NAGA DI TANAH BARONG : KLENTENG SU SAN YEE DAN PENDIDIKAN MULTIKULTUR DI BALI UTARA

  • Ivanka Angelina Dheyanita Prasada Universitas Pendidikan Ganesha
Keywords: Klenteng, Sejarah, Multikultur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah berdirinya Klenteng Su San Yee di Kelurahan Banjar Jawa, Buleleng, Bali serta potensinya sebagai media pendidikan multikultur, antara etnis Bali yang beragama Hindu dengan etnis Tionghoa yang beragama Tri Dharma. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian sejarah yang terdiri dari Heuristik, Kritik Sumber / Verifikasi, Intepretasi, dan Historiografi. Melalui proses penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa Klenteng yang diresmikan pada tahun 1985 ini mendapat reaksi positif dari masyarakat Bali khususnya di Kelurahan Banjar Jawa. Hal ini didukung oleh potensi Klenteng Su San Yee sebagai media pendidikan multikultur yang dapat dilihat dari akulturasi terhadap tradisi serta ornamen yang ada pada klenteng. Akulturasi tersebut berupa penggunaan canang sari, Hiong Lu pemujaan terhadap Ida Sang Hyang Widhi Wasa, ukiran Bali, sertanya penggunaan gamelan dan tarian Bali di dalam ritual-ritualnya. Nilai multikultur pada klenteng ini juga dituangkan dalam kegiatan yang menyangkut ke dalam aspek keagamaan, aspek sosial, dan aspek budaya.

References

Adiwignyo, Dewobroto., Bagus Handoko. 2015. Kajian Arsitektural Dan Filosofis Budaya Tionghoa Pada Kelenteng Jin De Yuan, Jakarta. Jurnal Tingkat Sarjana Bidang Seni Rupa dan Desain. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Agung, Gde Putra., Soenaryo., Ida Bagus Sidemen. 1984. Sejarah Sosial Bali Kota Singaraja. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1978. Sejarah Kebangkitan Nasional Daerah Bali. Jakarta: Proyek Penerbitan Buku Bacaan dan Sastra Indonesia dan Daerah – Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kusmayadi, Yadi. 2018. Sejarah Runtuhnya Dinasti Mantsu Awal Abad Ke 20. Jurnal Artefak: History and Education, Vol. 5 No. 2 September 2018. Jawa Barat: Universitas Galuh Ciamis.

Mega Maharani, Dian. 2013. Perilaku Kewirausahaan Pedagang Etnis Cina Dan Pedagang Etnis Jawa Di Pasar Yaik Permai Semarang. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan– Universitas Negeri Semarang.

Raco, J.R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: PT. Grasindo.

Taher, Eric. 2021. Berapakah Jumlah Sesungguhnya Populasi Tionghoa di Indonesia?. Diakses dari: https://nationalgeographic.grid.id/read/132718811/berapakah-jumlah-sesungguhnya-populasi-tionghoa-di-indonesia?page=all#:~:text=%22Akan%20tetapi%2C%20kalau%20laju%20pertumbuhan,19%20persen%2C%22%20lanjut%20Evi pada 27 Juli 2021.

Yogi Sastrawan, I Gede. 2014. Asimilasi Masyarakat Etnis Cina di Kelurahan Kampung Baru, Singaraja, Bali (Alasan, Bentuk, dan Potensinya sebagai Sumber Belajar Sejarah). . Widya Winayata – Jurnal Pendidikan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial: Universitas Pendidikan Ganesha
Published
2022-05-22
How to Cite
Dheyanita Prasada, Ivanka Angelina. 2022. “NAGA DI TANAH BARONG : KLENTENG SU SAN YEE DAN PENDIDIKAN MULTIKULTUR DI BALI UTARA”. Jurnal Widya Citra 3 (1), 25-29. https://doi.org/10.10101/juwitra.v3i1.1103.