PENGEMBANGAN INSTRUMEN KETERAMPILAN BELAJAR DAN BERINOVASI (4C) PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD

Main Article Content

N.L.R.A. Dewi
I.W. Lasmawan
I.K. Gading

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen keterampilan belajar dan berinovasi (4C) pada mata pelajaran IPA Kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Data yang dikumpulkan berupa data relevansi indikator dengan variabel dan relevansi item dengan indikator serta kepraktisan instrument asesmen keterampilan belajar dan berinovasi (4C).  Data tentang relevansi indikator dengan variabel  dan relevansi item dengan indikator diperoleh dari 2 orang ahli. Data kepraktisan diperoleh dari 3 praktisi yang berasal dari guru kelas V SD. Data dianalisis dengan formula Gregory.  Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Karakteristik instrumen asesmen keterampilan belajar dan berinovasi (4C) terlihat pada komponen, bentuk,tampilan dan materi tes yang digunakan. 2) Nilai  rata-rata CV sebesar 1 yang berarti nilai validitas sangat tinggi. 3) Nilai rata-rata kepraktisan instrument adalah 4,83 yang terkategori sangat praktis. Dengan demikian, produk yang berupa instrumen asesmen keterampilan belajar dan berinovasi (4C) pada pembelajaran IPA kelas V SD layak digunakan.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (2nd ed.). PT Bumi Aksara.
Gregory, R. J. (2000). Psychological Testing: History, Principles, and Applications. Allyn and Bacon.
Haryanti, Y. D., & Saputra, D. S. (2019). Instrumen Penilaian Berpikir Kreatif Pada Pendidikan Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2).
Irmayati, I., & Rochmiyati, R. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Kreatif dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Pendekatan PBL. Jurnal Pedagogi, 6(8).
Kemendikbud. (2016). Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan
OECD. (2016). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy.
Sutirna. (2015). Landasan Pendidikan Teori dan Praktek. Refika Aditama.
Tegeh, M., Jampel, N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.
Warsita, B. (2011). Pendidikan Jarak Jauh. PT Remaja Rosdakarya.