PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ETNOMATEMATIKA BATU KUBUR DAN RUMAH ADAT SUMBA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Y.A. Talo
I.M. Ardana
I.W. Kertih

Abstract

Penelitian pengembangan LKPD berbasis etnomatematika batu kubur dan rumah adat Sumba bertujuan untuk mengetahui kualitas LKPD sebagai bahan ajar. Jenis penelitian yaitu pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation, akan tetapi pada penelitian ini dibatasi sampai pada tahap pengembangan (development). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kalembu Danga. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket lembar validasi dan lembar kepraktisan yang berupa lembar angket respon guru dan angket respon peserta didik. Lembar validasi digunakan untuk mengetahui validasi LKPD berbasis etnomatematika sedangkan lembar angket respon guru dan peserta didik digunakan untuk mengetahui kepraktisan LKPD berbasis etnomatematika yang dikembangkan. Adapun hasil analisis data yaitu: 1) hasil validasi LKPD berbasis enomatematika dari 2 orang ahli sebagai validator dan 2 orang guru sebagai praktisi diperoleh skor aktual 178 dan 182 dengan kategori sangat valid, 2) hasil lembar angket respon 2 orang guru diperoleh skor rata-rata 34,5 dengan kategori sangat praktis sedangkan hasil lembar angket respon 25 orang peserta didik terhadap LKPD berbasis etnomatematika diperoleh persentase 80,2% dengan kategori kuat/praktis. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika yang berkualitas baik dan layak untuk diimplementasikan.

Article Details

Section
Articles

References

Adi, T. W. (2016). Penggunaan LKS sebagai Tindakan Rasionalitas Guru dalam Proses Pembelajaran. https://media.neliti.com/media/publications/13816-ID-penggunaan-lks-sebagai- tindakan-rasionalitas-guru-dalam-proses-pembelajaran-kaji.pdf
Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Pelajar.
Atika, N., & MZ, Z. A. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan RME Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 103. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2126
Ayuningtyas, A. D., & Setiana, D. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 11–19. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1630
Haryonik, Y., & Bhakti, Y. B. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Matematika Realistik. MaPan, 6(1), 40–55. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a5
Marsigit, Condromukti, R., Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2014). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 20–38.
Nurrochsyam, M. W. (2012). Humanisme Dalam Tradisi Kubur Batu Megalitik Di Sumba, Nusa Tenggara Timur. Kalpataru, 21(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24832/kpt.v21i1.102
Pertiwi, I. J., & Budiarto, M. T. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Gerabah Mlaten. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 438–453. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.257
Prabawati, R., Yanto, Y., & Mandasari, N. (2019). Pengembangan LKS Berbasis PMRI Menggunakan Konteks Etnomatematika pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education), 2(2), 73–79. https://doi.org/10.31539/judika.v2i2.870
Purnamasari, K., & Lestari, H. P. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Smp Kelas VII Materi Segitiga Dan Segi Empat Melalui Pendekatan Kontekstual Dan Model Pembelajaran Probing Prompting. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 18–30. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pmath/article/view/5969/5704
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susanti Esa, & Sukasno, R. R. (2017). Mahasiswa STKIP-PGRI Lubuklinggau Dosen STKIP-PGRI Lubuklinggau 1. 1–11.