https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/issue/feedPENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia2024-08-26T12:29:19+08:00Ketut Erna Muliastriniernaketut323@yahoo.comOpen Journal Systems<h2>PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia</h2> <p align="justify">PENDASI; Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan dasar bagi masyarakat akademik. Jurnal ini terbit 2 kali setahun.</p> <p align="justify">Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia telah menjadi anggota CrossRef dengan DOI: 10.23887/jurnal_pendas sehingga semua artikel yang diterbitkan oleh Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia memiliki nomor DOI yang unik. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia terbit pertama kali pada tahun 2017 dan terbit rutin dua kali dalam setahun sejak tahun 2017 hingga sekarang. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia diakreditasi oleh Kementerian Riset, Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (RISTEKBRIN), Republik Indonesia yang menduduki peringkat Ke Enam (Peringkat 5, Sinta 5) dari Volume 2, Nomor 1 Tahun 2018 berdasarkan tentang Surat Keputusan Nomor 30/E/KPT/2019 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode VI 2019, 11 November 2019.</p> <p align="justify">Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia dari tahun 2021 menerbitkan artikel dari edisi Vol 5 No 1 pada OJS 3, hal ini dikarenakan adanya error sistem pada OJS 2 sehingga jurnal di pindahkan ke OJS 3 dengan sistem Cut-Off System. Untuk melihat publikasi Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia Tahun 2017-2020 >> <a href="https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/issue/archive">Klik Disini</a></p> <p align="justify">p-ISSN : <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1512958427" target="_blank" rel="noopener">2613-9545</a> (Print) and e-ISSN : <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1511952037">2613-9553</a> (Online)</p>https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2732PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PAI BERBASIS VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MURID MI2024-08-26T12:29:19+08:00K. Holiskhoirulholis12@gmail.comA. Silviasevisilvia97@gmail.comRahmawatirahmawati042@gmail.com<p>Penelitian ini membahas pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis video di tingkat madrasah ibtidaiyah, dengan fokus pada topik Wali Songo dalam buku ajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil pengembangan bahan ajar PAI dalam meningkatkan pemahaman murid MI melalui video pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan analisis kebutuhan, perencanaan, produksi, validasi oleh ahli bahan ajar dan ahli materi, serta uji coba di lapangan. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran efektif untuk meningkatkan pemahaman murid terhadap materi PAI. Validasi oleh ahli bahan ajar dan ahli materi menunjukkan kualitas materi pembelajaran yang baik dalam hal sistematika, keruntutan materi, keakuratan konsep, dan keterkaitan dengan perkembangan ilmu. Uji coba di kelas VI MI Miftahul Hidayah menunjukkan respon positif dari murid dengan hasil rata-rata skor 84% masuk pada kriteria sangat paham. Penggunaan video pembelajaran juga menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih terfokus dan tertib. Dalam kesimpulannya, pengembangan bahan ajar PAI berbasis video memberikan kontribusi positif terhadap pembelajaran di MI Miftahul Hidayah, menunjukkan bahwa strategi ini efektif dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di tingkat dasar.</p>2024-03-06T11:40:21+08:00Copyright (c) 2024 PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesiahttps://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2736PENGEMBANGAN BUKU CERITA DIGITAL BERMUATAN TRI HITA KARANA PADA SUBTEMA GLOBALISASI DI SEKITARKU2024-08-26T12:29:11+08:00I.W. Paingsekolahdasarnegeri1bunutan@gmail.comI.G. Margunayasaigede.margunayasa@undiksha.ac.idI.B.P. Arnyanaputu.arnyana@undiksha.ac.id<p>Produk berupa buku cerita digital bermuatan Tri Hita Karana yang valid, praktis, dan efektif bagi siswa kelas VI Sekolah Dasar (SD) adalah tujuan dari penelitian ini. Subjek penelitian meliputi enam orang ahli yang terdiri atas masing-masing dua orang ahli media, ahli bahasa, ahli materi. Sebanyak delapan orang guru serta 10 orang siswa untuk menguji kepraktisan produk, dan 30 orang siswa untuk mengukur efektivitas produk yang dikembangkan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan, dengan rancangan model ADDIE. Instrumen yang dikembangkan dalam penelitian ini dianalisis memakai rumus Gregory dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Penelitian ini berhasil mengembangkan produk berupa buku cerita digital bermuatan Tri Hita Karana yang berjudul Berlibur di Rumah Bima.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan tes. Karakteristik buku cerita bermuatan Tri Hita Karana menceritakan elemen Tri Hita Karana kehidupan tokoh di kehidupan sehari-hari. Elemen-elemen tersebut meliputi: sikap selalu bersyukur (parhyangan), menghormati sesama manusia (pawongan), dan mengasihi alam dan lingkungan (palemahan). Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasilnya: 1) analisis uji validitas memperoleh rata-rata 4,92, berada pada interval 4,21 ≤ Rv ≤ 5,00. Hasil ini menunjukkan buku cerita digital bermuatan Tri Hita Karana kategorinya sangat valid. 2) kepraktisan buku menunjukkan rerata 3,72, berada di interval 3,50≤ Rk ≤4,00 sehingga kategorinya sangat praktis. (3) pada uji-t, nilai Sig.(2-tailed) <0,05 bernilai signifikan. Kesimpulan penelitian pengembangan ini menghasilkan buku cerita digital bermuatan Tri Hita Karana pada Subtema Globalisasi di Sekitarku kelas VI SD yang sangat valid, sangat praktis, dan efektif.</p>2024-03-06T11:42:46+08:00Copyright (c) 2024 PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesiahttps://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2978BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS TRI HITA KARANA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN YANG LAYAK, PRAKTIS, DAN EFEKTIF2024-08-26T12:29:05+08:00M.A.D.P. Ditaagus.dwi@student.undiksha.ac.idI.W. Lasmawanwayan.lasmawan@undiksha.ac.idI.G. Margunayasaigede.margunayasa@undiksha.ac.id<p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang digunakan sebagai penunjang proses pembelajaran khususnya pada materi hak dan kewajiban di kelas IV yang menyebabkan hasil belajar peserta didik masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media buku cerita bergambar efektif digunakan di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu ahli materi dan media pembelajaran, guru dan juga siswa kelas IV. Metode pengumpulan data yaitu angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data validitas dan kepraktisan, serta analisis efektivitas. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Rancang bangun media dengan menggunakan model ADDIE. (2) Media dinyatakan sangat layak digunakan. (3) Media dinyatakan sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. (4) Media efektif digunakan karena terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan buku cerita bergambar berbasis Tri Hita Karana mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi hak dan kewajikan siswa kelas IV sekolah dasar.</p>2024-03-06T11:44:59+08:00Copyright (c) 2024 PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesiahttps://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3047PENGEMBANGAN E-BOOK BERORIENTASI LITERASI NUMERASI PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT2024-08-26T12:28:58+08:00L.G.E. Apriyantiluhekaapriyanti@gmail.comI.B. Putrayasaib.putrayasa@undiksha.ac.idI.N. Sudiananyoman.sudiana@undiksha.ac.id<p>Latar belakang dari penelitian ini yaitu sumber belajar yang tersedia belum dapat memfasilitasi siswa secara maksimal dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menguji keefektifan produk sebelum dan sesudah digunakannya <em>e-book. </em>Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu ahli isi/materi dan media pembelajaran, guru dan juga siswa kelas IV sekolah dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar kuesioner validitas, lembar kuesioner kepraktisan, dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan <em>paired t test</em> atau <em>uji-t sample dependent</em>. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Rancang bangun media. (2) Media sangat layak digunakan berdasarkan uji validitas. (3) Media sangat praktis digunakan berdasarkan uji kepraktisan. (4) Media efektif digunakan karena media <em>e-book </em>berorientasi literasi numerasi muatan IPA materi perubahan wujud zat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV di sekolah dasar.</p>2024-03-06T11:51:50+08:00Copyright (c) 2024 PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesiahttps://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3127PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM ORGAN MANUSIA2024-08-26T12:28:51+08:00N.P.Y. Lestariniputuyenilestari10@gmail.comI.B.P. Arnyanaputu.arnyana@undiksha.ac.idI.M. Candiasamadecandiasa@undiksha.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar sistem organ manusia pada siswa kelas V SD dan untuk mengembangkan media interaktif yang valid, praktis, dan efektif dengan menggunakan model ADDIE melalui lima tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian <em>LORI (Learning Object Review Instrument) </em>kepada dua dosen ahli media dan dua dosen ahli materi, lembar penilaian <em>UEQ (User Experience Questionnaire)</em> tujuh guru kelas V SD, dan lembar tes hasil belajar kepada tiga puluh siswa kelas V SD. Data hasil validasi dari para ahli kemudian dianalisis secara deskriptif menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor validitas media interaktif berbasis web yaitu 4,6 dengan klasifikasi sangat tinggi dan validitas materi yaitu 4,5 dengan klasifikasi sangat tinggi. Data hasil uji kepraktisan dianalisis menggunakan <em>UEQ (User Experience Questionnaire)</em> dengan hasil sebesar 3,92 dengan klasifikasi <em>excellent</em>. Uji efektifitas dianalisis menggunakan rumus N-Gain memperoleh skor 0,75 dengan kategori efektif. Oleh karena itu, media interaktif berbasis web terbukti valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar sistem organ manusia pada siswa kelas V SD.</p>2024-03-07T00:00:00+08:00Copyright (c) 2024 PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesiahttps://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3107MENINGKATKAN MINAT LITERASI BACA TULIS DENGAN MULTIMEDIA ANIMATION TEXT QUESTION SOUND BERBASIS CERITA RAKYAT NUSANTARA (ANCAK)2024-08-26T12:28:36+08:00L.P.S. Maharaniluhputusetyamaharani@gmail.comI.W. Lasmawanwayan.lasmawan@undiksha.ac.idI.G. Margunayasaigede.margunayasa@undiksha.ac.id<p>Minat literasi baca tulis yang rendah menyebabkan rendahnya ranking Indonesia dalam hal literasi. Hal ini disebabkan kurangnya media literasi yang memadai dan inovasi guru dalam memerhatikan kemampuan literasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan multimedia berbasis cerita rakyat Nusantara yang valid, praktis dan efektif meningkatkan minat literasi baca tulis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (<em>Analys, Design, Development, Implementation, Evaluation.</em> Data penelitian dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, <em>rating scale</em>, dan angket. Data diperoleh dengan memberikan <em>pretest dan posttest </em>pada subjek<em>. </em> Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 8 Banjar Anyar yang berjumlah 32 siswa. Data utama dianalisis dengan metode persentase dan <em>paired sample t-test. </em>Desain penelitian ini adalah <em>one group pretest posttest. </em>Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) cerita rakyat nusantara yang dikemas menjadi sebuah multimedia digital untuk meningkatkan minat literasi baca tulis siswa di kelas III sekolah dasar diproses dengan menggabungkan beberapa objek, seperti gambar, teks, video, grafik, dan musik yang dikemas menjadi sebuah multimedia berupa video, (2) Tingkat validitas isi multimedia berbasis cerita rakyat mendapat hasil rata-rata 96% sehingga dinyatakan validitas isi sangat tinggi. (3) Hasil analisis kepraktisan respons guru dan respons siswa mendapat skor rata-rata 95% sehingga dinyatakan validitas sangat baik, (4) Hasil analisis efektivitas multimedia berbasis cerita rakyat memperoleh hasil 0,00 < 0,05, artinya produk signifikan terhadap peningkatan minat literasi baca tulis siswa kelas III SD Negeri 8 Banjar Anyar setelah belajar menggunakan multimedia berbasis cerita rakyat.</p>2024-03-09T16:16:19+08:00Copyright (c) 2024 PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesiahttps://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3041IMPLEMENTASI POHON ILMU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA2024-08-26T12:28:28+08:00I.G.A. Triwahyuniayutriwahyuni223@gmail.comB.P. Pradnyanaputubenypradnyana380@gmail.comI.W. Numertayasanumertayasawayan@markendya.ac.id<p>Dari hasil observasi menunjukkan siswa kelas 1 SDN 3 Bebalang masih kurang dalam kemampuan literasi. Implementasi pohon ilmu di kelas 1 SDN 3 Bebalang bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan literasi siswa dan membantu guru dalam mengembangkan pemahaman siswa mengenai materi yang diberikan guru melalui implementasi pohon ilmu ini. Metode yang digunakan yaitu metode PALS, penelitian ini merupakan <em>action research classroom</em> yang dilaksanakan hanya 1 siklus. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN 3 Bebalang Kabupaten Bangli. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil menunjukkan implementasi pohon ilmu dapat membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa. Penggunaan pohon ilmu juga membantu siswa dalam melatih dan meningkatkan kemampuan literasinya melalui soal-soal maupun tulisan-tulisan yang di pasang pada pohon ilmu. Respons siswa yang positif dalam penggunaan pohon ilmu, hal ini ditunjukkan melalui proses belajar yang lebih kreatif dan aktif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pohon ilmu adalah gambaran visual yang menunjukkan hubungan antara konsep yang berbeda dalam suatu topik tertentu. Implementasi pohon ilmu ini ditujukan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan literasi siswa dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, maupun memecahkan masalah.</p>2024-03-09T16:57:42+08:00Copyright (c) 2024 PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesiahttps://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3220MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD PADA TOPIK MASA PUBERTAS MELALUI MEDIA POP-UP BOOK 2024-08-26T12:28:21+08:00N.L.G.S. Utamisetyautami22@gmail.comI.B.P. Arnyanaputu.arnyana@pasca.undiksha.ac.idI.M. Candiasacandiasa@undiksha.ac.id<p>Hasil belajar siswa yang rendah disebabkan oleh pembelajaran konvensional dan kurangnya inovasi dalam menyediakan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pop-up-book untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada topik Masa Pubertas Kelas VI SD yang valid, praktis dan efektif. Penelitian pengembangan (R&D) ini menggunakan model ADDIE yaitu: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) Implementation, dan (5) evaluation. Subjek penelitian adalah ahli, praktisi dan siswa kelas VI SD No. 2 Sangeh. Data validitas dan kepraktisan dianalisis dengan melihat persentase, kemudian data uji efektivitas dianalisis dengan rata-rata nilai N-Gain dan uji-t yaitu paired sample test dengan desain penelitian one group pretest-post test. Kajian produk berdasarkan hasil validitas materi memperoleh rata-rata 4,15 dengan kriteria sangat tinggi, valditas media memperoleh rata-rata 4,75 dengan kriteria sangat tinggi, dilanjutkan dengan validator kepraktisan oleh tujuh guru di Gugus I Abiansemal mencapai nilai rata-rata 2,05 dengan kategori excellent. Setelah itu, validator kepraktisan oleh 10 orang siswa SD No. 2 Sangeh mencapai nilai rata-rata 2,19 dengan kategori excellent. Kemudian pengujian untuk efektifitas media pop-up-book untuk meningkatkan hasil belajar siswa dari hasil uji n-Gain yang menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa 0,72 dengan kriteria efektif. Selanjutnya, berdasarkan analisis uji-t menunjuk-kan bahwa thitung>ttabel (27,960 > 2,028) dan nilai probabilitas (p < 0,05) sehingga data pretest dan posttest menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pop-up-book pada topik Masa Pubertas untuk Kelas VI SD terbukti valid, layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.</p>2024-03-09T17:05:20+08:00Copyright (c) 2024 PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesiahttps://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3178MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS MODEL INKUIRI TERBIMBING MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT2024-08-26T12:28:14+08:00I.K.N.D. Yoginandika@undiksha.ac.idI.N. Sudiananyoman.sudiana@undiksha.ac.idI.B. Putrayasaib.putrayasa@undiksha.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran IPAS berbasis model inkuiri terbimbing pada materi perubahan wujud zat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE sebagai langkah yang sistematis dalam proses pengembangan media. Subjek uji coba penelitian adalah ahli isi/materi pembelajaran, ahli media pembelajaran, guru dan siswa kelas IV SD. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi tidak terstrukur, wawancara tidak terstruktur, kuesioner atau angket serta tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini berupa rancang bangun media video pembelajaran IPAS berbasis model inkuiri terbimbing yang dikembangkan melalui lima tahapan model pengembangan ADDIE. Hasil uji validitas meliputi hasil penilaian ahli materi pembelajaran memperoleh persentase 91,65% dengan kualifikasi sangat baik, dan hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh persentase 95,00% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji kepraktisan oleh guru dan siswa masing-masing mendapatkan hasil persentase sebesar 96,96% dan 97,34% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji efektivitas memperoleh hasil pretest sebesar 61,00 dengan kriteria rendah dan posttest sebesar 76,19 dengan kriteria sedang. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa nilai t-hitung sebesar 14,130 sedangkan nilai t-tabel sebesar 2,282 berarti t-hitung > t-tabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Menunjukkan bahwa media video pembelajaran ini efektif. Berdasarkan uji validitas, uji kepraktisan dan uji efektivitas tersebut, maka media video pembelajaran IPAS berbasis model inkuiri terbimbing valid, praktis dan efektif layak digunakan dalam proses pembelajaran IPAS di kelas IV SD.</p>2024-03-09T17:17:02+08:00Copyright (c) 2024 PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesiahttps://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3093PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS IKLAN 2024-08-26T12:28:07+08:00M.Y. Neangmarianayohanista@gmail.comD.M.E. Puangelpuangdesimaria@gmail.comM.H.D. Bungaanionachawhisandy@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model <em>project based learning </em>terhadap keterampilan menulis iklan pada siswa kelas V SDK Nita I. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain <em>one group pretest posttest. </em>Sampel penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDK Nita I Tahun Ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 32 orang, yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 15 orang perempuan dengan sampel 32 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan <em>probability sampling. </em>Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis menggunakan analisis normalitas dengan uji chi kuadrat, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis (uji-t) diketahui harga t-hitung sebesar 12,553 serta t-tabel dengan dk = 32 dan taraf signifikan = 0,05 adalah 1,693. Selanjutnya karena Jika t<sub>hitung</sub>> t<sub>tabel</sub> maka Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Oleh karena itu dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran <em>project based learning </em>terhadap keterampilan menulis iklan pada siswa kelas V SDK Nita 1.</p>2024-03-09T17:30:28+08:00Copyright (c) 2024 PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesiahttps://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3048ANALISIS IMPLEMENTASI ICE BREAKING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA 2024-08-26T12:28:43+08:00L.A. Umaningsihluhari823@gmail.comL.M.D. Wedayanthiwedawid06@gmail.comI.W. Numertayasanumertayasawayan@gmail.com<p>Implementasi <em>ice breaking</em> dalam pembelajaran memerlukan analisis terlebih dahulu oleh guru agar tepat dalam penerapannya. Penelitian ini akan meneliti proses pelaksanaan <em>ice breaking</em>, jenis-jenis <em>ice breaking</em> yang digunakan, serta respon siswa dalam pelaksanaan <em>ice breaking</em> dalam pembelajaran Matematika di SDN 3 Sulahan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi serta peneliti menjadi instrumen utama dalam perolehan data. Penelitian dilaksanakan di SDN 3 Sulahan dengan waktu pelaksanaan pada bulan Oktober 2023. Adapun subjek penelitiannya adalah siswa kelas II SDN 3 Sulahan serta objek penelitian ini adalah implementasi <em>ice breaking</em> dalam pembelajaran matematika di kelas II SDN 3 Sulahan. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan diketahui bahwa guru wali kelas II menerapkan <em>ice breaking</em> di awal, tengah/inti serta di akhir pembelajaran. Adapun jenis <em>ice breaking</em> yang diberikan yakni tepuk-tepuk, lagu/menyanyi, dan permainan. Pelaksanaan <em>ice breaking</em> tersebut mendapat respon positif dari siswa serta memberikan dampak positif terhadap pembelajaran di kelas karena siswa senang ketika diberikan ice breaking sehingga menjadi lebih semangat, situasi kelas menjadi kondusif dan kegiatan pembelajaran bisa dilanjutkan.</p>2024-03-09T00:00:00+08:00Copyright (c) 2024 PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesiahttps://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3243PENINGKATAN LITERASI MELALUI E-MODUL PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA2024-08-26T12:28:02+08:00N.L.P.J. Dewiniluhputujayantidewi12@undiksha.ac.idI.W. Lasmawanwayan.lasmawan@undiksha.ac.idI.G. Margunayasaigede.margunayasa@undiksha.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun E-Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang layak, praktis dan efektif untuk literasi membaca dan menulis siswa kelas 1 sekolah dasar. Subjek yakni 2 ahli materi, 2 ahli media pembelajaran, 1 guru kelas satu, 2 guru kelas dua dan 28 siswa kelas satu di SD No. 2 Dalung. Model pengembangan yakni ADDIE. Metode dan instrumen pengumpulan data yakni kuesioner untuk mengetahui kelayakan E-Modul berdasarkan ahli materi dan ahli media pembelajaran, kuesioner untuk mengetahui kepraktisan E-Modul berdasarkan praktisi guru, serta tes membaca dan menulis untuk mengetahui efektifitas E-Modul. Teknik analisis data yang digunakan untuk kelayakan dan kepraktisan yaitu skor angket diubah dalam bentuk persentase kemudian pengambilan keputusan dilakukan menggunakan konversi PAP skala 5, sedangkan untuk efektivitas menggunakan <em>paired sample t-test. </em>Hasil dari penelitian yaitu: (1) Rancang bangun terdiri atas <em>cover</em>, pengantar, relevansi proyek, tujuan, alur, target, dimensi, perkembangan sub-elemen per fase. Aktivitas 1- 2 untuk berlatih melenturkan pergelangan tangan siswa saat menulis dengan menarik garis, serta belajar menyebutkan dan menulis huruf alfabet. Aktivitas 3-4 untuk siswa belajar membaca dan menyusun huruf menjadi suku kata. Aktivitas 5-6 untuk siswa belajar menyusun huruf menjadi kata dan membacakannya didepan kelas. Aktivitas 7-8 untuk siswa belajar membaca dan menulis kata dari contoh sampah organik dan anorganik. Aktivitas 9 yakni pengolahan sampah anorganik, aktivitas 10 yakni pengolahan sampah organik, aktivitas 11 yakni penghijauan. Aktivitas 12-13 untuk siswa belajar membaca dan membuat kalimat ajakan hemat energi. Aktivitas 14 untuk siswa belajar membuat rangkaian kalimat untuk poster hemat energi. Aktivitas 15 yakni persiapan gelar karya, aktivitas 16 yakni gelar karya, biodata penulis dan penutup. (2) Kelayakan ahli materi yakni 85,2% (layak) dan ahli media pembelajaran 88,4% (layak). (3) Kepraktisan oleh guru diperoleh yakni 88,2% (praktis). (4) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan literasi membaca siswa, sebelum dan sesudah menggunakan E-Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. (5) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan literasi menulis siswa, sebelum dan sesudah menggunakan E-Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.</p>2024-03-18T00:00:00+08:00Copyright (c) 2024 PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesiahttps://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3228PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRATCH PADA TOPIK SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI2024-08-26T12:27:56+08:00N.K.R.T.K. Udayanikrisnantirestu99@gmail.comI.N. Sudiananyoman.sudiana@undiksha.ac.idI.B. Putrayasaib.putrayasa@undiksha.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis <em>scratch</em> yang valid, praktis dan efektif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian validitas kepada 2 ahli media dan 2 ahli materi, 3 guru kelas V, dan lembar tes hasil belajar kepada tiga puluh enam siswa kelas V SD. Validitas media dinyatakan sangat valid dengan skor untuk aspek isi/materi mendapatkan skor rata-rata 4,46. Sedangkan aspek media mendapatkan rata-rata skor 4,85 dengan klasifikasi sangat tinggi. Data hasil uji kepraktisan diperoleh dari hasil analisis kepraktisan oleh guru dan siswa yang memperoleh rata-rata 91,6 dengan kriteria sangat praktis. Uji efektifitas dianalisis menggunakan rumus N-Gain memperoleh skor 0,72 dengan kategori efektif. Oleh karena itu, media pembelajaran berbasis <em>scratch</em> terbukti valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa kelas V SD.</p>2024-03-20T00:00:00+08:00Copyright (c) 2024 PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesiahttps://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3251PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID BERMUATAN MATERI BENTANG ALAM PADA MATA PELAJARAN IPAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA 2024-08-26T12:27:52+08:00N.N.D. Kristantikristantidelia@gmail.comN. Dantesdantes@undiksha.ac.idSariyasasariyasa@undiksha.ac.id<p>Kurangnya inovasi dalam pembelajaran dan ketergantungan siswa dengan android menyebabkan rendahnya minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif yang valid, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD. Adapun model yang digunakan adalah ADDIE. Media pembelajaran interaktif ini telah melalui beberapa tahap pengujian, meliputi uji validitas isi, uji kepraktisan dan uji efektivitas. Subjek uji coba adalah sepuluh guru sebagai praktisi dan 30 siswa sebagai pemakai. Penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android bermuatan materi bentang alam pada mata pelajaran IPAS memperoleh kategori sangat valid dan praktis, dan hasil perhitungan <em>effect size</em> memperoleh nilai sebesar 1,040 yang berarti media pembelajaran interaktif berbasis android efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android terbukti valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Guru dapat menggunakan media ini sebagai sarana menyampaikan materi untuk siswa guna meningkatkan minat belajarnya.</p>2024-04-03T10:06:46+08:00Copyright (c) 2024 PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesiahttps://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3099UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA CORONG BERHITUNG2024-08-26T12:27:47+08:00N. Kumalasarinurulkumalasari958@gmail.comM. Mahendramahendramoefty@gmail.comM. Suswandarimoetis_meida@yahoo.co.id<p>Upaya meningkatkan ketrampilan berpikir kreatif siswa dan hasil belajar matemtika melalui media corong berhitung. Metode pengumpulan data dengan Observasi dan tes essay. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Negeri Laban 01. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini didasari dari hasil observasi terhadap siswa dan guru. Hasil penelitian pada nilai keterampilan berpikir kreatif siswa melalui observasi masih banyak siswa yang pasif, dengan hasil skor siklus I 25. Siklus I di dapatkan hasil observasi dengan skor 39 berarti siklus II terjadi peningkatan pada tindakan yang dilakukan di siklus I. Hasil belajar matematika pra siklus rata-rata siswa hanya 70 dan presentase ketuntasan 38% sedangkan KKM pada mata pelajaran matematika 75 dan persentase ketuntasan mencapai 75%. Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui media corong berhitung. Hasil belajar siklus I mendapatkan rata-rata nilai 80 dan presentase ketuntasan hanya 40% maka dilakukan tindakan siklus II mendapatkan rata-rata nilai 100 dan persentase ketuntasan 100%.</p>2024-04-05T14:35:25+08:00Copyright (c) 2024 PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia