PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD

Main Article Content

A.A.R. Paramitha
I.W. Lasmawan
D.B. Sanjaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen berpikir kritis siswa dan instrumen motivasi belajar siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap utama yaitu define, design, development, dan disseminate. Pada penelitian pengembangan ini metode pengumpulan data menggunakan metode non tes. Metode non tes dengan menggunakan teknik kuesioner atau angket. Dalam penelitian Pengembangan Instrumen Kuisioner Motivasi Belajar dan Berpikir Kritis IPA untuk Siswa kelas IV SD ini dilakukan sampai tahap disseminate. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Validitas instrumen motivasi belajar siswa kelas IV SD metode analisis diukur dengan menggunakan SPSS. Hasil validasi instrumen kuisioner motivasi belajar siswa berada pada kategori 100% “Valid” dengan jumlah butir pertanyaan yang sangat signifikan sebanyak 30 soal. 2)Validitas instrumen berpikir kritis siswa kelas IV SD metode analisis diukur dengan menggunakan SPSS. Hasil validasi instrumen kuisioner berpikir kritis siswa berada pada kategori  96.6% “Valid” dengan jumlah butir pertanyaan yang sangat signifikan sebanyak 29 soal dan 1 soal tidak valid 3) Reliabilitas instrumen motivasi belajar siswa kelas IV SD di analisis dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas instrumen kuisioner motivasi belajar berada pada kategori “Sangat Tinggi” dengan nilai Alpha Cronbach adalah 0,99 4) Reliabilitas instrumen berpikir kritis siswa kelas IV SD di analisis dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas instrumen kuisioner berpikir kritis berada pada kategori “Sangat Tinggi” dengan nilai Alpha Cronbach adalah 0,97

Article Details

Section
Articles

References

Alec Fisher. (2008). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Erlangga.
Arya Surya Wangsa, G. N. (2021). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa Kelas V Sd Gugus Iv Kecamatan Gerokgak. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 139–150. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.267
Candiasa, I. M. (2010). Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.
Dantes, N. (2012). Analisis dan Desain Eksperimen. Program Pasca Sarjana.
Dewi, R. (2020). Pengembangan Istrumen Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V Sd. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 10(1).
Fahrudin. (2012). Thinking Skill (Pengantar Menuju Berpikir Kritis). SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.
Made, N., Widyastini, T., Riastini, P. N., Sudana, D. N., & Pgsd, J. (2017). Semester Gasal Kelas Iv Sd. d.
Meyers, C. (1986). Teaching students Think Critically. Jossey-Bass Publishers.
Mudjiono, D. dan. (2006). Belajar dan Pembelajran. PT Rajagrafindo Persada.
Nasution, S. (1987). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bina Aksara.
Sadirman. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar. PT Rineka Cipta.
Schafersman, S. D. (2006). An Introduction to Critical Thinking.
Soemanto, W. (2003). Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta.
Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Rajawali Pers.
Thiagarajan, S., Semmel,d.S., & Semmel, M. . (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children.
Undang-undang Repulik Indonesia No. 20 Tahun 2003. (n.d.). Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Penerbit Cemerlang.