PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS VIIIB6 SMP NEGERI 6 SINGARAJA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memformulasi efektivitas model pembelajaran contextual teaching and learningdalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dan prestasi belajar siswa kelas VIII 5 SMP Negeri 2 Singaraja. Secara metodologis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilalui dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini hanya menggunakan satu kelas. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti (human instrumen)dengan alat bantu pengumpul data berupa pedoman wawancara, pedoman observasi, tes prestasi belajar dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menujukkan model pembelajaran contextual teaching and learningmampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Pada siklus I, dari 41 orang siswa hanya 16 orang siswa mendapat nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) dengan nilai terendah 55, dan mengalami peningkatan pada siklus II, dimana hanya 5 orang siswa yang mendapat nilai di bawah KKM dengan nilai terendah 60. Nilai rata-rata siswa sebelum dilakukan tindakan adalah sebesar 70,85 dan mengalami kenaikan menjadi 74,42 pada kegiatan siklus I. Pada siklus II penerapan model pembelajaran contextual teaching and learningmampu meningkatkan prestasi belajar siswa menjadi 78,14. Model pembelajaran contextual teaching and learningjuga mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa, dimana 25 ada pada kategori tuntas pada siklus I dan meningkat menjadi 38 orang pada siklus II. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran mampu meingkatkan rasa ingin tahu siswa dan membangun semangat kerjasama siswa.