UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) BAHASA INDONESIA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi atas minimnya keahlian membaca pemahaman peserta didik di SDN Dukuh 01. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) Bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar. Hal ini terlihat dari mulainya peserta didik yang selalu maju untuk menanyakan arti dari bacaan yang sudah diberikan oleh guru. Pengkajian ini bertarget guna mengamati keahlian membaca pemahaman dari model pembelajaran CIRC. Pengkajian ini berjenis PTK/Penelitian Tindakan Kelas secara model milik Mc Kemmis dan Mc Tanggart yang memiliki 4 langkah berupa penyelenggaraan, perancangan, refleksi dan observasi.Subjek penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV SDN Dukuh 01 yang berjumlah 27 peserta didik ( 13 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik Perempuan). Penghimpunan data dilaksanakan dari tes tertulis dengan analisis datanya yaitu uji reliabilitas, validitas, daya beda & taraf kesukaran. Hasil perolehan data keahlian membaca pemahaman siklus I dengan hasil ketuntasan klasikalnya yaitu 19% (5 peserta didik dari 27 peserta didik) kemudian dilakukan lagi penelitian pada siklus dua dan mendapati hasil ketuntasan klasikalnya yaitu 66% (18 peserta didik dari 27 peserta didik) sehingga dapat dilihat adanya peningkatan sebanyak 47% melebihi indikator target peningkatan yaitu 40%. Simpulan pengkajian ini yaitu model pembelajaran CIRC bisa mengembangkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu model pembelajaran CIRC ini bisa dicoba untuk meningkatkan kemampuan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Article Details
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rinekacipta.
Babashamsi, P., Bolandifar, S., & Shakib, N. (2013). Various models for reading comprehension process. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 2(6), 150–154. https://doi.org/10.7575/aiac.ijalel.v.2n.6p.150
Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230
Fitriani, L., Aksara, B., & Masalah, L. B. (2020). Efektivitas Model Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Fiksi. Bale Aksara, 1(1), 31–42. https://doi.org/10.31980/ba.v1i1.737
Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.2
Muhammad, K. (2021). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Αγαη, 8(5), 55. http://journal.umuslim.ac.id/index.php/rg/article/view/917
Kaban, S., & Lutmila, T. (2015). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas V SD Negeri Pondok Labu 12 Pagi Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah PGSD, 8(2), 1–14. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pgsd/article/view/7990
Muis, S. F. (2013). Kemampuan Membaca Pemahaman Literal Dan Interpretatif Melalui Pendekatan Konstruktivisme. Al Munzir, 6(2), 272–285. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-munzir/article/view/263/253
Nurhidayah, I., Mulyasari, E., & Robandi, B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 42–51. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v2i4.14005
Rahmadani, S., Annisa, A., & Setiawan, D. S. A. (2019). Efektivitas Model Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Puisi Pada Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 05 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basataka (JBT), 2(2), 50–56. https://doi.org/10.36277/basataka.v2i2.75
Rahman, M. H. P., Rani, N., Widya, M. P., & Rasi Yugatiati, M. P. (2020). Menyimak Berbicara Teori dan Praktik Teori dan Praktik.
Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotion (Circ). Jurnal Basicedu, 4(3), 662–672. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.406
Rosita, I. N. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Persuasi Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Pada Siswa Kelas Viiib Smp Negeri 2 Pajangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan. 8(2), 3032 - 3039. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.555
Setyowati, N. A., Yustiana, S., & Ulia, N. (2021). Pengembangan Buku Membaca Permulaan Berbasis Metode Global Sebagai Buku Pendamping Guru Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 2(1), 23. https://doi.org/10.30595/jrpd.v2i1.8778
Sumarni, Y. (2013). Metode Cooperativeintegrated Reading and Composition (Circ) Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Dialektologi, 53(1), 84–96. http://dx.doi.org/10.1016/j.encep.2012.03.001
Supriyadi, S. (2018). Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Berbicara Dengan Bahasa Inggris. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 14(2), 131–138. https://doi.org/10.33658/jl.v14i2.115
Zulham, M. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Deskriptif. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 6(1), 533–547. https://doi.org/10.30605/onoma.v6i1.275