PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS PENDIDKAN GANESHA

  • Ni Gusti Ayu Ketut Retty Retno Wulan Universitas Pendidikan Ganesha
Keywords: Persepsi Pemustaka, Kualitas Pelayanan Sirkulasi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan persepsi pemustaka terhadap proses pendaftaran keanggotaan di Perpustakaan Fakultas Bahasa dan Seni; 2) mendeskripsikan persepsi pemustaka terhadap proses sirkulasi di Perpustakaan Fakultas Bahasa dan Seni; 3) mendeskripsikan persepsi pemustaka terhadap sikap pustakawana dalam memberikan layanan di Perpustakaan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha. Teknik pengumpulan data dalam kajian ini adalah dengan kuesioner. Kuesioner adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan informasi dengan mengajukan pertanyaan kepada responden. Jenis kuesioner yang dilakukan dalam pengambilan data yaitu kuesioner tertutup yang mana responden tidak mempunyai kesempatan lain dalam memberikan jawabannya selain jawaban yang telah berada didalam daftar pertanyaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung perpustakaan di Perpustakaan Fakultas Bahasa dan Seni yang berjumlah 731 orang dan sampel yang diambil sebanyak 46 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) persepsi pemustaka terhadap proses pendaftaran keanggotaan di Perpustakaan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha: tidak rumit, tidak memberatkan, memuaskan, tidak memakan waktu lama adalah sebagian besar responden 46.74% rata-rata menyatakan setuju, 2) persepsi pemustaka terhadap proses sirkulasi di Perpustakaan Fakultas Bahasa dan Seni: cukup mudah dan tidak rumit, jumlah buku yg dipinjam maksimal 3 (tiga) cukup, perpanjangan buku relative lama 2 minggu dengan 2 kali perpanjangan, pelayanan memuaskan, sanksi pelanggaran sirkulasi tidak memberatkan 500 perhari adalah sebagian besar responden 56.09% rata-rata menyatakan setuju, 3) persepsi pemustaka terhadap sikap pustakawana dalam memberikan layanan di Perpustakaan Fakultas Bahasa dan Seni: cekatan merespon keluhan pengguna, bahasanya sopan, selalu membantu mencari koleksi, berpakaian rapi, dan bahasanya komunikatif adalah sebagian besar responden 49.56 rata-rata menyatakan setuju.

This study aims to 1) Describe the perception of users of the membership registration process in the Library of the Faculty of Language and Arts; 2) Describe the perception of librarist on the circulation process in the Library of the Faculty of Language and Arts; 3) Describe the perception of librarian attitudes in providing services in the Language and Arts Library Library of Ganesha University. Data collection techniques in this study are with a questionnaire. The questionnaire is an activity carried out to get information by asking questions to respondents. The type of questionnaire conducted in data collection is a closed questionnaire where the respondent has no other chance in giving the answer other than the answers that have been in the list of questions. The population in this study were all library visitors in the Faculty of Language and Arts Library totaling 731 people and 46 respondents were taken. The results showed that: 1) The perception of library to the membership process of membership in the Faculty of Language and Arts Library of the University of Ganesha Education: not complicated, not burdensome, satisfying, not taking a long time is that most of the respondents 46.74% on average agree, 2) Perception Letters on the circulation process in the Library of the Faculty

References

Ansori, M., & Iswati, S. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Edisi 2. Airlangga University
Press. Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. 2017. Endarti, S. (2019). Optimalisasi pelayanan sirkulasi di perpustakaan. Skripsi. Geense, W. W., van den Boogaard, M., van der Hoeven, J. G., Vermeulen, H., Hannink, G.,
& Zegers, M. (2019). Nonpharmacologic Interventions to Prevent or Mitigate Adverse
Long-Term Outcomes Among ICU Survivors: A Systematic Review and Meta-Analysis.
Critical Care Medicine. https://doi.org/10.1097/CCM.0000000000003974
Meissany, Y. aldi. (2019). Layanan dan pelayanan perpustakaan. Khizanah Al-Hikmah, 1. Noor, T. (2018). RUMUSAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL Pasal 3 UNDANG-UNDANG
SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL NO 20 TAHUN 2003. Universitas Singaperbangsa
Karawang, (20).
Restanti, A. S. (2015). Sumber Daya Manusia Dalam Pengembangan Perpustakaan : Studi
Pemikiran Lasa Hs. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 6(1).
https://doi.org/10.20885/unilib.vol6.iss1.art6
UU RI NO 43 TAHUN 2007. (2007). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR
43 TAHUN 2007 TENTANG PERPUSTAKAAN. Materia Japan. https://doi.org/10.2320/materia.46.171
wibowo 2009. (2021). Pengertian Kinerja. Angewandte Chemie International Edition, 6(11),
951–952.
Wijaya, D. P. (2020). Persepsi Pemustaka Terhadap Layanan Perpustakaan Pusat
Penelitian Geoteknologi. Jurnal Perpustakaan Pertanian, 28(2).
https://doi.org/10.21082/jpp.v28n2.2019.p73-80
Yenianti, I. (2021). Analisis Pemikiran Sulistyo Basuki Dan Wiji Suwarno Tentang Fungsi
Perpustakaan Dalam Masyarakat. Maktabatuna, 3(1).
Published
2023-06-21
Section
Articles