https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/issue/feed PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 2025-05-29T17:53:31+08:00 Ketut Erna Muliastrini ernaketut323@yahoo.com Open Journal Systems <h2>PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia</h2> <p align="justify">PENDASI; Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan dasar bagi masyarakat akademik. Jurnal ini terbit 2 kali setahun yaitu bulan <strong>Februari</strong> dan<strong> Agustus</strong>.</p> <p align="justify">Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia telah menjadi anggota CrossRef dengan DOI: 10.23887/jurnal_pendas sehingga semua artikel yang diterbitkan oleh Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia memiliki nomor DOI yang unik. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia terbit pertama kali pada tahun 2017 dan terbit rutin dua kali dalam setahun sejak tahun 2017 hingga sekarang. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia diakreditasi oleh Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains dan Teknologi, Direktorat Jenderal Riset dan Pengembangan yang menduduki peringkat Ke Empat (Peringkat 4, Sinta 4) dari Volume 8, Nomor 1 Tahun 2024 berdasarkan tentang <a href="https://drive.google.com/file/d/1rpco2E7t35hbFRVB52fUpLefvlpl2xxy/view?usp=sharing">Surat Keputusan Nomor 0173/C3/DT.05.00/2025 tentang Pemberitahuan Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I Tahun 2025</a>.</p> <p align="justify">Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia dari &nbsp;tahun 2021 menerbitkan artikel dari edisi Vol 5 No 1 pada OJS 3, hal ini dikarenakan adanya error sistem pada OJS 2 sehingga jurnal di pindahkan ke OJS 3 dengan sistem Cut-Off System. Untuk melihat publikasi Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia Tahun 2017-2020 &gt;&gt; <a href="https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/issue/archive">Klik Disini</a></p> <p align="justify">p-ISSN :&nbsp;<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1512958427" target="_blank" rel="noopener">2613-9545</a>&nbsp;(Print) and e-ISSN :&nbsp;<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1511952037">2613-9553</a>&nbsp;(Online)</p> https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/4592 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN SISWA SEKOLAH DASAR 2025-05-15T10:25:41+08:00 E.A. Putri ellenaaurellia@gmail.com F. Yuanta www.friendha@gmail.com H. Setiyawan heri.setiyawan.fbs@uwks.ac.id <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang menarik perhatian siswa dan kesulitan siswa memahami materi dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis <em>Canva</em>, mengetahui kevalidan, dan keefektifan media tersebut bagi siswa kelas III SDN Tembok Dukuh IV/86 Surabaya. Penelitian menggunakan metode <em>Research and Development</em> (R&amp;D) dengan model ADDIE, yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar validasi, angket respons siswa, dan tes berupa <em>pretest</em> dan <em>post-test</em>. Teknik analisis data yang digunakan mencakup analisis persentase untuk lembar validasi dan angket respons siswa, serta uji statistik <em>Bivariate Pearson Product Correlation</em> untuk <em>pretest</em> dan <em>post-test</em> dengan bantuan IBM SPSS <em>Statistics</em> 26. Validasi oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan hasil sebesar 97,5%, sementara hasil angket respons siswa mencapai 91,1%. Hasil uji pretest dan post-test menunjukkan peningkatan pemahaman sebesar 15,8%. Peningkatan ini diperkuat dengan hasil uji statistik, yang menunjukkan hubungan signifikan antara penggunaan media dan peningkatan pemahaman siswa, dengan nilai r hitung = 0,992 yang lebih besar daripada r tabel = 0,515. Maka, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi berbasis <em>Canva </em>dinyatakan valid dan efektif untuk digunakan.</p> 2025-03-17T10:23:52+08:00 Copyright (c) 2025 PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/4683 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME BASED LEARNING BAAMBOOZLE PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA SEKOLAH DASAR 2025-05-15T10:25:44+08:00 S.R. Aulia salwaaara118@gmail.com D.E. Pratiwi desipratiwi_fbs@uwks.ac.id N. Desiningrum noviana10@uwks.ac.id <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS serta belum diterapkannya media pembelajaran berbasis teknologi di kelas V-B SDN Tembok Dukuh IV Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis <em>game-based learning baamboozle</em>, mengetahui kevalidan dan keefektifan media tersebut bagi siswa kelas V-B SDN Tembok Dukuh IV Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&amp;D (<em>Research </em>&amp;<em> Development</em>) dengan model ADDIE, yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, agket, tes, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan yakni analisis kelayakan dan analisis hasil belajar. Validasi oleh ahli media menunjukkan hasil sebesar 98%, validasi oleh ahli materi sebesar 94% sementara hasil angket respon siswa mencapai 89,75%. Hasil uji coba menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan sebesar 44,3% pada pemahaman berdasarkan analisis data <em>pre-test</em> dan <em>post test</em>, yang dibuktikan melalui analisis hasil belajar. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran <em>game-based learning baamboozle</em> sangat layak untuk digunakan.</p> 2025-03-17T10:43:26+08:00 Copyright (c) 2025 PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/4605 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR 2025-05-15T10:25:46+08:00 P.R. Landaini rerikalp21@gmail.com P.D. Eka desipratiwi_fbs@uwks.ac.id L.D. Age diyas_larasati@uwks.ac.id <p>Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (<em>Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation</em>). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran <em>Wordwall</em>, mengetahui kevalidan, dan mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika. Subjek penelitian terdiri atas kelas V-C SDN Dukuh Kupang V Surabaya yang berjumlah 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, validasi ahli media dan ahli materi, <em>pre-test</em> dan <em>post-test</em>, dan hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan hasil validasi oleh para ahli dan hasil belajar peserta didik. Pengembangan media pembelajaran <em>Wordwall</em> dirancang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik melalui wawancara dengan guru kelas V-C SDN Dukuh Kupang V Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran <em>Wordwall</em> dinyatakan valid/layak digunakan berdasarkan uji validitas oleh ahli media menghasilkan 100% dengan kategori “Layak (tidak perlu revisi)” dan uji validitas oleh ahli materi menghasilkan 91% dengan kategori “Layak (tidak perlu revisi)”. Respons peserta didik menghasilkan 96% dengan katergori “Layak (tidak perlu direvisi)”, sehingga kualitas media pembelajaran <em>Wordwall</em> materi luas bangun datar layak untuk digunakan pada pembelajaran di kelas. Hasil analisis nilai N-Gain menunjukkan hasil sebesar 0,705 dengan kategori “Tinggi”, sehingga media pembelajaran <em>Wordwall </em>dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.</p> 2025-03-17T10:45:17+08:00 Copyright (c) 2025 PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/4832 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARCS BERBASIS PENDEKATAN ETNOSAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS 2025-05-29T17:53:31+08:00 S.M. Telaumbanua marhamahtel2003@gmail.com I.F.U. Manurung imeldafreeunitamanurung@gmail.com Zaiduddin M zmuchtar@unimed.ac.id A.P. Sirait albertpaulis@gmail.com W.M. Siregar waliyulms@unimed.ac.id <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran ARCS (<em>Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction</em>) berbantuan etnosains terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata Pelajaran IPAS materi sistem pencernaan manusia di SD Negeri 060858 Medan tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini, menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen bentuk <em>quasi experimental design.</em> Desain quasi eksperimen yang diterapkan yaitu <em>nonequivalent control group design</em>. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 060858 Medan, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas V A yang berjumlah 20 siswa sebagai kelompok eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran ARCS berbasis pendekatan etnosains dan kelas V B yang berjumlah 20 siswa sebagai kelompok kontrol dengan menerapkan model konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar wawancara, lembar observasi guru dan siswa, tes essay dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji statistik berupa uji <em>Independent Sample T-Test</em> dengan menggunakan SPSS 30. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran ARCS berbantuan etnosains lebih tinggi dibandingkan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model konvensional. Pada uji Independent Sample T-Test menunjukkan Sig. (2-tailed) &lt; 0,05 yaitu 0,001 &lt; 0,05 artinya Ha diterima dan H<sub>o</sub> ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran ARCS berbasis pendekatan etnosains terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS materi sistem pencernaan manusia kelas V SD Negeri 060858 Medan T.A 2024/2025.</p> 2025-05-14T17:34:59+08:00 Copyright (c) 2025 PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/4864 PENGEMBANGAN MEDIA UTALA (ULAR TANGGA PANCASILA) BERMUATAN KEARIFAN LOKAL JEGOG UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR 2025-05-15T10:25:52+08:00 N.P.C. Hiranmayena candrahiran81@gmail.com I.W. Suastra iwsuastra@undiksha.ac.id N.K. Suarni niketut.suarni@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran UTALA (Ular Tangga Pancasila) bermuatan kearifan lokal Jegog untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pendidikan Pancasila siswa kelas IV Sekolah Dasar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (<em>Research and Development</em>) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa kuesioner dan tes prestasi belajar. Data validitas media bersumber dari ahli media pembelajaran,dan ahli materi pembelajaran Pendidikan Pancasila SD. Data kepraktisan media bersumber dari 5 praktisi pembelajaran di sekolah dasar, dan siswa kelas IV SD. Pengujian efektivitas dilakukan dengan menggunakan desain <em>one group pretest-posttest</em> yang melibatkan 28 orang siswa kelas IV. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media UTALA (Ular Tangga Pancasila) bermuatan kearifan lokal Jegog untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SD dinyatakan bahwa (1) media UTALA (Ular Tangga Pancasila) bermuatan kearifan lokal Jegog valid ditinjau dari aspek media pembelajaran, dan materi pembelajaran Pendidikan Pancasila SD; (2) media UTALA (Ular Tangga Pancasila) bermuatan kearifan lokal Jegog praktis ditinjau dari perspektif praktisi (guru) dan peserta didik; (3) media UTALA (Ular Tangga Pancasila) bermuatan kearifan lokal Jegog efektif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa UTALA (Ular Tangga Pancasila) bermuatan kearifan lokal Jegog untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pendidikan Pancasila siswa kelas IV Sekolah Dasar yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.</p> 2025-05-14T17:40:32+08:00 Copyright (c) 2025 PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/4871 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HEURISTIK VEE BERBANTUAN MEDIA GRAFIS DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA 2025-05-19T09:58:43+08:00 D.K. Siregar dkarinasiregar772@gmail.com I.F.U. Manurung imeldafreeunitamanurung@gmail.com Zainuddin M zmuchtar@unimed.ac.id F. Rozi rozipgsd2015@gmail.com T.W. Purnomo twahyu@unimed.ac.id <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran <em>Heuristik Vee</em> berbantuan media Grafis Digital terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi Cahaya dan Sifatnya di SD Negeri 106163 Bandar Klippa tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen bentuk <em>quasi experimental design.</em>Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 106163 Bandar Klippa, yang memiliki 2 kelas yaitu kelas V-A yang berjumlah 20 siswa sebagai kelompok eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran <em>Heuristik Vee berbantuan media Grafis Digital</em> dan Kelas V-B yang berjumlah 20 siswa sebagai kelompok kontrol dengan menerapkan model pembelajaran <em>Heuristik Vee</em> tanpa berbantuan media Grafis Digital. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar wawancara, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, tes esai, dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan <em>Independent Sample T-</em>Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran <em>Heuristik Vee</em> berbantuan media Grafis Digital lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran <em>Heuristik Vee</em> tanpa berbantuan media Grafis Digital. Pada uji <em>Independent Sample T-Test</em> menunjukkan Sig. (2-tailed) &lt; 0,05 yaitu &lt; 0,001 dan 0,002 yang artinya Ha diterima dan H<sub>o</sub> ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran <em>Heuristik Vee </em>berbantuan media Grafis Digital terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi Cahaya dan Sifatnya kelas V SD Negeri 106163 Bandar Klippa T.A 2024/2025.</p> 2025-05-19T09:58:41+08:00 Copyright (c) 2025 PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/4938 PEMANFAATAN DIGITAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN 2025-05-19T10:09:08+08:00 S.N. Andani silvianovita916@gmail.com E.U. Hanik elyaumi@iainkudus.ac.id S.L. Ifana Ifanalukluatul@gmail.com Raras Kusumastuti raraskusumastuti889@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan digital learning di SD Nasima Semarang, sebuah sekolah internasional yang aktif mengintegrasikan teknologi dalam pembelajarannya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi non-partisipatif, wawancara semi terstruktur dengan guru dan siswa, serta studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Nasima Semarang secara aktif dan inovatif memanfaatkan berbagai platform digital seperti kanal YouTube SD Nasima, E-Library, SIANASIMA, dan Microsoft Office 365 untuk mendukung pembelajaran, penilaian, dan pengelolaan akademik. Pemanfaatan ini meningkatkan semangat belajar siswa, literasi teknologi, personalisasi pembelajaran, akses sumber belajar, dan keterampilan abad ke-21. Meskipun demikian, penelitian juga mengidentifikasi tantangan terkait infrastruktur, kemampuan guru, keamanan data, dan kesenjangan digital. Penelitian ini menyimpulkan bahwa digital learning memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, namun memerlukan pengembangan model inovatif, peningkatan kemampuan guru, penguatan infrastruktur, dan pengembangan sumber belajar digital yang berkelanjutan.</p> 2025-05-19T10:09:07+08:00 Copyright (c) 2025 PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia