PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS LIVEWORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA SUMBER ENERGI KELAS IV SD

Main Article Content

K.L.S. Utami
I.W. Suastra
N.K. Suarni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun E-LKPD berbasis liveworksheet dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritris pada pembelajaran IPA tema Sumber Energi kelas IV SD serta teruji validitas, kepraktisan dan efektifitasnya. Desain penelitian ini menggunakan model
pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 fase, yaitu analyze, design, developmen, implementation dan evaluation. Validasi dilakukan oleh dua dosen ahli, 3 guru kelas IV dan 60 siswa kelas IV untuk uji coba lapangan. Data dikumpulkan dengan metode kuisioner dan tes. Jenis kuesioner yaitu kuesioner validitas dan kuesioner kepraktisan. Instrumen tes yang digunakan berupa tes objektif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis validitas dan realibilitas instrument, analisis kepraktisan E-LKPD dan analisis efektifitas E-LKPD. Hasil penelitian pada instrumen pertama yaitu pengembangan E-LKPD dengan instrumen sebanyak 20 butir soal yang valid. Selanjutnya dilakukan analisis uji validitas isi untuk instrumen kemampuan berpikir kritis IPA pada 60 siswa kelas IV SD. E-LKPD berbasis liveworksheet yang dikembangkan secara umum terkategori sangat valid dengan skor rata-rata 3,75. Uji reliabilitas pada instrument yaitu r = 0,876 (tinggi). Kepraktisan E-LKPD menunjukan hasil yang praktis dan efektif. Efektivitas E-LKPD dilakukan 60 siswa menggunakan desain penelitian pretest dan posttest. Uji t –test 60 siswa kelas IVA dan IVB menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai sebelum perlakuan kelas IVA sebesar 27,50 dan IVB sebesar 16,17  dengan rata-rata nilai sesudah perlakuan. Sebagai pembanding pretest dan posttest menggunakan KKM sekolah untuk mata pelajaran IPA yaitu 65.

Article Details

Section
Articles

References

Adilla, T. N., Silitonga, F. S., & Ramdhani, E. P. (2019). Pengembangan Electronic Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Berbasis Guined Inquiry Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal FMIPA Universitas Maritim Raja Ali Haji. http://repositori.umrah.ac.id/1953/.
Akbar, T. N. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Berorientasi Guided Inquiry pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V SDN Kebonsari 3 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(6), 1120–1126. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i6.6456
Annisa, A. R., Putra, A. P., & Dharmono, D. (2020). Kepraktisan Media Pembelajaran Daya Antibakteri Ekstrak Buah Sawo Berbasis Macromedia Flash. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 72–80. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v11i1.8204
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi II. Bumi Aksara.
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. PT RajaGrafindo Persada.
Augustha, A., Susilawati, S., & Haryati, S. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Discovery Learning Menggunakan Aplikasi Adobe Acrobat 11 Pro Extended Pada Materi Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Garam Untuk Kelas Xi SMA/MA Sederajat. Journal of Research and Education Chemistry, 3(1), 28–42. https://doi.org/10.25299/jrec.2021.vol3(1).6485
Dachi, F. A., & Perdana, D. N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Dididk (LKPD) dengan Menggunakan Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) untuk Meningkatkan Efikasi Diri pada Siswa Kelas XI Busana SMK Negeri 6 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika Ekasakti, 1(1), 40–50. https://doi.org/https://doi.org/10.31933/jangka.v1i1.177
Depdiknas. (2009). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.
Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170–176. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19597
Febriyanti, C., & Irawan, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Pembelajaran Matematika Realistik. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 31–41.
Hidayah, A. N., Winingsih, P. H., & Amalia, A. F. (2020). Development Of Physics E-LKPD (Electronic Worksheets) Using 3D Pageflip Based on Problem Based Learning on Balancing And Rotation Dynamics. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 7(2), 36–43. https://doi.org/doi.org/10.30738/cjipf.v7i2.9091
Julian, R., & Suparman. (2019). Analisis Kebutuhan E-LKPD untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah. Proceedings Of The 1st Steeem 2019, 1(1), 238–243. http://seminar.uad.ac.id/index.php/STEEEM/article/view/2802
Kaleiloglu, F., & Gulbahar, Y. (2014). The Effect of Instructional Techniques on Critical Thinking Disposition in Online Discussion. Educational Technology & Society, 17(1), 248–258. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193
Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Universitas Muhammadiyah Gresik, 6(1).
Kholifahtus, Y. F., Agustiningsih, A., & ... (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-Lkpd) Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots). EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 143–151. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p143-151
Khotimah, R. P., & Sari, M. C. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Menggunakan Konteks Lingkungan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 761–775. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2909
Lestari, D. D., & Muchlis. (2021). E-LKPD Berorientasi Contextual Teaching And Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 25–33. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987
Mardiansyah, Syaiful M, M. B. (2017). Pengaruh Media Presentasi Prezi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah. PESAGI (Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Sejarah), 5(2). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/11970/pdf_193.
Noprinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 168–176. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4342
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 894–908. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3172
Rokhayani, D., Kuswandi, D., & Abidin, Z. (2019). Multimedia Interaktif Melalui Gamifikasi Kelas X Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 102–108.
Saputra, H. (2016). Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). SMILE’s Publishing, 1, 170–176.
Sinatra, Y. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Pokok Bahasan Energi dan Perubahannya. Jurnal Teknik, 2(1), 5–20. https://doi.org/doi.org/10.0001/21
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. PT Bumi Aksara.
Via Aksari, Widodo Budhi, D. H. (2021). Pengembangan E-LKPD fisika berbasis inkuiri terbimbing pada materi gerak lurus untuk peserta didik Kelas X SMA. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 8(1), 43–52. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v8i1.20210
Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet pada Materi PPKn. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 132–141. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.53176
Yaden, Z. (2017). A Development of Students’ Worksheet Based on Contextual Teaching and Learning. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 16(6), 64–79.
Yudasmara, G. A., & Purnami, D. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interakif Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 48(1–3), 1–8. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v48i1-3.6923
Zahroh, D. A., & Yuliani. (2021). Pengembangan E-LKPD berbasis literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan. BioEdu, 10(3), 605–616. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p605-616