KONTRIBUSI PERHATIAN ORANG TUA, MINAT BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD

Main Article Content

Sulhan
I.M. Ardana
I.G. Margunayasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kontribusi perhatian orang tua (X1), minat belajar (X2), dan disiplin belajar (X3) terhadap prestasi belajar Matematika (Y) pada siswa kelas IV SD di Gugus Tembeng Putik Bandok, Lombok Timur. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD di gugus Tembeng Putik Bandok Lombok Timur Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 150 orang. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling, yang mengambil sampel peserta didik kelas IV SD di Gugus Tembeng Putik Bandok Lombok Timur. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian expost facto dengan pendekatan analisis jalur (path analysis) untuk mengevaluasi pengaruh langsung dan tidak langsung variabel-variabel tersebut terhadap prestasi belajar Matematika. Data dikumpulkan dari 109 siswa menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan perangkat lunak SPSS versi 26. Hasil analisis menunjukkan bahwa perhatian orang tua (X1) dan minat belajar (X2) berkontribusi secara signifikan terhadap disiplin belajar (X3) dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,318. Uji t menunjukkan bahwa perhatian orang tua (X1) dan minat belajar (X2) memiliki pengaruh signifikan terhadap disiplin belajar dengan nilai signifikansi masing-masing 0,000. Selain itu, kontribusi perhatian orang tua (X1), minat belajar (X2), dan disiplin belajar (X3) terhadap prestasi belajar Matematika (Y) juga signifikan dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,530. Uji t untuk variabel-variabel ini menunjukkan pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar Matematika dengan nilai signifikansi 0,005 dan 0,000. Uji Sobel mengungkapkan bahwa pengaruh tidak langsung dari perhatian orang tua (X1) dan minat belajar (X2) melalui disiplin belajar (X3) terhadap prestasi belajar Matematika (Y) juga signifikan, dengan pengaruh total X1 sebesar 0,320 dan X2 sebesar 0,539. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perhatian orang tua dan minat belajar secara langsung dan tidak langsung mempengaruhi prestasi belajar Matematika melalui disiplin belajar. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi pengembangan strategi pendidikan yang melibatkan peran orang tua dan stimulasi minat belajar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Article Details

Section
Articles

References

Febiauti, A., & Joharudin, J. (2018). Peran keluarga dalam pendidikan anak: Pendidikan nilai dan moral. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(1), 45- 56.

Febrianti, R., & Fernandes, A. (2023). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi akademik siswa. Jurnal Pendidikan Dusur, 10(2), 102–113.

Hasanah, U., Ami, R., & Rifa'i, L. (2022). Disiplin belajar dan prestasi akademik siswa. Jurnal Pendidikan dan Penekinaz, 7(3), 201-214.

Indy, M., Susanto, HL, & Rim, Y. (2019). Sekolah dan perannya dalam pendidikan formal di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 8(1), 15-27.

Octavianingum, R., & Syofyan, M. (2019). Pendidikan karakter dan peran sekolah dalam pembentukan individu. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 72–84.

Oknaryana, E., & kfani, R. (2022). Kriteria ketuntasan minimal dan pencapaian prestasi belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan, S(4), 321-335.

Rifa'i, L, & Anni, R. (2016), Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Kinerja, 4(3), 129–142.

Saputri, A., Sumammi, E., & Rina, L. (2019). Perhatian orang tua dalam pendidikan anak di rumah. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 54-65.

Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhit. Jakarta: Rineka Cipta

Suardi, M. (2018). Pendidikan yang merata: Upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal Kebijakanı Pendidikan, 12(1),10-20.

Wasiobadi, A. (2012). Sistem pendidikan yang unggul: Proses pembelajaran yang efektif. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 23-34.