PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA BERORIENTASI TRI HITA KARANA PADA KELAS V SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapatkan: 1) lembar kerja peserta didik IPA berorientasi Tri Hita Karana yang valid; 2) lembar kerja peserta didik IPA berorientasi Tri Hita Karana yang praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahapan, yaitu Analyze (analisis), Design (rancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Data dianalisis dengan menggunakan Content Validity Ratio (CVR) untuk validitas expert, Product Moment untuk validitas empirik, dan Mean untuk kepraktisan. Validitas diukur dengan menggunakan uji expert sebanyak lima orang yang terdiri dari tiga orang dosen expert dan dua orang guru sebagai praktisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik IPA berorientasi Tri Hita Karana dikategorikan valid dengan nilai CVR 1 dan nilai CVI 1. Validitas empirik lembar kerja peserta didik IPA berorientasi Tri Hita Karana dinilai oleh sepuluh orang guru kelas V SD sebagai praktisi. Uji validitas empirik menunjukkan hasil valid melalui analisis korelasi product moment melalui bantuan SPSS versi 25, nilai tiap butir pernyataan rhitung ≥ rtabel (0,632 untuk signifikansi 5%). Hasil uji kepraktisan dinilai oleh enam puluh orang peserta didik kelas V SD. Hasil uji kepraktisan menunjukkan lembar kerja peserta didik IPA berorientasi Tri Hita Karana dikategorikan sangat praktis dengan nilai mean 169,57. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan lembar kerja peserta didik IPA berorientasi Tri Hita Karana yang valid dan praktis.
Article Details
References
Anggreani, Asteria Lindiyana, Choirul Huda, dan Eka Sari Setianingsih. 2018. “Pengaruh Strategi Card Sort Berbantu Media Gambar terhadap Prestasi Belajar IPA”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Volume 2, Nomor 4, 2018, hlm. 365-370. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/16153 (diakses tanggal 2 Februari 2021).
Arikunto, Suharsimi. 2017. Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
BSNP. 2006. Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
BSNP. 2013. “Kegiatan Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah”. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Budiasih, Ni Wayan. 2017. “Implementasi Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar melalui Ajaran Tri Hita Karana”. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 1, Nomor 1, 2017, hlm. 56-64. Tersedia pada https://ejournal.ihdn. ac.id/index.php/ AW/article/view/955 (diakses tanggal 30 April 2021).
Danial, Muhammad & Sanusi, Wahidah. 2020. “Penyusunan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Investigasi bagi Guru Sekolah Dasar Negeri Parangtambung II Kota Makasar”. Prosiding Seminar Nasional, Makasar: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Makasar. Tersedia pada https://ojs. unm.ac.id/semnaslpm/article/view/11888/7003 (diakses tanggal 7 Februari 2021).
Depdiknas. 2008. “Panduan Penge-mbangan Bahan Ajar”. Jakarta: Departemen Penddikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Hadi, Syamsul & Novaliyosi. 2019. “TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study)”. Prosiding Seminar Nasional & Call for Papers, Tasikmalaya: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi. Tersedia pada http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/ article/viewFile/1096/754 (diakses tanggal 12 Februari 2021).
Jaya, Kadek Arta. 2019. “Membangun Mutu Pendidikan Karakter Siswa melalui Implementasi Ajaran Tri Hita Karana”. Jurnal Penjaminan Mutu Lembaga Penjaminan Mutu Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar, Volume 5, Nomor 1, 2019, hlm 57-67. Tersedia pada http://ejournal.ihdn. ac.id/index. php/JPM/article/view/759 (diakses tanggal 5 April 2021).
Majid, Abdul. 2011. “Perencanaan Pembelajaran”. Bandung: Remaja Rosdakarya.
OECD, 2019. PISA 2018 Results Combined Executive Summaries Volume I, II, & III.
Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar. 1990. Jakarta: Pemerintah RI.
Priantini, Dewa Ayu Made Manu Okta & Darwati, G. A. Mas. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Tri Hita Karana untuk Anak Sekolah Dasar”. Makalah. Disampaikan pada Seminar Nasional INOVALI 2019. Tersedia pada https://eproceeding. undwi.ac.id/index.php/inobali/article/view/93 (diakses tanggal 1 Mei 2021)
Putra, I Wayan Weda Gustana, Desak Putu Parmiti, I Wayan Ignatius Suwatra. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Bermuatan TriHita Karana terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV”. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4, Nomor 1, 2016, hlm. 1-9. Tersedia pada https://garuda.ristekbrin.go.id/ documents/detail/1384583 (diakses tanggal 14 Februari 2021)
Setiawan, Ribud, Happy Susanto, dan Ayok Ariyanto. 2019. “Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing pada Mata Pelajaran IPA Energi Bunyi Kelas IV SDN II Pule Tahun Ajaran 2017/2018”. Jurnal Mahasiswa Tarbawi, Volume 3, Nomor 1, 2019, hlm. 39-46. Tersedia pada http://studentjournal.umpo.ac. id/index.php/tarbawi/article/view/210 (diakses tanggal 23 Februari 2021).
Sudira, Putu. 2012. “Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Spirit Tri Hita Karana”. Makalah. Naskah Artikel Buku Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Spirit THK. Tersedia pada https://www.researchgate.net/publication/328457124_ SMK_kearifan_ lokal_Tri_Hita_Karana_THK (diakses tanggal 28 April 2021).
Sudira, Putu. 2014. “Perguruan Tinggi Unggul Berbasis Tri Hita Karana”. Makalah. Disampaikan pada Dies Natalis VIII Universitas Pendidikan Ganesha, 7 Mei 2014 di Singaraja. Tersedia pada http://staffnew. uny.ac.id/upload/13165 5274/peneli tian/072-paper-undiksha-putu sudira-2014.pdf (diakses tanggal 18 Februari 2021).
Sugiyono. 2009. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta CV.
Sukardi. 2012. “Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya”. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sumiati dan Asra. 2007. “Metode Pembelajaran”. Bandung: CV. Wacana Prima.
Taufiq, Agus. 2014. Hakikat Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.