PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIS MATERI PECAHAN PADA PESERTA DIDIK
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan problem based learning pada kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pecahan pada peserta didik kelas V di SD Negeri Cilegon IX. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen dan design nonequivalent control group design. Terdapat dua kelas dalam penelitian ini yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen sebanyak 16 orang peserta didik yang diberikan perlakuan dengan penerapan problem based learning dan kelas kontrol sebanyak 16 orang peserta didik yang menerapkan direct learning dalam kegiatan pembelajaran matematika materi pecahan. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian yaitu lembar observasi, pretest dan posttest. Analisis data dilakukan menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis statistika inferensial dan analisis deskriptif kualitatif. Hasii penelitian adalah kemampuan menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan dengan penerapan problem based learning lebih baik daripada direct learning. Aktivitas belajar peserta didik pada aspek visual, menulis dan lisan dengan penerapan problem based learning mengalami peningkatan dari 66,1% menjadi 85,9% dengan rata-rata 76,8% dan berada pada kriteria aktif.
Article Details
References
Andriana, E., Rokmanah, S., Rakhman, P. A., & Septiani, A. R. (2023). Keaktifan Siswa Dalam Pelajaran Matematika Dengan Permainan Ular Tangga Berbasis Model TGT.Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 997–1008. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v5i2.2894
Anwar, W. S., Handayani, R., & Gani, R. A. (2021). Pengaruh Kemampuan Membaca Dan Menulis Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(3). https://doi.org/10.51574/jrip.v1i3.67
Dewi, D. P. (2022). Optimalisasi Pemahaman Memaknai Kalimat Pada Soal Cerita Menuliskan Bilangan Pecahan Dalam Modul kelas III SD. Seminar Nasional Pendidikan Matematika.
Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. In Rajawali Pers.
Nurfatanah, Rusmono, & Nurjanah. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2). https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4609
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Penelitian. In Sibuku Media.
Paratiwi, T., & Ramadhan, Z. H. (2023). Model Pembelajaran Problem based learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 7(4), 603–610. https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.69971
Rahmadani. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learnig (Pbl). Lantanida Journal, 7(1). https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.4440
Sidiq, R., Najuah, & Lukitoyo, P. S. (2021). MODEL-MODEL PEMBELAJARAN ABAD 21. In CV. AA. RIZKY.
Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Problem based learning (PBL), Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. In CV BUDI UTAMA. CV BUDI UTAMA.
Wasiah, R., Witri, G., & Antosa, Z. (2020). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SDN 9 Bukit Batu Riau. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2). https://doi.org/10.24036/jippsd.v4i2.112328