MEMBONGKAR MITOLOGISASI KOLONIAL DALAM HISTORIOGRAFI INDONESIA

  • Wahyu Setyaningsih IAIN Salatiga wahyusetyaningsih12@gmail.com
Keywords: Mitos Kolonial, Historiografi Indonesia

Abstract

Tujuan dari penulisan ini adalah pertama, menjelaskan tentang mitos-mitos sejarah kolonial dalam historiografi Indonesia. Kedua, mendiskripsikan peranan mitos-mitos kolonial dalam historiografi Indonesia. Ketiga, menjelaskan sikap sejarawan dalam menyikapi historiografi Indonesia. Penulisan menggunakan metode sejarah kritis yang terdiri dari empat langkah kegiatan, yaitu heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Adapun teknik pengambilan data menggunakan studi pustaka dari berbagai literatur yang relevan.

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah historiografi Indonesia perlu didekontruksi ulang dan ditulis ulang terhadap mitos-mitos yang ada sehingga diperoleh historiografi Indonesia yang kritis.. Meminjam pendapat G.W. Locher bahwa melepaskan diri dari pandangan dan perspektif kolonial bukan berarti memutarbalikan haluan dengan menghitamkan yang putih dan memutihkan yang hitam dalam kisah sejarah Indonesia. Maka, belenggu mitos-mitos kolonial dalam penulisan sejarah Indonesia harus dilepaskan dan dirubah menjadi sudut padang Indonesiasentris sehingga terciptalah semangat keindonesiaan guna menghapus mitos-mitos kolonial. 

Author Biography

Wahyu Setyaningsih, IAIN Salatiga wahyusetyaningsih12@gmail.com

References

Daftar Pustaka
Published
2020-04-15
How to Cite
Setyaningsih, Wahyu. 2020. “MEMBONGKAR MITOLOGISASI KOLONIAL DALAM HISTORIOGRAFI INDONESIA”. Jurnal Widya Citra 1 (1), 71-83. https://doi.org/10.10101/juwitra.v1i1.104.