HUBUNGAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR

Main Article Content

H. Pitriyani
Buyung
E.G. Utama

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan menerapkan pendekatan kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk: 1) Mengukur kemampuan awal Matematika siswa di SDN 12 Singkawang; 2) Mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa di SDN 12 Singkawang; 3) Menganalisis hubungan antara kemampuan awal Matematika dengan kemampuan pemecahan masalah siswa di SDN 12 Singkawang. Lingkup penelitian meliputi populasi siswa kelas IV dengan pengambilan sampel sebanyak 23 responden dari kelas IV B menggunakan teknik pengambilan sampel acak sederhana. Data didapat melalui tes. Instrumen yang digunakan meliputi soal kemampuan awal Matematika dan kemampuan pemecahan masalah, dengan analisis data menggunakan uji korelasi PPM. Hasil analisis menandakan nilai koefisien korelasi positif sebesar 0,5520 dengan thitung = 3,0337 dan ttabel = 1,721. Ini mengindikasikan adanya hubungan positif dan signifikan antara kemampuan awal Matematika dengan kemampuan pemecahan masalah di SDN 12 Singkawang.

Article Details

Section
Articles

References

Buyung, B., & Nirawati, R. (2018). Pengaruh Karakter Kerja Keras Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 21. https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.519

Dewi, D. A. K., & Gunamantha, M. (2021). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Lembar Kerja Siswa Terhadap Kemampuan Bekerjasama dan Hasil Belajar Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganesha. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 64–73. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.259

Ferryansyah, F., & Anwar, A. (2020). Hubungan Kemampuan Awal Matematika Dengan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Viii Smp 12 Tarakan. Mathematics Education And Application Journal (META), 2(1), 8–14. https://doi.org/10.35334/meta.v2i1.1630

Irawan, I. P. E., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika: Pengetahuan Awal, Apresiasi Matematika, dan Kecerdasan Logis Matematis. Prosiding Seminar Nasional MIPA, 69–73. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/semnasmipa/article/view/10185

Juliana, N. (2024). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika PISA pada Konten Change and Relationship. 1–90. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/78643

Kasim, A., Muhammad, H. H., Kalamu, L. Y. La, Tinamba, S. Y. La, & Lukman, A. Y. La. (2024). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Tidore Kepulauan. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 5(1), 108–124. https://doi.org/10.63976/jimat.v5i1.728

Monica, F., Yandari, I. A. V, & Rakhman, P. A. (2024). Penerapan Problem Based Learning Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematis Materi Pecahan Pada Peserta Didik. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(2), 314–323. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v8i2.4124

Muliadi, A., Utami, C., & Utama, E. G. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Rasa Ingin Tahu Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 126. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.52283

Peratiwi, N. C., & Adzima, K. R. (2024). Pengaruh Minat Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 1–17. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v5i1.443

Pioke, I., Rivai, S., Pakaya, W. C., & Abdullatif, N. (2022). Hubungan Antara Kemampuan Awal Matematika Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SDN 08 Paguyaman. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 803. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.803-808.2022

Sugiyono. 2024. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wardhana, I. P. B. W., Suarni, N. K., & Putrayasa, I. B. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Cabri 3D Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Self Efficacy Siswa Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 275–286. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i2.2488

Zakiyah, M., & Noor, L. (2022). Kemampuan Awal dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science, 2(1), 54–65. https://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/NCOINS/article/view/336/148