PENINGKATAN LITERASI MELALUI E-MODUL PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Main Article Content

N.L.P.J. Dewi
I.W. Lasmawan
I.G. Margunayasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun E-Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang layak, praktis dan efektif untuk literasi membaca dan menulis siswa kelas 1 sekolah dasar. Subjek yakni 2 ahli materi, 2 ahli media pembelajaran, 1 guru kelas satu, 2 guru kelas dua dan 28 siswa kelas satu di SD No. 2 Dalung. Model pengembangan yakni ADDIE. Metode dan instrumen pengumpulan data yakni kuesioner untuk mengetahui kelayakan E-Modul berdasarkan ahli materi dan ahli media pembelajaran, kuesioner untuk mengetahui kepraktisan E-Modul berdasarkan praktisi guru, serta tes membaca dan menulis untuk mengetahui efektifitas E-Modul. Teknik analisis data yang digunakan untuk kelayakan dan kepraktisan yaitu skor angket diubah dalam bentuk persentase kemudian pengambilan keputusan dilakukan menggunakan konversi PAP skala 5, sedangkan untuk efektivitas menggunakan paired sample t-test. Hasil dari penelitian yaitu: (1) Rancang bangun terdiri atas cover, pengantar, relevansi proyek, tujuan, alur, target, dimensi, perkembangan sub-elemen per fase. Aktivitas 1- 2 untuk berlatih melenturkan pergelangan tangan siswa saat menulis dengan menarik garis, serta belajar menyebutkan dan menulis huruf alfabet. Aktivitas 3-4 untuk siswa belajar membaca dan menyusun huruf menjadi suku kata. Aktivitas 5-6 untuk siswa belajar menyusun huruf menjadi kata dan membacakannya didepan kelas. Aktivitas 7-8 untuk siswa belajar membaca dan menulis kata dari contoh sampah organik dan anorganik. Aktivitas 9 yakni pengolahan sampah anorganik, aktivitas 10 yakni pengolahan sampah organik, aktivitas 11 yakni penghijauan. Aktivitas 12-13 untuk siswa belajar membaca dan membuat kalimat ajakan hemat energi. Aktivitas 14 untuk siswa belajar membuat rangkaian kalimat untuk poster hemat energi. Aktivitas 15 yakni persiapan gelar karya, aktivitas 16 yakni gelar karya, biodata penulis dan penutup. (2) Kelayakan ahli materi yakni 85,2% (layak) dan ahli media pembelajaran 88,4% (layak). (3) Kepraktisan oleh guru diperoleh yakni 88,2% (praktis). (4) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan literasi membaca siswa, sebelum dan sesudah menggunakan E-Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. (5) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan literasi menulis siswa, sebelum dan sesudah menggunakan E-Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Article Details

Section
Articles

References

Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan (1st ed.). Aditya Media Publishing.

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13 (1)(1), 95–101. https://doi.org/10.35335/cendikia.v13i1.2960

Arifin, M. S. (2015). Pengembangan Materi Pembelajaran. http://muhsyamsularifin.blogs.uny.ac.id/wp-content/uploads/sites/1979/2015/12/PENGEMBANGAN-MATERI-PEMBELAJARAN.pdf

Awwaliyah, H., Rahayu, R., & Muhlisin, A. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Smp Tema Cahaya. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 4(2), 516–523. https://doi.org/10.31002/nse.v4i2.1899

Baharuddin, M. R., A., F., & Nasir, F. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Assesmen Kompetensi Minimum Siswa. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 105–111. https://doi.org/10.46918/equals.v4i2.1093

Basmatulhana, H. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6255504/mengenal-p5-dalam-kurikulum-merdeka-dan-manfaatnya

Bu’ulolo, Y. (2021). Membangun Budaya Literasi Di Sekolah. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 16–23. http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/BIP/article/view/1536/910

Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 433–441. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28035

Diantari, L. P. E., Damayanthi, L. P. E., Sugihartini, N. S., & Wirawan, I. M. A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Mastery Learning Untuk Mata Pelajaran KKPI Kelas XI. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 7(1), 33. https://doi.org/10.23887/janapati.v7i1.12166

Edris, E. M. R. (2018). Pengembangan E-Modul (Electronic Module) Pada Mata Pelajaran Pengolahan Citra Digital Materi Vektor untuk Siswa Kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Klaten [Universitas Negeri Yogyakarta]. http://eprints.uny.ac.id/60083/1/NASKAH SKRIPSI.pdf

Fransisca, L. (2021). Melihat Kondisi Literasi Masyarakat Indonesia. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/09/08/melihat-kondisi-literasi-masyarakat-indonesia

Gufran, G., & Mataya, I. (2020). Pemanfaatan E-Modul Berbasis Smartphone Sebagai Media Literasi Masyakarat. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2),10-15. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i2.1060

Hardjo, F. N., Permanasari, A., & Permana, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Proyek pada Materi Energi untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa, 2(1), 27–43. https://journal.unpak.ac.id/index.php/jsep/article/view/1701/1396

Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108-118. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara/article/view/7842/pdf

Julian, S. G. (2015). Pengembangan Materi Pembelajaran. http://juliancreative.blogs.uny.ac.id/wp-content/uploads/sites/1984/2015/10/Pengembangan-Materi-Pembelajaran.pdf

Kamariah, Muhlis, & Ramdani, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Literasi Sains Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 210–215. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2925

Laksono, D., Sidik Iriansyah, H., & Oktaviana, E. (2021). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II Pengembangan Media Pembelajaran Video Interakif Powtoon pada Mata Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 225–233. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/685/450

Lestari, E., Nulhakim, L., & Indah Suryani, D. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Flip Pdf Professional Tema Global Warming Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VII. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 338–345. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.338-345

Putri, R. R., Kanzunnudin, M., & Fajrie, N. (2021). Analisis Keterampilan Menulis Ditinjau dari Kemampuan Kognitif Siswa Kelas 1 SD 3 Piji Kudus. Jurnal Educatio, 7(4), 1394–1402. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1398

Rahmawati, I. S. (2018). Menciptakan Generasi Literat Melalui Media Massa Surat. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 59–68. http://dx.doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1543

Ristanto, A. (2022). Enam Komponen Literasi Dasar. 62, 6. https://jendela.kemdikbud.go.id/v2/fokus/detail/enam-komponen-literasi-dasar

Safitri, I., Nurhasanah, & Setiawan, H. (2022). Profil Kemampuan Literasi Dasar Peserta Didik Kelas IV di SDN Mentokan Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 574–578. http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/556/350

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi Republik Indonesia. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1679308669_manage_file.pdf

Simamora, B. (2022). Skala Likert , Bias Penggunaan dan Jalan Keluarnya. Jurnal Manajemen, 12(1), 84–93. https://doi.org/https://doi.org/10.46806/jman.v12i1.978

Supriyati, A., Nyoman, N. A., & Miyono, N. (2023). Perencanaan Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada SMK Pusat Keunggulan. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6, 1037–1043. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/1334/1415

Wulandari, S. I., Pamelasari, S. D., & Hardianti, R. D. (2023). Penggunaan E-Modul Berbasis Etnosains Materi Zat dan Perubahannya dalam Usaha Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Proceeding Seminar Nasional IPA XIII, 103–113. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/view/2294