PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN SISWA SEKOLAH DASAR

Main Article Content

E.A. Putri
F. Yuanta
H. Setiyawan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang menarik perhatian siswa dan kesulitan siswa memahami materi dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis Canva, mengetahui kevalidan, dan keefektifan media tersebut bagi siswa kelas III SDN Tembok Dukuh IV/86 Surabaya. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar validasi, angket respons siswa, dan tes berupa pretest dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan mencakup analisis persentase untuk lembar validasi dan angket respons siswa, serta uji statistik Bivariate Pearson Product Correlation untuk pretest dan post-test dengan bantuan IBM SPSS Statistics 26. Validasi oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan hasil sebesar 97,5%, sementara hasil angket respons siswa mencapai 91,1%. Hasil uji pretest dan post-test menunjukkan peningkatan pemahaman sebesar 15,8%. Peningkatan ini diperkuat dengan hasil uji statistik, yang menunjukkan hubungan signifikan antara penggunaan media dan peningkatan pemahaman siswa, dengan nilai r hitung = 0,992 yang lebih besar daripada r tabel = 0,515. Maka, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi berbasis Canva dinyatakan valid dan efektif untuk digunakan.

Article Details

Section
Articles

References

Biassari, I., & Putri, K. E. (2021). Penggunaan Media Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Nearpod Pada Materi Kecepatan Di Sekolah Dasar. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4(SEMDIKJAR 4). https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1403

Hartono, R. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Binamu [universitas muhammadiyah makassar]. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/8705-Full_Text.pdf

Hendrina, L. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Muatan IPS Kelas V Sekolah Dasar [UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA]. http://repository.unj.ac.id/50710/1/COVER.pdf

Irawan, T., Dahlan, T., & Fitrianisah, F. (2023). Analisis Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 212–225. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.738

Kemendikbud. (2022). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) SD-SMA. In Merdeka Mengajar.

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988

Norpin, Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2024). Peran Teknologi dalam Proses Pembelajaran. Kolaboratif Sains, 7(1), 444–448. https://doi.org/10.56338/jks.v7i1.4896

Nurafifah, Firman, Mirnawati, Fua, J. La, & Yusuf, M. (2022). Penggunaan Video Animasi dalam Pembelajaran Online Di Masa Pandemi di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(2), 57–66. https://doi.org/10.58230/27454312.139

Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154

Putri, R. S., Darmansyah, & Desyandri. (2022). Implementasi media pembelajaran berdiferensiasi berbasis TIK pada kurikulum merdeka belajar di SD. Jurnal Ika: Ikatan Alumni Pgsd Unars, 12(2), 167–176. https://doi.org/https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v12i2.2558

Saleh, M. S., Syaharuddin, Saleh, M. S., Azis, I., & Sahabuddin. (2023). Media Pembelajaran. Eureka Media Aksara. https://eprints.unm.ac.id/35658/1/Media Pembelajaran.pdf

Sunarti, S. (2022). Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva Pada Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kabupaten Muba. Jurnal Perspektif, 15(1), 96–105. https://doi.org/10.53746/perspektif.v15i1.71

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

Wiyanah, S., Aviory, K., & Nuryani, C. E. (2022). Pelatihan Aplikasi Canva Bagi Guru Dalam Mengembangkan Materi Pembelajaran Di Smpn 1 Kasihan Yogyakarta. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 3703–3712. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i1.2266

Yuanta, F., & Larasati, D. A. (2023a). Developing Canva-Based Learning Media on Maps and Class Layout for Third Graders of Elementary School. Education and Human Development Journal, 8(2), 66–75. https://doi.org/https://doi.org/10.33086/ehdj.v8i2.5220

Yuanta, F., & Larasati, D. A. (2023b). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva pada Materi Peta dan Tata Ruang Kelas untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembangunan, 8(2).