PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA RODA SEJARAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Minimnya penerapan model dan media pembelajaran yang tepat berkontribusi terhadap kurangnya keterlibatan aktif peserta didik dalam aktivitas pembelajaran. Kondisi tersebut berpengaruh negatif terhadap pemahaman materi oleh peserta didik, sehingga dapat menimbulkan rendahnya tingkat pemahaman belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media roda sejarah kelas IV SD 2 Singocandi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre experimental one group pretest posttest design. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SD 2 Singocandi dengan jumlah 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata skor pretest 45 menjadi posttest 63,82. Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 diterima dan ditolak yang menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata yang signifikansi antara hasil pretest dan posttest. Kesimpulan dari hasil penelitian tersebut adalah terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media roda sejarah.
Minimnya penerapan model dan media pembelajaran yang tepat berkontribusi terhadap kurangnya keterlibatan aktif peserta didik dalam aktivitas pembelajaran. Kondisi tersebut berpengaruh negatif terhadap pemahaman materi oleh peserta didik, sehingga dapat menimbulkan rendahnya tingkat pemahaman belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media roda sejarah kelas IV SD 2 Singocandi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre experimental one group pretest posttest design. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SD 2 Singocandi dengan jumlah 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata skor pretest 45 menjadi posttest 63,82. Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 diterima dan ditolak yang menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata yang signifikansi antara hasil pretest dan posttest. Kesimpulan dari hasil penelitian tersebut adalah terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media roda sejarah.
Article Details
References
Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Holistika, 5(2), 104-111. https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.104-111
Amalia, A., Rini, C. P., & Amaliyah, A. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas v dalam pembelajaran ipa di sdn karang tengah 11 kota Tangerang. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(1), 33-44. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i1.4
Ardiyanti, H., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dengan Penerapan Model Stad (Student Team Achievement Division) Berbantuan Media Puzzle. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 29-33. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5191
Radya, W. B., Fajrie, N., & Riswari, L. A. (2023). Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbantuan media monopoli terhadap hasil belajar IPS kelas V SD 3 Padurenan. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(2), 93-100. https://doi.org/10.21067/jppi.v17i2.9061
Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan media pembelajaran video animasi en-alter sources berbasis aplikasi powtoon materi sumber energi alternatif sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530-2540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229
Fatimah, W., Iskandar, A. M., Abustang, P. B., & Rosarti, M. S. (2022). Media pembelajaran audio visual pengaruhnya terhadap hasil belajar IPS masa pandemi. Jurnal Basicedu, 6(6), 9324-9332. http://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3287
Fauzi, A., & Masrupah, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Ngaos: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 10-20. https://doi.org/10.59373/ngaos.v2i1.7
Fauzi, M. R., Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2023). Penerapan Model Jigsaw Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 189-196. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1538
Gustianingrum, R. A., & Gustianingrum, K. (2021). Analisis kesalahan siswa berdasarkan objek matematika menurut soedjadi pada materi determinan dan invers matriks. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 235-244. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.657
Harefa, D. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Talking CHIPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 83-99. https://doi.org/10.57094/tunas.v4i1.1011
Marlita, I. N., Masfuah, S., & Riswari, L. A. (2023). Peningkatan hasil belajar IPAS melalui model pembelajaran TGT berbasis media FTB. Al-Madrasah: Jurnal ilmiah pendidikan madrasah ibtidaiyah, 7(4), 1646-1660. https://www.jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-madrasah/article/viewFile/2683/1202
Mulyadi, D. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4537-4543. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1048
Syahrina, S. N. (2021). Pengaruh media lapbook pada pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 101899 Lubuk Pakam. Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat, 44-52. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jies/article/view/327/276
Nihayati, I., Ismaya, E. A., & Oktavianti, I. (2021). Pendidikan Karakter Disiplin Pada Santri Pondok Pesantren Slaf Terpadu Bahjatur Roghibiin Kudus. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2395-2402. https://media.neliti.com/media/publications/469217-none-db68733a.pdf
Nisa, S. K., Pratiwi, I. A., & Ismaya, E. A. (2020). Penerapan Model Group Investigation Berbantuan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(2), 211-224. https://doi.org/10.31849/lectura.v11i2.4722
Nugraheni, S. V., Ismaya, E. A., & Rondli, W. S. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Masalah Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas III SDN Bintoro 16 Demak. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3657-3665. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1218
Nurhayati, N., Egok, A. S., & Aswarliansyah, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9118-9126. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3430
Lestari, P., Pratiwi, I. A., & Purbasari, I. (2023). Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Media Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema 9 Kelas V SDN 1 DORANG. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 2161-2175. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1559
Putra, P. A., Ismaya, E. A., & Ahsin, M. N. (2021). Penerapan Model Teams Games Tournament Berbantuan Media Pemprof untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.24176/JPI.V1I1.6061
Putri, A. E. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(2), 533-540. http://dx.doi.org/10.24815/jimps.v9i2.30523
Putri, D. N. S., Islamiah, F., Andini, T., & Marini, A. (2022). Analisis pengaruh pembelajaran menggunakan media interaktif terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 363-374. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i2.4290
Quraisy, A. (2020). Normalitas data menggunakan uji kolmogorov-smirnov dan saphiro-wilk: studi kasus penghasilan orang tua mahasiswa prodi pendidikan matematika unismuh makassar. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 3(1), 7-11. http://dx.doi.org/10.36339/jhest.v3i1.42
Rahmawati, A., Ismaya, E. A., & Roysa, M. (2020). Implementasi model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media roda putar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Journal on Education, 2(4), 283-296. https://pdfs.semanticscholar.org/397c/b75a357e00f93061ab477836159b53f4875a.pdf
Saputri, R. E., Firmansyah, R., & Silfiya, S. (2024). Pentingnya evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi peserta didik di sekolah dasar. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(8), 21-30. https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i8.2483
Sari, N., Ananda, R., & Fauziddin, M. (2023). Meningkatan Keterampilan Kerjasama Siswa Melalui Model Pemebelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Siswa Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1548-1557. http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1444
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. ALFABETA CV.
Umami, R. R., Utaminingsih, S., & Riswari, L. A. (2024). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbantuan Media ARCA Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 325-333. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.2057
Wardana, R. W., Riswari, L. A., & Kironoratri, L. (2023). Peningkatan hasil belajar siswa dengan model think pair share (tps) berbantuan mystery pics. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 20-24. https://pdfs.semanticscholar.org/a2b1/b83645842f853a3997e45917ff94398c334a.pdf
Widyawati, R. (2023). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada materi IPS di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/52775
Wijaya, R., Vioreza, N., & Marpaung, J. B. (2021). Penggunaan Media Konkret dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 579-587. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1361