PENGEMBANGAN E-LKPD BERKEARIFAN LOKAL CATUR PRAMANA TEMA 7 MUATAN IPA KELAS V SD
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD berkearifan lokal catur pramana tema 7 muatan IPA kelas V SD yang valid dan praktis. Model penelitian ini adalah ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). Implementasi dan evaluasi tidak dilakukan karena E-LKPD baru rampung ketika pembelajaran telah masuk ke tema 9. Subjek uji coba adalah produk E-LKPD. Objek uji coba adalah validitas dan kepraktisan E-LKPD. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner melalui lembar: (1) validasi 3 dosen dan 3 pendidik dan (2) kepraktisan 3 pendidik dan 9 peserta didik. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif untuk pengolahan saran ahli dan praktisi. Analisis kuantitatif untuk pengolahan skor validasi dan kepraktisan. Instrumen pengukuran tingkat kevalidan dan kepraktisan E-LKPD adalah lembar: (1) validasi materi, media, dan desain pembelajaran dan (2) kepraktisan oleh pendidik dan peserta didik berisi skala Likert 4. Data uji produk dianalisis dengan rumus persentase validitas dan kepraktisan E-LKPD. Tingkat persentase validitas E-LKPD sebesar 95% atau “validitas sangat tinggi” dan kepraktisan E-LKPD sebesar 91% atau “sangat praktis”. Berdasarkan analisis data, E-LKPD berkearifan lokal catur pramana tema 7 muatan IPA kelas V SD valid dan praktis digunakan sebagai bahan ajar dan pembelajaran di sekolah dasar.
Article Details
References
Jayananda, D. P. A. P. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multimodal Melalui Analisis Muatan Pengetahuan Dan Keterampilan Ipa Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 61–69.
Karisma, I. K. E. (2020). Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 121–130.
Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press.
Narulita, F. (2019). PENGEMBANGAN LKPD TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU BERBASIS KEARIFAN LOKAL KELAS IV SDN 4 KALIBARU MANIS KABUPATEN BANYUWANGI. Digital Repository Universitas Jember, September 2019, 2019–2022.
Nesri, F. D. P. (2020). Pengembangan Modul Ajar Cetak Dan Elektronik Materi Lingkaran Untuk Meningkatkan Kecakapan Abad 21 Siswa Kelas Xi Sma Marsudirini Muntilan. Program Studi Pendidikan Matematika, 126–132.
Prasetyo, Z. K. (2013). Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. PROSIDING : Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika, 2(1), 246–256. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosfis1/article/view/3316
Sari, F. N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Elektronik Teks Cerita Pendek Berbasis Budaya Lokal. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 83–98.
Sari, O., Cahaya, G., Anggraini, D., Letkol, J., Suratmin, H. E., Bandar, S., Telp, L., Letkol, J., Suratmin, H. E., Bandar, S., & Telp, L. (2019). GOOGLE SLIDE DAN QUIZIZZ DALAM PENGEMBANGAN BUKU AJAR ELEKTRONIK INTERAKTIF ( BAEI ) MATEMATIKA Program Studi Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Raden Intan Lampung Program Studi Sains Aktuaria ITERA Lam. 9(2).
Shaleha, U., Hairida, & Melati, H. A. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. 1(1), 18–26. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/EduChem
Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48–53. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/article/view/2316
Suja, I. W. (2009). Pengembangan Model Pembelajaran Kimia Berbasis Siklus Belajar Catur Pramana. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 42(1), 30–36.
Suja, I. W. (2012). Implementasi Buku Ajar Bermuatan Konten Sains Asli dan Konteks Pedagogi Catur Pramana. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 45(2).
Sutariani, D. P. (2019). PENGEMBANGAN BUKU TEKS MATEMATIKA KURIKULUM 2013 BERMUATAN KETERAMPILAN ABAD KE-21 (4C) UNTUK KELAS VI SEKOLAH DASAR. In Tesis (Vol. 3). UNDIKSHA.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model penelitian pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 88, 90–92.
Wangsa, G. N. A. S. (2020). PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD TAHUN PELAJARAN 2019/2020. UNDIKSHA.
Wijaya, I. K. W. B. (2020). Pengembangan Kompetensi 4C dan Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Berbasis Catur Pramana. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 7(1), 70–76.