OPTIMALISASI SISTEM JARINGAN LOCAL AREA NETWORK (LAN) PADA LABORATORIUM KOMPUTER DI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK DAN KEJURUAN UNDIKSHA

  • Agus Heryanto Heryanto Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ratih Mahayani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Tegeh Universitas Pendidikan Ganesha
Keywords: Veyon, iTALC, Revolution 4.0

Abstract

Abstrak

Revolusi 4.0 saat ini, masyarakat dituntut untuk mengikuti perkembangan dari komputerisasi dan digitalisasi yang dihasilkan oleh perkembangan teknologi, terutama teknologi digital yang berintikan perangkat keras, perangkat lunak, serta jaringan komputer semakin mengangumkan dan terintegrasi, yang memberikan dampak terhadap perekonomian global.

Hal ini juga berdampak pada dunia Pendidikan yang menuntut penguasaan atau pemahaman terhadap teknologi informasi dan komunikasi. Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dan strategis dalam membangun masyarakat berpengetahuan yang memiliki keterampilan. Dengan hadirnya teknologi informasi dan komunikasi memberikan dampak positif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Oleh karena itu, sebagai pengajar di perguruan tinggi selain memiliki penguasaan terhadap materi juga harus mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di kelas terutama pembalajaran praktikum. Untuk menyelenggarakan praktikum dalam pembelajaran, perpengajaran tinggi harus menyediakan fasilitas fisik, salah satunya adalah keberadaan laboratorium terutama jika pembelajaran di bidang pendidikan teknologi dan informasi ditambah lagi dengan aplikasi yang mempermudah jalannya proses pembelajaran praktikum.

Veyon (Virtual Eye on Network) adalah salah satu aplikasi gratis yang dapat memberikan kontrol bahkan monitoring aktivitas pembelajaran mahasiswa di layar komputer tanpa harus mendatangi mahasiswa saat pembelajaran. Sebelum bernama Veyon, aplikasi ini sebelumnya Bernama iTALC dan dikembangkan pada tahun 2004. Pada tahun 2006 dan 2007 porting ke Windows untuk proyek Sys-C dari kota Jerman Chemnitz. Beberapa mata kuliah yang ditawarkan mengharuskan penggunaan laboratorium. Mata kuliah tersebut diantaranya pemrograman dasar, pemograman web, statistika, multimedia, dan jaringan komputer. Dengan rata-rata mahasiswa masing – masing kelas 25 – 30 orang, maka aplikasi veyon sangat diperlukan untuk membantu pengajar dalam melakukan monitoring terhadap aktivitas mahasiswa dalam menjalankan praktek.

 

Kata kunci: Veyon, iTALC, Revolusi 4.0

 

 

Abstract

 

                In the current Revolution 4.0, people are required to keep abreast of developments in computerization and digitization resulting from technological developments, especially digital technology whose core hardware, software, and computer networks are increasingly impressive and integrated, which have an impact on the global economy.

            This also has an impact on the world of education which demands mastery or understanding of information and communication technology. Education plays a very important and strategic role in building a skilled knowledge society. The presence of information and communication technology has a positive impact on improving the quality of learning. Therefore, as a teacher in a tertiary institution, besides having mastery over the material, one must also implement information and communication technology in classroom learning, especially learning practicums. To organize practicums in learning, higher education must provide physical facilities, one of which is the existence of a laboratory, especially if learning in the field of information and technology education is coupled with applications that facilitate the practicum learning process.

            Veyon (Virtual Eye on Network) is a free application that can provide control and even monitor student learning activities on a computer screen without having to come to students during learning. Prior to Veyon, this application was previously Named iTALC and was developed in 2004. In 2006 and 2007 it was ported to Windows for the Sys-C project from the German city of Chemnitz. Some of the courses offered involve the use of a laboratory. These courses include basic programming, web programming, statistics, multimedia, and computer networks. With an average student size of 25-30 people in each class, the veyon application is needed to assist teachers in monitoring student activities in carrying out practice.

 

Keywords: Veyon, iTALC, Revolution 4.0

References

DAFTAR PUSTAKA
Arikunto. 2013. “Pembentukan Perilaku.” Asep Awalludin Basori 7(2):234.
Damayanti, friska. 2022. Buku Pedoman Penggunaan Veyon by Friska Damayanti - Issuu. Indonesia.
Dantes, Prof. Dr. Nyoman. 2012. Metode Penelitian.
Gunawan, Raja Hayri, dkk. 2020. “Analisis Dan Perancangan Client Server Menggunakan Veyon Master Di SDN 006.”
Gunawan, Imam. 2015. Metode Penelitian Kualitatif BTeori & Praktik.
Iii, B. A. B. 2006. “1 : 1.” 47–62.
Lexy.J. Moleong. 2012a. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2012). edited by Remaja Rosda Karya. Bandung.
Lexy.J. Moleong. 2012b. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi.
Ramadhan, Alfiz Rangga, Dkk. 2019. Veyon App Sebagai Aplikasi Monitoring Laboratorium Komputer. Universitas Pendidikan Indonesia.
Schwab, Klaus. 2019. Revolusi Industri Keempat. Cetakan Kedua.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan Kesatu.
Wahyono. S. Bayu. 2019. Pendidikan Bermakna & Isu Pembelajaran Dalam Masyarakat Online. Juarisman.
Zainuddin, M. 1996. “(Panduan Praktikum)” Dalam Mengajar Di Perpengajaran Tinggi. Bagian Empat. Program Applied Approach.
Published
2023-12-29
Section
Articles