PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI HUMANISTIK PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD

Main Article Content

Juni Harta
Ida Bagus Putu Arnyana
Ni Ketut Suarni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan validitas dan reliabilitas instrument kemampuan berpikir kritis dan literasi humanistik pada pembelajaran IPA kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pendidikan (educational research and development) dengan desain penelitian 4D (four-D). Subyek pada penelitian pengembangan ini meliputi 2 dosen ahli dan 3 praktisi (guru).Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu rubric penilaian judges. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian bahwa : (1) Instrumen kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan memenuhi syarat validitas konten dengan nilai  0,88 dengan kategori sangat baik dan sangat layak digunakan, (2) Instrumen literasi humanistik yang dikembangkan memenuhi syarat validitas konten dengan nilai 0,86 dengan kategori sangat baik dan sangat layak digunakan, (3) Instrumen berpikir kritis yang dikembangkan memenuhi syarat reliabilitas dengan nilai 0,674 dengan kategori tinggi, (4) Instrumen literasi humanistik yang dikembangkan memenuhi syarat reliabilitas dengan nilai 0,656 dengan kategori tinggi sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

Article Details

Section
Articles

References

Azwar, Saifuddin. 2013. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Candiasa, I Made. 2010. Statistik Multivariat Disertai Petunjuk analisis SPSS. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Dantes, Nyoman. 2017a. Pedagogik Dalam Perspektif. Singaraja: Undiksha Press.
Dantes, Nyoman. 2017b. Analisis Dan Desain Eksperimen. Depok: PT.Raja Grafindo Persoda.
Koyan, I. Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Pers.
Lawshe, C H. A. 1975. Quantitative Approach To Content Validity. state university : A paper presented at content validity, a conference helt at Bowling green, state university
Sanjayanti, N.P.A.H ,dkk. 2018. “Diagnosa Literasi Humanistik dalam Model Pembelajaran Kontruktivis pada Mahasiswa Politeknik Ganesha Guru”. Seminar Nasional Riset Inovatif. Prodi Pendidikan Fisika Muhamaddiyah Mataram. Diakses tanggal 24 juni 2019. http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/arti/cie/view/1548
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Supriyadi. 2009. IPA Dasar. Yogyakarta : FMIPA UNY
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia.
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Tohir, Mohammad. 2019. Hasil PISA Indonesia 2018 turun dibandingkan tahun 2015. Situbondo
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.
Thiagarajan, Sivasailam, dkk. 1974. Intructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.