, A. K., & Sunaengsih, C. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android terhadap Literasi Sains Siswa pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpi.v4i1.38415

Pramana, I. P. A., Tegeh, I. M., & Agung, A. A. G. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Kelas VI di SD N 2 Banjar Bali Tahun 2015/2016. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan, 4(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/7631

Rismawati, Sinon, I. L. S., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik di SMK Negeri 02 Manokwari. Journal of Materials Processing Technology, 1(1), 1–8. http://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0A

Suartama. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.

Sudarma (2015). Desain Pesan Kajian Analisis Desain Visual Teks dan Image. Graha Ilmu.

Sugiarto, A. F., & Julianto. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Materi Perubahan Wujud Benda IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1338–1348. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/39015/34285

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Remaja Rosdakarya.

Sya’bania, N., Anwar, M., & Wijaya, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Chemistry Education Review, 4(1), 2597. https://doi.org/10.26858/cer.v4i1.13315

Tegeh, I. M. (2014). Buku Ajar Model-Model Pengembangan. Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha.

Uroiva, A., & Mahmudi, K. (2022). Pengaruh Media Video Animasi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 188–200. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta

Wibawanto. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Cerdas Ulet Kreatif.

Widiyanto, F. T., Sofyan, A., & Mastur. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas III Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Instructional Technology, 1(2), 75–80. https://instechjournaltp.fkip.ulm.ac.id/index.php/JINSTECH/article/view/24

Widyoko. (2014). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Pustaka Pelajar.

Windrayanti, N. M. F., & Astawan, I. G. (2022). Video Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Perpindahan Panas di Sekitar Kita. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 109–117. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46541

Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 91–100. https://journal.uwks.ac.id/index.php/trapsila/article/view/816