PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA RODA SEJARAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Main Article Content

E.U. Masytoh
E.A. Ismaya
L.A. Riswari

Abstract

Minimnya penerapan model dan media pembelajaran yang tepat berkontribusi terhadap kurangnya keterlibatan aktif peserta didik dalam aktivitas pembelajaran. Kondisi tersebut berpengaruh negatif terhadap pemahaman materi oleh peserta didik, sehingga dapat menimbulkan rendahnya tingkat pemahaman belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media roda sejarah kelas IV SD 2 Singocandi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre experimental one group pretest posttest design. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SD 2 Singocandi dengan jumlah 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata skor pretest 45 menjadi posttest 63,82. Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05  diterima dan  ditolak yang menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata yang signifikansi antara hasil pretest dan posttest. Kesimpulan dari hasil penelitian tersebut adalah terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media roda sejarah.


Minimnya penerapan model dan media pembelajaran yang tepat berkontribusi terhadap kurangnya keterlibatan aktif peserta didik dalam aktivitas pembelajaran. Kondisi tersebut berpengaruh negatif terhadap pemahaman materi oleh peserta didik, sehingga dapat menimbulkan rendahnya tingkat pemahaman belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media roda sejarah kelas IV SD 2 Singocandi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre experimental one group pretest posttest design. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SD 2 Singocandi dengan jumlah 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata skor pretest 45 menjadi posttest 63,82. Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05  diterima dan  ditolak yang menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata yang signifikansi antara hasil pretest dan posttest. Kesimpulan dari hasil penelitian tersebut adalah terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media roda sejarah.

Article Details

Section
Articles

References

Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Holistika, 5(2), 104-111. https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.104-111

Amalia, A., Rini, C. P., & Amaliyah, A. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas v dalam pembelajaran ipa di sdn karang tengah 11 kota Tangerang. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(1), 33-44. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i1.4

Ardiyanti, H., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dengan Penerapan Model Stad (Student Team Achievement Division) Berbantuan Media Puzzle. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 29-33. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5191

Radya, W. B., Fajrie, N., & Riswari, L. A. (2023). Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbantuan media monopoli terhadap hasil belajar IPS kelas V SD 3 Padurenan. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(2), 93-100. https://doi.org/10.21067/jppi.v17i2.9061

Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan media pembelajaran video animasi en-alter sources berbasis aplikasi powtoon materi sumber energi alternatif sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530-2540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229

Fatimah, W., Iskandar, A. M., Abustang, P. B., & Rosarti, M. S. (2022). Media pembelajaran audio visual pengaruhnya terhadap hasil belajar IPS masa pandemi. Jurnal Basicedu, 6(6), 9324-9332. http://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3287

Fauzi, A., & Masrupah, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Ngaos: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 10-20. https://doi.org/10.59373/ngaos.v2i1.7

Fauzi, M. R., Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2023). Penerapan Model Jigsaw Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 189-196. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1538

Gustianingrum, R. A., & Gustianingrum, K. (2021). Analisis kesalahan siswa berdasarkan objek matematika menurut soedjadi pada materi determinan dan invers matriks. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 235-244. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.657

Harefa, D. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Talking CHIPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 83-99. https://doi.org/10.57094/tunas.v4i1.1011

Marlita, I. N., Masfuah, S., & Riswari, L. A. (2023). Peningkatan hasil belajar IPAS melalui model pembelajaran TGT berbasis media FTB. Al-Madrasah: Jurnal ilmiah pendidikan madrasah ibtidaiyah, 7(4), 1646-1660. https://www.jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-madrasah/article/viewFile/2683/1202

Mulyadi, D. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4537-4543. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1048

Syahrina, S. N. (2021). Pengaruh media lapbook pada pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 101899 Lubuk Pakam. Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat, 44-52. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jies/article/view/327/276

Nihayati, I., Ismaya, E. A., & Oktavianti, I. (2021). Pendidikan Karakter Disiplin Pada Santri Pondok Pesantren Slaf Terpadu Bahjatur Roghibiin Kudus. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2395-2402. https://media.neliti.com/media/publications/469217-none-db68733a.pdf

Nisa, S. K., Pratiwi, I. A., & Ismaya, E. A. (2020). Penerapan Model Group Investigation Berbantuan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(2), 211-224. https://doi.org/10.31849/lectura.v11i2.4722

Nugraheni, S. V., Ismaya, E. A., & Rondli, W. S. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Masalah Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas III SDN Bintoro 16 Demak. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3657-3665. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1218

Nurhayati, N., Egok, A. S., & Aswarliansyah, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9118-9126. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3430

Lestari, P., Pratiwi, I. A., & Purbasari, I. (2023). Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Media Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema 9 Kelas V SDN 1 DORANG. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 2161-2175. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1559

Putra, P. A., Ismaya, E. A., & Ahsin, M. N. (2021). Penerapan Model Teams Games Tournament Berbantuan Media Pemprof untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.24176/JPI.V1I1.6061

Putri, A. E. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(2), 533-540. http://dx.doi.org/10.24815/jimps.v9i2.30523

Putri, D. N. S., Islamiah, F., Andini, T., & Marini, A. (2022). Analisis pengaruh pembelajaran menggunakan media interaktif terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 363-374. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i2.4290

Quraisy, A. (2020). Normalitas data menggunakan uji kolmogorov-smirnov dan saphiro-wilk: studi kasus penghasilan orang tua mahasiswa prodi pendidikan matematika unismuh makassar. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 3(1), 7-11. http://dx.doi.org/10.36339/jhest.v3i1.42

Rahmawati, A., Ismaya, E. A., & Roysa, M. (2020). Implementasi model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media roda putar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Journal on Education, 2(4), 283-296. https://pdfs.semanticscholar.org/397c/b75a357e00f93061ab477836159b53f4875a.pdf

Saputri, R. E., Firmansyah, R., & Silfiya, S. (2024). Pentingnya evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi peserta didik di sekolah dasar. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(8), 21-30. https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i8.2483

Sari, N., Ananda, R., & Fauziddin, M. (2023). Meningkatan Keterampilan Kerjasama Siswa Melalui Model Pemebelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Siswa Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1548-1557. http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1444

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. ALFABETA CV.

Umami, R. R., Utaminingsih, S., & Riswari, L. A. (2024). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbantuan Media ARCA Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 325-333. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.2057

Wardana, R. W., Riswari, L. A., & Kironoratri, L. (2023). Peningkatan hasil belajar siswa dengan model think pair share (tps) berbantuan mystery pics. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 20-24. https://pdfs.semanticscholar.org/a2b1/b83645842f853a3997e45917ff94398c334a.pdf

Widyawati, R. (2023). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada materi IPS di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/52775

Wijaya, R., Vioreza, N., & Marpaung, J. B. (2021). Penggunaan Media Konkret dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 579-587. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1361