KONTRIBUSI KEPENGAWASAN KEPALA SEKOLAH, ETOS ERJA DAN KOMITMEN KERJA TERHADAP PENGELOLAAN PROSES PEMBELAJARAN PADA GURU KELAS SEKOLAH DASAR

Main Article Content

N.P.A. Sartikawati
I.B. Putrayasa
I.W. Widiana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepengawasan kepala sekolah, etos kerja dan komitmen kerja terhadap proses pembelajaran guru kelas sekolah dasar di Gugus VII Kecamatan Kuta Selatan secara terpisah maupun secara simultan.Populasi penelitian ini guru kelas sekolah dasar di Gugus VII Kecamatan Kuta Selatan sebanyak 33 orang. Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto. Data dikumpulkan melalui kuesioner, dianalisis dengan analisis product moment, dan korelasi ganda. Hasil penelitian: (1) Terdapat kontribusi yang signifikan kepengawasan kepala sekolah terhadap pengelolaan proses pembelajaran dengan sumbangan efektif 11,42 %, (2) Terdapat kontribusi yang signifikan etos kerja terhadap pengelolaan proses pembelajaran dengan sumbangan efektif 32,46 %, (3) Terdapat kontribusi komitmen kerja terhadap pengelolaan proses pembelajaran dengan sumbangan efektif 2,97 %, (4) Terdapat kontribusi secara bersama-sama antara kepengawasan kepala sekolah, etos kerja ,  dan komitemen kerja  secara simultan terhadap pengelolaan proses pembelajaran dengan sumbangan efektif 46,90 %. Dapat disimpulkan kepengawasan kepala sekolah, etos kerja dan komitmen kerja berkontribusi positif dan singnifikan terhadap pengelolaan proses pembelajaran guru kelas sekolah dasar di gugus VII Kecamatan Kuta Selatan.

Article Details

Section
Articles

References

Acheson, A. K., & Gall, M. D. (2003). Clinical Supervision and Teacher Development: Pre-service and In-service Applications. New York: John Wiley & Sons, Inc.
Arikunto, Suharsimi, & Yuliana, L. (2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditia media.
Armstrong, M., & Baron, A. (2010). Performance Management– The New Realities. London: Institute of Personnel and Development.
Burhanuddin, Y. (1998). Administrasi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Daryanto. (2013). Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.
Depdiknas. (2008). Metode dan Teknik Supervisi. Jakarta: Depdiknas.
Ernawati, & Marjono. (2007). Pengaruh Supervisi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Sumberdaya Manusia. Vol 2,.
Ginting, D. (2016). Etos Kerja Panduan menjadi Karyawan Cerdas. Jakarta: Pt Alex Media Komputindo.
Husni, I. (2014). Hubungan Etos Kerja dengan Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Lubuk . Bahana Manajemen Pendidikan.Vol. 2, No. 1.
Ibrahim, A. E., Romadhona, I. P., & Aan, N. (2021). Fungsi Kepengawasan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru DI MTs Hasyim Asy’ari Bangsri Sukodono. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol 3 No.1.
Irmin, S., & Rochim, A. (2004). Membangun Disiplin Diri Melalui Kecerdasan Spriritual dan Emosional. Yogyakarta: Batavia Pers.
Ismawantini, N. L. (2019). Kontribusi Supervisi Akademik, Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Etos Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 3 Banjar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia. Vol 10, No.2 .
Ismaya. (2020). Pengaruh Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMA . Jurnal ARSA (Actual Research Science Academic) Vol. 5 No. 1, 177-178.
Kemendikbud. (2019). Neraca pendidikan daerah.
Marheni, N. A. (2018). Determinasi Kualitas Kepengawasan Kepala Sekolah, Konsep Diri dan Komitmen Kerja terhadap Kualitas Pengelolaan Proses Pembelajaran Pada Guru-guru SD di Gugus II Kecamatan Banjar. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Martono, N. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Nigrat, S. P., Agung, A. G., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi Etos Kerja, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja dan Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru Sd Gugus VII Kecamatan Mengwi. . Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia. VOL. 11, No. 1.
Nugroho, R. A., & dkk. (2016). Pengaruh Komitmen Organisasi, Motivasi Berprestasi dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Wangsa Jatra Lestari. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE).
Permendikbud. (No. 22 Tahun 2016). Tentang Standar Proses.
Permendiknas. (No. 13 tahun 2007). Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.
Pitriyani. (2021). Pengaruh Manajemen Kelas Dan Etos Kerja Terhadap Efektivitas Pembelajaran Guru Pada Masa Pandemi Covid 19. . Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 No. 4.
PP. (No. 57 Tahun 2021). Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Prasetya, H. Y., Aedi, N., & Nurdin. (2020). Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Komitmen Kerja. Jurnal Administrastrasi Pendidikan, Vol. 27., 123.
Purnomo Adi, F. (2016). Hubuangan Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Program Keahlian Teknik Bangunan SMKN 2 Wonosari. . Jurnal Pendidikan Teknik Sipil & Perencanaan Vol. 4 No.5 .
Sahertian. (2008). Konsep Dasar dan Tehnik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Sitaasih, D. (2020). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran di SD. . Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 4, No 2 .
Suardana, P. (2015). Kontribusi Persepsi Guru Tentang Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Guru Bahasa Inggris SMA di Kabupaten Tabanan. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia. Vol. 6, No 1.
Suartini, N. K. (2014). Kontribusi Komitmen kerja, Kepemimpinan Kepala Lembaga dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pendidikan PAUD . E-Journal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar Volume 4.
Sudana, M. (2012). Fenomena Pembelajaran.
Sudarwan, D. (2011). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukarman, H. (2007). Membangun etos Kerja Dikalangan Pendidik dan Kependidikan. Bandung: P4TK IPA.
Supriyadi. (2018). Manajemen Mutu Berbasis Sekolah Konsep dan Aplikasi. Bandung: Pt Sarana Pancakarya Nusa .
Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Undang-Undang. (No. 14 Tahun 2005). Tentang Guru dan Dosen.
Usman. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Waang, M. (2019). Pengaruh Efektivitas Manajerial Kepala Sekolah dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Guru . Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 102-103.
Yohanes Sukamto, P. (2016). Pengaruh kompetensi guru, komitmen kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Andalan di Sleman. . Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Volume 9, Nomor 2.
Yunus, S. (2017, November 24). Kolom : Mengkritisi Kompetensi Guru. Retrieved from detikNews: https://news.detik.com/kolom/d-3741162/mengkritisi-kompetensi-guru