PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HOTS (KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI) PADA TEMA EKOSISTEM SISWA KELAS V SD

Isi Artikel Utama

I Gede Wisnu Antara
Ida Bagus Putu Arnyana
I Gede Margunayasa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas dari pengembangan instrumen keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) IPA pada kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Penebel. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development dengan tahapan 4D, terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, develop dan desimination. Namun pada tahap desimination tidak dilaksanakan karena situasi kesehatan masyarakat dengan adanya pandemic Covid 19. Pada tahapan ini menghasilkan instrumen keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam bentuk pilihan ganda, yang kemudian divalidasi oleh tim ahli yang selanjutnya diujicobakan pada siswa. Berdasarkan hasil validasi ahli terhadap aspek materi, konstruksi, dan bahasa, instrumen dinyatakan valid dengan kategori sangat baik. Validitas isi tes melalui uji ahli menggunakan analisis CVR memperoleh hasil valid untuk semua soal. Hasil validitas butir dengan rumus point biserial memperoleh semua butir soal memiliki rhitung > rtabel sehingga semua butir soal dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas tes memperoleh nilai sebesar 0,91 berada pada rentang 0,80 < r1.1 < 1,00 atau pada kategori derajat reliabilitas yang sangat tinggi. Jadi Instrumen penilaian keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) yang dikembangkan telah valid dan reliabel untuk dapat digunakan dalam mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Ahmad, S, Ary. K.K, Masniladevi. 2018. Instrumen HOTS Matematika Bagi Mahasiswa PGSD. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau. Volume 2 Nomor 6 November 2018 | ISSN Cetak : 2580 - 8435 | ISSN Online : 2614 – 1337

Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for learning, Teaching, and Assesing; A revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. New York: Addison Wesley Lonman Inc.

Candiasa, I Made. 2010. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Undiksha Press.

Hidayati, Arini Ulfah. 2017. Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Matematika pada siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Volume 4 Nomor 2 Oktober 2017, p-ISSN 2355-1925, e-ISSN 2580-8915

Koyan. 2012. Statistik Pendidikan teknik analisis data kuantitaif. Singaraja: UNDIKSHA.

Lawshe, C. H. (1975). A quantitative approach to content validity. Jurnal Personnel psychology, Vol 28, No. 4.

Lufri. 2005. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Problem Solving yang Diintervensi Dengan Peta Konsep terhadap Hasil Belajar mahasiswa”. Jurnal Pembelajaran. Volume 28, Nomor 1 (hlm 153-166).

Kistiono. 2019. Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika SMA. Universitas Sriwijaya. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. (Journal of Innovation and Physics Teaching). Volume 06, No. 1, Mei 2019, hal. 70-81. p-ISSN 2355-7109 e-ISSN 2657-0971; ejournal.unsri.ac.id/index.php/JIPF

Mariana, I Made dan Wandy Praginda.2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA. Bandung. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA)

Masitoh, Lisda Fitriana, dan Weni Gurita Aedi. 2020. Pengembangan instrumen asesmen Higher order thinking skills (HOTS) matematika Di SMP kelas VII. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 04, No. 02, November 2020, pp. 886-897. E-ISSN : 2579-9258. P-ISSN : 2614-3038

Mulyasa, E. 2009. Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.

OECD. 2018. PISA 2018 Assessment and Analytical Framework Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. OECD Publishing.

Pratiwi, Umi dan Eka Farida Fasha. 2015. Pengembangan Instrumen Penilaian HOTS Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Sikap Disiplin. Purworejo. Jurnal enelitian dan Pembelajaran IPA. JPPI, Vol. 1, No. 1, November 2015, Hal. 123-142. e-ISSN 2477-2038

Rusdianto, Andy. 2020. Pengembangan instrumen penilaian berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar. JP3D (Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar). Vol. 3 No. 1, 2020. ISSN (print): 2654-2870; ISSN (online) 2686-5483 Available online at https://ejournal.unib.ac.id/index.php/dikdas/index; doi: http://dx.doi.org/10.33369/

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: ALFABETA.

Tawil, M. & Liliasari. (2013). Berpikir kompleks dan ilmplementasinya dalam pembelajaran IPA. Makasar: Badan Penerbit UNM.

Thiagarajan.(1974) Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children A sourcebook. Indiana University, Bloomington: Indiana.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. (Jakarta: PT Bumi Aksara).

Winarno, M.E. 2011. Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Media Cakrawala Utama Press