PERAN GURU PPKN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 CIBAL, KEC CIBAL, KAB MANGGARAI)

Isi Artikel Utama

Verasiana Murni
I Wayan Kertih
I Made Yudana

Abstrak

Penelitian             ini   bertujuan     mengetahui   Peran Guru PPKn    dalam UpayalMeningkatkan Kedisiplinan siswa. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Cibal. Penelitian ini menggunakan  rancangan studi   kasus dengan metode kualitatif  model Miles and Huberman. Subyek dalam penelitian ini Kepala Sekolah, Kesiswaan, Guru PPKn, dan Siswa. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian metode analisis data dianalisis melalui: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukan: (1) dimana SMA N 1 Cibal memiliki peraturan dan sanksi yang tegas yang terdiri dari 10 peraturan yang memiliki poin tersendiri (2) Upaya-upaya yang dilakukan oleh guru PPKn dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa sudah baik melalui: pengegakan peraturan dan sanksi yang tegas, menanamkan kesadaran pada siswa, keteladanan guru, melalui sosialisasi, memberikan hukuman, guru selalu mengingatkan siswa tentang disiplin. (3) Faktor pendukung dan penghambat guru PPKn dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa: a) faktor pendukung adanya peraturan dan sanksi yang tegas, keadaan fisik siswa yang baik, kesadaran dari dalam diri siswa, guru selalu mencerminkan sikap kedisiplinan, terjalinya hubungan yang baik antara guru dan murid. b). Faktor penghambat lingkungan peserta didik yang beragam, siswi yang bandel, kurangnya dukungan orang tua,, kurangnya pengawasan orang tua, pergaulan siswa.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##