PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Wordwall, mengetahui kevalidan, dan mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika. Subjek penelitian terdiri atas kelas V-C SDN Dukuh Kupang V Surabaya yang berjumlah 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, validasi ahli media dan ahli materi, pre-test dan post-test, dan hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan hasil validasi oleh para ahli dan hasil belajar peserta didik. Pengembangan media pembelajaran Wordwall dirancang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik melalui wawancara dengan guru kelas V-C SDN Dukuh Kupang V Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Wordwall dinyatakan valid/layak digunakan berdasarkan uji validitas oleh ahli media menghasilkan 100% dengan kategori “Layak (tidak perlu revisi)” dan uji validitas oleh ahli materi menghasilkan 91% dengan kategori “Layak (tidak perlu revisi)”. Respons peserta didik menghasilkan 96% dengan katergori “Layak (tidak perlu direvisi)”, sehingga kualitas media pembelajaran Wordwall materi luas bangun datar layak untuk digunakan pada pembelajaran di kelas. Hasil analisis nilai N-Gain menunjukkan hasil sebesar 0,705 dengan kategori “Tinggi”, sehingga media pembelajaran Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Article Details
References
Aminatun, D., Alita, D., Rahmanto, Y., & Putra, A. D. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Interaktif Di SMK Nurul Huda Pringsewu. Journal of Engineering and Information Technology for Community Service. https://doi.org/10.33365/jeit-cs.v1i2.141
Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Membangun Self-Confidence Siswa melalui Pembelajaran Matematika. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2). https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4279
Juniati, S. R., Giarini, K. A., Allika, A. N., & Aeni, A. N. (2023). Pengembangan E-Book SAREHAT (Sabar Rendah Hati) sebagai Media Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar Tentang Keteladanan Nabi Muhammad SAW. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1). https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5929
Pamungkas, Z. S., Randriwibowo, A., Wulansari, L. N. A., Melina, N. G., & Purwasih, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Gunung Sugih. Social Pedagogy: Journal of Social Science Education, 2(2), 135–148. https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v3i1.4316
Pebrianto, M., & Hadi, N. (2023). Rancang Bangun Sistem Si-LIONLABS Berbasis Web : Menuju Pengelolaan Admistrasi yang Efisien dan Efektif. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 7(3). https://doi.org/10.35870/jtik.v7i3.889
Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96
Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.162
Putra, Y. E. S., Mahanani, P., & Khotimah, K. (2022). Pengembangan Soal Evaluasi Berbantuan Website Wordwall pada Mata Pelajaran PPKn Materi Nilai-Nilai Pancasila Kelas. Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 7(2). https://doi.org/10.17977/um027v7i22022p74-84
Sitorus, D. S., & Santoso, T. N. B. (2022). Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Pada Masa Pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2). https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p81-88
Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2). https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(1). https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963