INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENGEMBANGAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SOSIAL SISWA

Penulis

  • Ni Ketut Sari Adnyani Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan FHIS Undiksha
  • Ni Nyoman Mandriani SD Negeri 2 Datah, Amlapura
  • Ni Kadek Putus Asrini SD Negeri 6 Tianyar, Amlapura

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpppkn.v1i1.18

Kata Kunci:

Internalisasi, Pendidikan Karakter, sikap tanggung jawab sosial

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui pentingnya Pendidikan Karakter diberikan kepada peserta didik; (2) untuk mengetahui relevansi Pendidikan Karakter dalam mengembangakan sikap tanggung jawab sosial bagi peserta didik; dan (3) untuk mengetahui internalisasi Pendidikan Karakter dalam memperkaya khasanah pengetahuan peserta didik dalam rangka menumbuhkan sikap positif mengisi kemerdekaan. Metode penelitian, Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Pendidikan (Educational Research and Development). Proses pengembangan dan validasi produk pendidikan dalam penelitian ini adalah berupa pengembangan model pembelajaran nasionalisme berbasi local genius.Penelitian pada tahap Define dan design ini dilakukan pada setting penelitian: pendidik, sekolah, siswa dan perpustakaan. Tahapdevelopment, yaitu uji coba terbatas sesuai dengan desainnya akan dilakukan di SD Negeri 2 Datah dan SD Negeri 6 Tianyar dengan menggunakan setting kelas-kelas dalam pembelajaran PKn. Kelas-kelas mata pelajaran PKn yang dilibatkan pada tahap develompment dipilih secara purpossive (bertujuan) sesuai fokus penelitian. Penentuan sampel penelitian pada uji coba dilakukan secara random sampling. Hasil: Pendidikan Karakter diberikan kepada peserta didik, relevansinya berpengaruh terhadap sikap tanggung jawab sosial siswa.

Biografi Penulis

Ni Nyoman Mandriani, SD Negeri 2 Datah, Amlapura

Ni Nyoman Mandriani

 

Ni Kadek Putus Asrini, SD Negeri 6 Tianyar, Amlapura

 

 

 

Diterbitkan

2019-05-17