BUDAYA MANUSIA PRA AKSARA DI SITUS TANJUNG SER BALI BARAT

  • I Wayan Arya Mahendra Universitas Pendidikan Ganesha
Keywords: Situs Tanjung Ser, Hasil Budaya, Gerabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jejak dan sekaligus sebaran kebudayaan manusia praaksara di Situs Tanjung Ser. Situs ini terletak di kawasan Bali Barat. Dibanding dengan kawasan lainnya di Bali, tidak terlalu banyak peninggalan arkeologis atau pun sejarah yang ditemukan di kawasan Bali Barat. Akibatnya, tidak banyak informasi yang bisa ditemukan. Padahal, secara geografis, kawasan ini adalah pintu gerbang Bali dari arah barat. Di samping itu, ada beberapa pelabuhan alam yang berpotensi menjadi tempat persinggahan atau permukiman kuno di masa lalu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah yang meliputi: (1) heuristik, (2) kritik sumber atau verifikasi, (3) interpretasi, (4) historiografi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Situs Tanjung Ser memiliki hasil budaya manusia praaksara yang sangat beragam. Temuan gerabah polos ataupun motif serta aspek-aspek gerabah lainnya yang menunjukan adanya aktivitas manusia praaksara dalam kurun waktu yang panjang serta interaksinya dengan aneka bangsa di dunia. Temuan arkeologis di kawasan ini sekaligus memperkuat temuan serupa di tempat lain namun masih dalam satu kawasan.

References

Ardika, I Wayan. 2008. Archaeological Traces of the Early Harbour Town. Dalam B. Hauser-Schaublin and I Wayan Ardika (ed) Burials, Text and Ritual: Ethnoarchaeological investigations in north Bali, Indonesia (hal 149-157). Gottingen: Gottingen University Press.

Ati, Hidayah., & Dkk. 2020. Laporan Penelitian Desk Study Arkeologi. Morfologi, Fungsi Dan Bahan Gerabah Di Situs Tanjung Ser.

Daliman. 2012. Metode Penelitian Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Pemukiman Kuna Di Situs Tanjung Ser Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak. Kabupaten Buleleng, Bali.

Sihotang. 2008. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Semarang: Penerbit Semarang University Press.

Suantika, I Wayan, dkk. 2001. “Ekskavasi Situs Tanjung Ser, Pemuteran, Gerokgak, Buleleng”. Laporan Penelitian Arkeologi Balai Arkeologi Denpasar.

Suantika, I.W., & Dkk. 2018. Laporan Penelitian Arkeologi.

Suantika, I.W., & Dkk. 2019. Laporan Penelitian Arkeologi. Potensi Pemukiman Kuna Di Situs Tanjung Ser Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak. Kabupaten Buleleng, Bali.
Published
2022-05-22
How to Cite
Arya Mahendra, I Wayan. 2022. “BUDAYA MANUSIA PRA AKSARA DI SITUS TANJUNG SER BALI BARAT”. Jurnal Widya Citra 3 (1), 1-7. https://doi.org/10.10101/juwitra.v3i1.1100.