PENGEMBANGAN E-LKPD BERORIENTASI MINDFUL PARENTING PADA SUBTEMA AKU DAN CITA-CITAKU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan: 1) menghasilkan rancang bangun E-LKPD berorientasi mindful parenting, 2) mengetahui validitas E-LKPD berorientasi mindful parenting, 3) mengetahui kepraktisan E-LKPD berorientasi mindful parenting, dan 4) mengetahui efektivitas E-LKPD berorientasi mindful parenting. Subjek penelitian ini yaitu 72 siswa kelas IV SD Gugus Moh.Hatta Denpasar Selatan. Penelitian ini didesain dengan model ADDIE namun untuk membuktikan efektivitas E-LKPD berorientasi mindful parenting meminjam desain praeksperimen one shot case study. Instrumen yang digunakan yaitu kuisioner validasi, kepraktisan, dan efektivitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Penelitian menghasilkan rancang bangun E-LKPD berorientasi mindful parenting terdiri dari aktivitas siswa secara kolaboratif bersama teman sejawat dan orang tua sebagai pendamping pengasuhan berkesadaran. Validitas E-LKPD berorientasi mindul parenting dari aspek materi dengan CVI 0.80 berkategori sangat valid. Aspek media pembelajaran dengan CVI 0.85 berkategori sangat valid. Aspek desain pembelajaran E-LKPD berorientasi mindful parenting dengan CVI 0.76 berkategori sangat valid. 3) Kepraktisan E-LKPD berorientasi mindful parenting diperoleh skor 52.4 dengan kriteria sangat praktis. 4) Efektivitas E-LKPD berorientasi mindful parenting berdasarkan analisis nilai test value ditetapkan sebesar 65% dari skor maksimum ideal. Diperoleh nilai thitung 4.168 lebih besar dari nilai ttabel 1.675 dan nilai signifikansi sebesar 0.003 lebih kecil dari 0.05. Hasil penghitungan efek size didapatkan sebesar 0.491 berada pada rentang 0.2 < 0.491 ≤ 0.8 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan E-LKPD berorientasi mindful parenting sangat valid, sangat praktis, dan efektif meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus Moh Hatta Denpasar Selatan.
Rincian Artikel
Referensi
Cheung, R. Y. M., Cheng, W. Y., Li, J. Bin, Lam, C. B., & Chung, K. K. H. (2021). Parents’ Depressive Symptoms and Child Adjustment: the Mediating Role of Mindful Parenting and Children’s Self-Regulation. Springer Nature, 12, 2729–2742. https://link.springer.com/article/10.1007/s12671-021-01735-0
Dantes, N. (2017). Desain Eksperimen dan Analisis Data (1st ed.). Rajagrafindo Persada.
Dantes, N. (2019). Asesmen dan evaluasi Pembelajaran. Undiksha Press.
Dewi, K. O. R., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar PPKN Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 50–60. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24578
Fadhilah, T. N., Handayani, D. E., & Rofian. (2019). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 249–255. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17916
Kemdikbud. (2015). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2015 SD Kelas VI. Jakarta: BPSDMPKPMP Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Kemdikbud. (2020). Anak Berkarakter Dengan Pengasuhan Berkesadaran (Mindful Parenting). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Narayani, K. D., Jayanta, I. N. L., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pola Asuh Orang Tua dan Disiplin Belajar Daring Terhadap Hasil Belajar di Masa New Normal. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 393–401. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37184
Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.3046
Safitri, Y. A., Baedowi, S., & Setianingsih, E. S. (2020). Pola Asuh Orang Tua di Era Digital Berpengaruh Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 508–514. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28554
Sofyan, I. (2018). Mindful Parenting: Strategi Membangun Pengasuhan Positif dalam Keluarga. Journal of Early Childhood Care & Education, 1(2), 41–47. https://doi.org/https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.241
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). CV Alfabeta.
Susanti, & Lidia. (2019). Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi. Menyajikan Pentingnya Motivasi dalam Pembelajaran. PT Elex Media Komputindo.
Wahyuni, K. S. P., Candiasa, I. M., & Wibawa, I. M. C. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 301–311. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476
Widiastika, M. A., Nana, H., & Syachruroji, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 47–64. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.602
Wong, K., Hicks, L. M., Seuntjens, T. G., Trentacosta, C. J., Hendriksen, T. H. G., Zeelenberg, M., & Heuvel, M. I. Van Den. (2019). The Role of Mindful Parenting in Individual and Social Decision-Making in Children. Frontiers in Psychology. https://doi.org/https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.00550