PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA kelas VII di MTS Kecamatan Wanasaba serta belum diterapkannya pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan murid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Pendekatan SETS mengintegrasikan konsep sains dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat, serta bertujuan meningkatkan relevansi pembelajaran bagi siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs Kecamatan Wanasaba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experimental) dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Data dikumpulkan melalui kuesioner motivasi belajar dan tes hasil belajar IPA. Analisis statistik dilakukan dengan menggunakan MANOVA untuk mengevaluasi perbedaan antara kelompok eksperimen yang menggunakan pendekatan SETS dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar siswa secara simultan antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pendekatan SETS dan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan nilai statistika F = 19,783 (p < 0,05). Terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pendekatan SETS dan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional yang ditunjukkan dengan nilai statistik F = 19,390 (p < 0,05). Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pendekatan SETS dan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional yang ditunjukkan dengan nilai statistik F = 19,570 (p < 0,05). Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa pendekatan SETS efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA.
Article Details
References
Ambarwati, A. (2017). Penilaian hasil belajar peserta didik. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 12(3), 101-112.
Bashri, S. (2009). Implementasi kurikulum IPA terpadu. Jurnal Pendidikan dan Sains, 8(2), 45-56.
Binadja, A., Wardani, S., & Nugroho, S. (2008). Keberkesanan Pembelajaran Kimia Materi Ikatan Kimia Bervisi SETS pada Hasil Belajar Siswa [The effectiveness of chemistry learning material on chemical bonding with SETS vision on student learning outcomes.]. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(2), 256–262.
Bloom, B. S., & Gibbons, T. (2017). Penilaian ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Jakarta: Erlangga.
Candra, R., Rahayu, E. S., & Putra, N. M. D. (2020). Development of Science Module SETS Approach to Strengthen Cognitive Learning Outcomes of Elementary School Students. Journal of Primary Education, 9(3), 248–257. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i3.37713
Daroonparvar, M., et al. (2014). Implementasi penilaian berbasis HOTS. Jurnal Pendidikan Modern, 8(2), 150-160.
Djumingin, H. (2011). Model pembelajaran aktif untuk peserta didik kreatif. Jurnal Pendidikan Inovatif, 10(1), 89-98.
Fathurrohman, M., & Sutikno, S. (2007). Pedagogik pada pembelajaran. Yogyakarta: Gajah Mada Press.
Hewi, S., & Shaleh, M. (2020). Kinerja pendidikan Indonesia pada PISA. Jurnal Pendidikan Global, 10(4), 345-360.
Indriyati, R. (2019). Efektivitas pendekatan SETS pada meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(2), 65-74.
Inkiriwang, Y. (2020). Pendidikan nasional: Sebuah refleksi. Jakarta: Gramedia.
Kartiani, R. (2015). Interaksi peserta didik dan guru pada pembelajaran. Jurnal Pendidikan Interaktif, 9(3), 78-88.
Lampiran Permendiknas. (2006). Standar isi mapel IPA SMP/MTs. Jakarta: Depdiknas.
Mislikhah, I. (2020). Asesmen berbasis HOTS pada pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan, 14(1), 78-89.
Mursiti, S., Binadja, A., & Dianto. (2011). Pengaruh penggunaan ular tangga redoks sebagai media chemo-edutainment bervisi sets terhadap hasil belajar siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3(2), 458–462. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/1281
Nasution, A., et al. (2020). Perubahan kurikulum sebagai bentuk perubahan sosial. Jurnal Sosiologi Pendidikan, 14(1), 56-67.
Nuryanto, A., & Binadja, A. (2010). Pengaruh pendekatan SETS pada pembelajaran kimia. Jurnal Sains dan Teknologi, 6(2), 112-120.
Priyambodo, E., Fitriyana, N., Primastuti, M., & Artistic, F. A. D. (2021). The Role of Collaborative Learning Based STSE in Acid Base Chemistry: Effects on Students’ Motivation. Proceedings of the 7th International Conference on Research, Implementation, and Education of Mathematics and Sciences (ICRIEMS 2020), 528(Icriems 2020), 253–263. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210305.037
Purwadhi, M. (2019). Pembelajaran berbasis lingkungan. Jurnal Pendidikan Lingkungan, 4(3), 23-35.
Retnowati, S., & Ekayanti, N. (2020). Hasil belajar peserta didik Indonesia pada TIMSS. Jurnal Pendidikan Global, 12(2), 78-87.
Setiyono, F. P. (2011). Peningkatan kreativitas peserta didik melalui pendekatan SETS. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 101-114.
Syafiqah, N. (2013). Efektivitas pendekatan SETS pada pembelajaran sains. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 67-78.
Utami, D. (2017). Hasil belajar sebagai indikator kualitas pendidikan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(2), 144-152.
Wang, Y. (2022). Interactions between Student Motivational Profiles and Science Achievement: A Student-Centered Approach. International Journal of Science Education, 44(5), 245–260.
Widodo, W., et al. (2017). Keterampilan proses sains di SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(3), 89-103.
Winaryati, S. (2017). The Effect of Learning Using the SETS Approach on Motivation and Its Influence on Students' Cognitive Values. Journal of Educational Sciences, 9(4), 112–126.
Winaryati, S. (2021). Improving Science Learning Outcomes Through the SETS (Science Environment Technology And Society) Approach. Journal of Science Education, 13(2), 78–89.
Wulandari, N. (2023). The Influence of the Science Technology Society Learning Model in Increasing Motivation for Learning Chemistry in Colloidal Materials. Journal of Chemical Education, 10(1), 34-46.
Yoruk, N. (2010). The Influence of STSE (Science, Technology, Society, and Environment) on Chemistry Learning. Journal of Chemistry Education, 5(3), 123–137.
Zahro, I. (2019). Peningkatan motivasi belajar peserta didik melalui pendekatan SETS. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 9(1), 98-109.