PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI HUMANISTIK DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD

Main Article Content

I Made Agus Astina Putra
Ida Bagus Putu Arnyana
I Gede Margunayasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan validitas isi dan reliabilitas instrumen kemampuan literasi humanistik dan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran IPA kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain penelitian 4D. Subyek penelitian ini meliputi 2 dosen ahli dan 3 praktisi (guru). Metode pengumpulan data menggunakan angket. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas is (lawshe) dan uji reliabilitas (alpha Cronbach). Hasil penelitian: 1) hasil uji validitas instrumen kemampuan literasi humanistik yang dikembangkan mendapatkan hasil CVI = 0,68 dengan katagori validitas tinggi. 2) uji validitas instrumen kemampuan pemecahan masalah yang di kembangkan mendapatkan hasil CVI = 0,84 dengan kriteria validitas tinggi. 3) hasil uji reliabilitas  instrumen kemampuan literasi humanistik sebesar r11 = 0,614 dengan kriteria reliabilitas tinggi. 4) hasil uji reliabilitas  instrumen kemampuan pemecahan masalah mendapatkan hasil sebesar r11 = 0,614 dengan kriteria reliabilitas tinggi.

Article Details

Section
Articles

References

Alfin, Fararoti dkk. 2019. Development of Group Science Learning (GSL) Model to Improve the Skills of Collaborative Problem Solving, Science Process, and Self-Confidence of Primary Schools Teacher Candidates. International Journal of Instruction Vol.12, No.1, January 2019.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
BSNP. 2006. Panduan Penyusuanan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Pusat Kurikulum.
Fauziyah, Laini. 2017. Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education Research, Vol. 6, No. 1 tahun 2017, hal. 59-67
Febrianti, Pipit Eka & Suprayitno. 2017. Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Sosial Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sdn Jatilangkung Mojokerto. Jurnal JPGSD, Volume 05 Nomer 03 ,Tahun 2017.
Ibda, Hamidulloh. 2018. Penguatan Literasi Baru Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education. Vol. 1, No. 1, 2018.
Lidinillah, Dindin Abdul Muiz. 2008. Strategi Pembelajaran Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_DASAR/. Nomor 10 Oktober_2008
N.P.A.H., Sanjayanti. 2018. Diagnosa Literasi Humanistik Dalam Model Pembelajaran Konstruktivis pada Mahasiswa Politeknik Ganesha Guru. Seminar Nasional Riset Inovatif 2018, tersedia pada:. http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/download/1548/984
Nayazik, Akhmad. 2017. Pembentukan Keterampilan Pemecahan Masalah melalui Model IDEAL Problem Solving dengan Teori Pemrosesan Informasi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. Volume 8, Nomor 2 Tahun 2017 : 182-190.