PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUASAAN KONSEP IPA DAN SELF EFFICACY PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Main Article Content

N.K.D. Dumaini
I.B. Putrayasa
I.W. Widiana

Abstract

Berdasarkan analisis kebutuhan ditemukan bahwa instrumen penguasaan konsep IPA yang ada terbatas pada tingkatan C1-C2. Instrumen self efficacy siswa juga belum tersedia. Temuan tersebut mengindikasikan perlu adanya perbaikan kualitas instrumen penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui prosedur pengembangan  instrumen penguasaan konsep IPA dan self efficacy, (2) mengetahui validitas serta reliabilitas instrumen penguasaan konsep IPA dan self efficacy. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D, dengan tahapan: difine, design, develop, dan disseminate. Tetapi, dikarenakan pandemi Covid-19, tahap disseminate tidak dapat dilaksanakan lebih lanjut. Subjek penelitian ini adalah dosen, guru SD kelas IV, dan siswa kelas V SD. Metode pengumpulan data terdiri dari pedoman wawancara, lembar validiasi, serta analisis instrumen penguasaan konsp IPA dan self efficacy. Metode analisis data terdiri dari uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Instrumen penguasaan konsep IPA memperoleh nilai CVI sebesar 0,88, dengan 10 soal valid. (2) Instrumen self efficacy memperoleh nilai CVI sebesar 0,90, dengan 28 butir valid dan 2 butir tidak valid. (3) Instrumen penguasaan konsep IPA memperoleh reliablitas sebesar 0,87 (4) Instrumen self efficacy memperoleh reliablitas sebesar 0,85. Dengan demikian, pengembangan instrumen penguasaan konsep IPA dan self efficacy telah memenuhi persyaratan sebagai instrumen yang valid dan reliabel sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

Article Details

Section
Articles

References

Amalina, W. (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Efikasi Diri Siswa SMP dalam Bentuk Tes Butir Soal pada Pembelajaran IPA, Electronic Theses Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Institut Agama Islam Negeria(IAIN) Ponorogo.
Antara, I. G. W. (2021) ‘Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS (Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi) Pada Tema Ekosistem Siswa Kelas V SD’, PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), pp. 246–257. doi: 10.23887/jurnal_pendas.v5i2.294.
Astalini and Kurniawan, D. A. (2019) ‘Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Mata Pelajaran IPA’, Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 7(1), pp. 1–7. doi: 10.26714/jps.7.1.2019.1-7.
Azwar, S. (2013) Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bandura, A. (1997) Self-efficacy - The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company.
Candiasa, I. M. (2010) Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Hairida (2017) ‘Pengembangan Instrumen Untuk Mengukur Self Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Kimia’, Edusains, 9(1), pp. 53–59.
Hairida and Astuti, M. W. (2013) ‘Self Efficacy dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA-Kimia’, Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 3(1), pp. 26–34. doi: 10.26418/jpmipa.v3i1.2207.
Jatmiko and Fiantika, F. R. (2017) ‘Sebuah Rekam Jejak Proses Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Video Animasi 3D Portofolio’, Jurnal Math Educator Nusantara, 3(1), pp. 8–10.
Kawi, K. A. Y. (2021) ‘Pengembangan Instrumen Hasil PPKN dan Sikap Sosial Siswa Kelas V SD’, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(1), pp. 61–68. doi: 10.23887/jpepi.v11i1.248.
Khasanah, A. (2018) Pengembangan Instrumen Penilaian Otentik Pembelajaran Fisika untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains dan Berpikir Kritis, Eprints Lumbung PustakaUniversitas Negri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Koyan, I. W. (2011) Assesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Unversitas Pendidikan Ganesha Press.
Nufus, S. H., Gani, A. and Suhendrayatna (2017) ‘Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Berbasis Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Kimia SMA’, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), pp. 44–51.
Oktharia, E. (2017) ‘Pengembangan Instrumen Asesmen Pengetahuan untuk Mengukur Penguasaan Konsep Siswa’, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 6(1), pp. 74–85.
Priyadi, R. and Suryanti, K. (2017) ‘Pengembangan Instrumen Tes Pemahaman Konsep Hukum Gravitasi Universal’, Jurnal Riset Pendidikan Fisika (JRPF), 2(2), pp. 36–41.
Rasyid, H. and Mansur (2009) Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima.
Retnawati, H. (2017) ‘Membuktikan Validitas Instrumen’, Makalah disajikan pada kegiatan Workshop Teknik Analisis Data Fakultas Ekonomi dan Bisnis IAIN Batusangkar di Rocky Hotel Bukittinggi, 25 Juli 2017., pp. 1–17.
Santoso, A. and Prodjosantoso, A. K. (2020) ‘Pengembangan Instrumen Integrated Assessment antara Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA untuk Mengukur Aspek Kognitif Proses’, Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 8(2), pp. 93–102.
Sari, P. I. (2020) ‘Pengembangan Instrumen Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Self Efficacy Siswa Kelas V SD’, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 10(2), pp. 102–111.
Sudijono, A. (2011) Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Sudjana, N. (2004) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sulaksana, Y. T. (2020) ‘Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Ipa Dan Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas V Sd’, PENDASAI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), pp. 69–78.
Suseno, M. N. (2018) ‘Pengembangan Pengujian Validitas Isi dan Validitas Konstrak: Interpretasi Pengujian Validitas’, in Proceeding Seminar Nasional Psikometri. Yogyakarta: Publikasi Ilmiah, pp. 70–83.
Thiagarajan, S. (1974) Instructional, Development for Trainning Teacher of Exceptional Children. Minnesota: Indiana University.
Wangsa, G. N. A. S. (2021) ‘Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Gugus IV Kecamatan Gerokgak’, PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), pp. 139–150. doi: 10.23887/jurnal_pendas.v5i1.267.
Yoga, I. P. P. (2020) ‘Pengembangan Instrumen Keyakinan Diri dan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD’, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 10(1), pp. 31–40.
Yusup, F. (2018) ‘Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif’, Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), pp. 17–23. doi: 10.18592/tarbiyah.v7i1.2100.