PENGEMBANGAN INSTRUMEN KECERDASAN NATURALIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Main Article Content

I.P. Harysmantara
I.B.P. Arnyana
I.G. Astawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan mendeskripsikan validitas dan reliabilitas instrumen kecerdasan naturalis pada pelajaran IPA siswa kelas IV SD. (2) mengetahui dan mendeskripsikan validitas dan reliabilitas instrumen kemampuan berpikir kritis pada pelajaran IPA siswa kelas IV SD . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Djemari Mardapi. Pengembangannya terdiri dari sembilan tahap yaitu 1) menyusun spesifikasi tes (2) menulis soal tes (3) menelaah soal tes (4) melakukan uji coba tes (5) menganalisis butir soal tes (6) memperbaiki tes (7) merakit tes (8) melaksanakan tes (9) Menafsirkan hasil tes. Namun pada penelitian ini hanya terdiri 7 tahapan yang dilakukan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk kuesioner dan esai. Adapun metode analisis data pada penelitian ini yaitu validitas isi dan reliabilitas expert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Instrumen kecerdasan naturalis yang dikembangkan memenuhi syarat validitas isi dengan nilai 1.00 dengan kategori sangat baik dan sangat layak digunakan, (2) Instrumen kecerdasan naturalis yang dikembangkan memenuhi syarat reliabilitas expert isi dengan nilai 0,975 dengan kategori sangat baik sehingga layak digunakan dalam pembelajaran, (3) Instrumen kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan memenuhi syarat validitas isi dengan nilai 1.00 dengan kategori sangat baik dan sangat layak digunakan, (4) Instrumen kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan memenuhi syarat reliabilitas expert isi dengan nilai 0,689 dengan kategori baik sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

Article Details

Section
Articles

References

Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94–99.
Arifin, Z., & Latifah, P. (2009). Evaluasi pembelajaran: prinsip, teknik, prosedur: standar penilaian menurut BSNP, model evaluasi, instrumen evaluasi, penilaian berbasis kelas, penilaian portofolio, analisis kualitas tes refleksi pelaksanaan evaluasi. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Astiwi, K. P. T., Antara, P. A., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 459–467.
Azwar, S. (2013). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya.
Fitria, Y. (2018). Landasan Pembelajaran Sains Terintegrasi (Terpadu) untuk Level Dasar.
Gardner, H. (2003). Multiple Intelligences: kecerdasan majemuk teori dalam praktek. Batam: Interaksara.
Ismail, A. (2018). Anak Usia Dini Di Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 9(1), 16–29.
Lawshe, C. H. (1975). A quantitative approach to content validity. Personnel Psychology, 28(4), 563–575.
Lestari, Y. (2018). Penanaman nilai peduli lingkungan dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2).
Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.
Prabowo, A., Kusdinar, U., & Rahmawati, U. (2018). Pelatihan pengembangan instrumen tes mata pelajaran matematika SMP. International Journal of Community Service Learning, 2(3), 141–148.
Pramana, I. M. M., Sujana, I. W., & Wiyasa, I. K. N. (2019). Kontribusi kecerdasan naturalis dan sikap peduli sosial terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD. Media Komunikasi FPIPS, 18(2), 97–107.
Setiawan, H., & Sa’dijah, C. (2017). Pengembangan instrumen asesmen autentik kompetensi pada ranah keterampilan untuk pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 874–882.
Sugiyono, D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.
Wangsa, G. N. A. S., Dantes, N., & Pramana, I. M. M., Sujana, I. W., & Wiyasa, I. K. N. (2019). Kontribusi kecerdasan naturalis dan sikap peduli sosial terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD. Media Komunikasi FPIPS, 18(2), 97–107.
Suastra, I. W. (2021). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Gugus IV Kecamatan Gerokgak. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 139–150.
Widoyoko, E. P. (2016). Teknik teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wijayanti, D., & Widayanti, E. (2019). Identifikasi Tingkat Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Melalui Soal Open Ended. Pi: Mathematics Education Journal, 2(1), 34–39.
Yunisari, D., & Amri, A. (2016). Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak Di Sentra Bahan Alam Pada Paud Terpadu Dharma Wanita Kota Jantho Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(3).