PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRATCH PADA TOPIK SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

Main Article Content

N.K.R.T.K. Udayani
I.N. Sudiana
I.B. Putrayasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis scratch yang valid, praktis dan efektif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian validitas kepada 2 ahli media dan 2 ahli materi, 3 guru kelas V, dan lembar tes hasil belajar kepada tiga puluh enam siswa kelas V SD. Validitas media dinyatakan sangat valid dengan skor untuk aspek isi/materi mendapatkan skor rata-rata 4,46. Sedangkan aspek media mendapatkan rata-rata skor 4,85 dengan klasifikasi sangat tinggi. Data hasil uji kepraktisan diperoleh dari hasil analisis kepraktisan oleh guru dan siswa yang memperoleh rata-rata 91,6 dengan kriteria sangat praktis. Uji efektifitas dianalisis menggunakan rumus N-Gain memperoleh skor 0,72 dengan kategori efektif. Oleh karena itu, media pembelajaran berbasis scratch terbukti valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa kelas V SD.

Article Details

Section
Articles

References

Abraham, I., Tjalla, A., & Indrajit, R. E. (2021). HOTS (High Order Thingking Skill) dalam Paedagogik Kritis. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3), 419-426. http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v5i3.2211

Asmayanti, A., Cahyani, I., & Idris, N. S. (2020). Model addie untuk pengembangan bahan ajar menulis teks eksplanasi berbasis pengalaman. Seminar Internasional Riksa Bahasa, 259–267. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1355

Bagasputera, M. A., Sundari, F. S., & Utami, S. (2023). Penerapan Media Scratch Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bilangan Cacah. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 1(1), 70–80. https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/download/356/347

Driana, E., & Ernawati, E. (2019). Teachers’understanding And Practices In Assessing Higher Order Thinking Skills At Primary Schools. Acitya: Journal of Teaching and Education, 1(2), 110–118. https://doi.org/10.30650/ajte.v1i2.233

Faridah, E. M. I. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Soal-Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Mata Pelajaran Sejarah Kelas X-IPS SMAN 2 SIDOARJO. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 7(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/29409

Ismafitri, R., Alfan, M., & Kusumaningrum, S. R. (2022). Karakteristik HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya Dengan Kemampuan Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP), 4(1), 49–55. https://journal.rekarta.co.id/index.php/jrip/article/view/437

Istiningsih, S., Fauzy, M., & Nisa, K. (2018). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 1 SDN 1 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 31–41. https://doi.org/10.21009/JKKP.051.04

Khalil, N. A., & Wardana, M. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Scratch untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 121–130. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.45

Kusumawati, E. R. (2022). Efektivitas media game berbasis scratch pada pembelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1500–1507. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2220

Markhamah, N. (2021). Pengembangan soal berbasis HOTS (higher order thinking skills) pada kurikulum 2013. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2), 385–418. https://doi.org/10.14421/njpi.2021.v1i2-8

Pitriani, N. R. V., Wahyuni, I. G. A. D., & Gunawan, I. K. P. (2021). Penerapan Model Addie Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Lectora Inspire Pada Program Studi Pendidikan Agama Hindu. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 515–532. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1417

Safitri, A., Wardani, A. D., & Serly, W. A. (2022). Pengaruh Penerapan Soal Hots Sebagai Bagian Dari Kurikulum 2013 Terhadap Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 29–34. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3074

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran berbasis hots edisi revisi: higher order thinking skills (Vol. 1). Tira Smart.

Setiawati, S. (2019). Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2. http://dx.doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.143

Usmaedi, U. (2017). Menggagas Pembelajaran HOTS Pada Anak Usia Sekolah Dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(1), 82–95. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1040

Utami, D. P., & Dafit, F. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis High Order Thingking Skills (HOTS) pada Pembelajaran Tematik. Mimbar Ilmu, 26(3), 381–389. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.41138

Wardani, P. M. A., Permana, E. P., & Wenda, D. D. N. (2022). Pengembangan Media Game Scratch Pada Pembelajaran IPA Kelas V Materi Alat Pernapasan Pada Hewan. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(1), 40–49. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i1.375