PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PEMECAHAN MASALAH DENGAN PENDEKATAN 4C UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Main Article Content

N.K.I. Sapitri
I.M. Ardana
I.M. Gunamantha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototype LKPD berbasis pemecahan masalah dengan pendekatan 4C untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V. Penelitian ini menggunakan Model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 65 orang yang terdiri dari 2 orang dosen, 3 orang guru sekolah dasar, dan 60 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis pemecahan masalah menggunakan model ADDIE melalui lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan dan evaluasi menghasilkan LKPD yang valid dan layak digunakan. Hasil validitas 0,9 dengan kategori sangat valid. Uji kelayakan 61,77% berada pada kategori sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan pengembangan LKPD berbasis pemecahan masalah adalah valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Article Details

Section
Articles

References

Adinda, A. (2016) ‘Berfikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika’, Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan, pp. 125–138.
Basri, B. et al. (2020) ‘Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Aljabar’, Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), pp. 173–182. doi: 10.24256/jpmipa.v8i2.1542.
Depdiknas (2008) Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Laksana, D. N. L. (2016) ‘Miskonsepsi Dalam Materi Ipa Sekolah Dasar’, JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), p. 166. doi: 10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8588.
Marudut, M. R. et al. (2020) ‘Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses’, Jurnal Basicedu, Volume 4 N, p. Halm. 577-585.
Mayanty, S., Astra, I. M. and Rustana, C. E. (2018) ‘Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswi SMA’, Prosiding Seminar National Quantum.
Memori, E. O. et al. (2020) ‘VALIDITAS LKS BERBASIS PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN Staf Pengajar Jurusan Fisika , FMIPA Universitas Negeri Padang’, 13(2), pp. 257–264.
Prasadi, A. H. (2020) ‘Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Dan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV SD’, Jurnal Pendidikan dasar, 7(1), pp. 74–78.
Putri, N. et al. (2019) ‘Validitas LKS Berbasis Problem Solving Untuk Mencapai Critical Thinking Skill Pada Materi Alat Optik dan Pemanasan Global Fisika SMA / MA The 21st century demands skills that can support human life . Human life is never separated from the various demands’, Pillar of Physic Education, 12(4), pp. 745–752.
Putri, R. R. et al. (2019) ‘Efek LKS IPA Bermuatan Keterampilan Belajar 4C Tema Kesehatan Pernapasan dan Ekspresi Kita pada Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 7 Padang’, Pillar of Physics Education, 12(3), pp. 377–384.
Rahayu, D. and Budiyono (2018) ‘Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pemecahan Masalah Bangun Datar’, Pengembangan LKPD Berbasis Pemecahan Masalah PENGEMBANGAN, 06, pp. 249–259.
RATNANINGTYAS, Y. (2016) ‘Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Ditinjau Dari Kemampuan Matematika’, MATHEdunesa, 5(1), pp. 86–94.
Sugiyono (2015) Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyorini, S. et al. (2018) ‘Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Tematik Terpadu Mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Literasi Siswa SD di Kota Semarang’, Jurnal Kreatif, 9 (1) 2018.
Warimun, E. (2012) ‘Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Fisika Pada Pembelajaran Topik Optika Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika’, Exacta, X(2), pp. 111–114.
Widoyoko, S. E. P. (2009) Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.