PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Abdurrahim
K. Suma
I.B.P. Arnyana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap motivasi dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah di Gugus KKM XII Suela-Sembalun. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V MI Gugus KKm XII Suela-Sembalun yang berjumlah 217 orang siswa. Sebanyak 43 siswa terpilih menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis MANOVA berbantuan IBM SPSS Statistic 26.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di Madrasah KKM XII Suela-Sembalun. Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di Madrasah KKM XII Suela-Sembalun. Ketiga, terdapat perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar IPA secara simultan antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di Madrasah KKM XII Suela-Sembalun. Kesimpulannya, pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa Madrasah Ibtidaiyah.

Article Details

Section
Articles

References

Hidayat, R. & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep, Teori, Dan Aplikasinya. Lembaga Peduli Pegembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI). http://repository.uinsu.ac.id/8064/1/Buku%20Ilmu%20Pendidikan%20Rahmat%20Hidayat%20%26%20Abdillah.pdf

Kesnajaya, I. K., Dantes, N., & Dantes, G. R. (2015). Pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa kelas V pada SD Negeri 3 Tianyar Barat [PhD Thesis, Ganesha University of Education]. https://www.neliti.com/publications/124662/pengaruh-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-Jigsaw-terhadap-motivasi-belajar-dan

Kimmel, S. B., Gaylor, K. P., & Hayes, J. B. (2016). Age differences among adult learners: Motivations and barriers to higher education. Academy of Business Research Journal, 4, 18. https://www.researchgate.net/publication/313967210_Age_Differences_among_Adult_Learners_Motivations_and_Barriers_to_Higher_Education

Oviyana, I. W., Wirya, N., & Sudarma, I. K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/4816

Pratiwi, I. (2021). IPA untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 1). umsu press. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=_So_EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PT2&dq=fungsi+dan+tujuan+pembelajaran+IPA+di+sekolah+dasar,+Depdikbud,1993&ots=Y2v5rPyVAB&sig=YbT5jCLT3PWwwTCUFVlKEmx0Va0

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2022). Analisis capaian siswa Indonesia pada PISA dan urgensi kurikulum berorientasi literasi dan numerasi. EDUPEDIKA: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.60004/edupedika.v1i1.1

Sahin, A. (2010). Effects of Jigsaw II technique on academic achievement and attitudes to written expression course. Educational Research and Reviews, 5(12), 777. https://www.researchgate.net/publication/228346703_Effects_of_Jigsaw_II_technique_on_academic_achievement_and_attitudes_to_written_expression_course
Sutopo, A. H., Dewi, H. I., Antar, Y., Asmawati, L., Agustian, M., & Khadijah, S. (2022). Pemikiran Pendidikan Prof. Dr. Conny R. Semiawan. Topazart. https://books.google.com/books?

Trianto, T. (2010). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.