PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERKEARIFAN LOKAL BALI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI BUDAYA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Main Article Content

I.K. Budiarsa
I.N. Sudiana
I.B.P. Arnyana

Abstract

Buku bacaan anak sekolah dasar masih kurang memenuhi adanya unsur kemampuan literasi budaya. Penenlitian ini bertujuan mengetahui validitas, kepraktisan, dan  efektivitas buku cerita berkearifan lokal Bali untuk meningkatkan kemampuan literasi budaya siswa kelas II Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengembangan dengan rancangan model ADDIE.  Menghasilkan buku cerita yang berjudul “I Siap Selem” sebagai budaya lokal yang terkait dengan subtema hewan di sekitarku. Metode penelitian dengan rancangan penelitian ini menggunakaan model pengembangan ADDIE (Analize, Design, Development, Implementation, Evaluation). Validitas diukur menggunakan uji ahli yang meliputi ahli media dan materi. Kepraktisan buku dinilai oleh 2 orang guru dan 4 siswa. Keefetifan melalui tes hasil belajar diberikan kepada 30 siswa kelas II. Data yang telah terkumpul kemudian dikonversi menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) rata-rata keseluruhan hasil uji validasi mencapai 95,56% dan berada pada interval 81%-100% termasuk dalam kriteria sangat valid; 2) rata-rata keseluruhan uji kepraktisan mencapai 86,25% dan berada pada interval 81%-100% termasuk kriteria sangat praktis; 3) uji keefektifan berdasarkan ketuntasan belajar mencapai 86,67% dan rata-rata hasil belajar 7,70 dapat dinyatakan efektif.  Simpulannya bahwa buku cerita “I Siap Selem” dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk pembelajaran serta layak untuk dikembangkan.

Article Details

Section
Articles

References

Ainia, D. K. (2020). “Merdeka belajar dalam pandangan ki hadjar dewantara dan relevansinya bagi pengembangan pendidikan karakter.” Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.
Amril, R., & Pransiska, R. (2021). Analisis buku cerita bergambar “bee series” sebagai media dalam penanaman nilai-nilai karakter pada anak. Jurnal Golden Age, 5(02), 175–184. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3488
Bintari, N. L. G. R. P., Sudiana, I. N., & Putrayasa, I. B. (2014). Pembelajaran bahasa indonesia berdasarkan pendekatan saintifik ( problem based learning ) sesuai kurikulum 2013 di kelas vii smp negeri 2 amlapura. E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–10.
Dharma, I. M. A. (2019). Pengembangan buku cerita anak bergambar dengan insersi budaya lokal bali terhadap minat baca dan sikap siswa kelas v sd kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 53–63. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321
Hidayah, A. (2017). Pengembangan model til (the information literacy) tipe the big6 dalam proses pembelajaran sebagai upaya menumbuhkan budaya literasi di sekolah. Pena, 4(1), 623–635.
Perdana, I. W. D. P. D. (2021). Analisis unsur intrinsik dalam cerpen “ngalap sarin natah” karya I made suartana cerpen mebasa bali bulan bahasa bali 2020. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 8(1), 42. https://doi.org/10.23887/jpbb.v8i1.40837
Pratiwi, N. L. M. T. (2017). Pengembangan buku cerita anak dengan menginsersi budaya lokal dalam tema kegemaranku untuk kelas I sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 38–47.
Pratiwi, N. P. S., & Arnyana, I. B. P. (2021). Pengembangan buku cerita anak dengan menginsersi nilai-nilai utama penguatan pendidikan karakter (ppk) dalam tema hidup bersih dan sehat untuk siswa kelas 2 sd. 5(2), 214–222. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.291
Pratiwi, P. A. (2021). Pengembangan buku ajar ipa terpadu smp berbantuan komik dengan tema ” aku bernapas ”. 4(April), 13–23.
Rizqi, A. M., Parmin, & Nurhayati, S. (2013). Pengembangan modul ipa terpadu berkarakter tema pemanasan global untuk siswa smp/mts. USEJ - Unnes Science Education Journal, 2(1), 203–208. https://doi.org/10.15294/usej.v2i1.1824
Rizqiyani, R., & Azizah, N. (2018). Kemampuan Bercerita Anak Prasekolah (5-6 tahun). PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(2), 116. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i2.6362
Rohim, C. D., & Rahmawati, S. (2020). Peran literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar. Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 2.
Sari, N. L. I. P. (2020). Unsur intrinsik dan kohesi gramatikal referensi (pengacuan) perbandingan dalam cerpen “corek mores” I g.g. djelantik santha. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 7(2), 51. https://doi.org/10.23887/jpbb.v7i2.28079
Suja, I. W. (2017). Integrasi Kearifan Lokal Ke Dalam Kurikulum Ilmu Alamiah Dasar. Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 11(1), 77–93.
Sumiati, N. K., & Tirtayani, L. A. (2021). Pemanfaatan buku cerita bergambar digital berbasis audio visual terhadap stimulasi kemampuan empati anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 220. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35514
Yusuf, R., Sanusi, Razali, Maimun, Putra, I., & Fajri, I. (2020). Tinjauan literasi budaya dan kewargaan siswa sma se-kota banda aceh. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 91–99.