PENDAMPINGAN PENYUSUNAN DAN PENGGUNAAN DIGITAL ASSESSMENT BERBASIS KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU-GURU SMK SE-KECAMATAN PRAYA, LOMBOK TENGAH
Abstrak
Pengabdian ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan digital literasi para pengajar vokasi di SMK Se-Kecamatan Praya Lombok Tengah sekaligus mendukung implementasi kurikulum Merdeka melalui pelatihan dan pendampingan penggunaan kuis digital sebagai instrumen asesmen. Kegiatan dilaksanakan dengan melakukan sharing session secara daring dan pendampingan melalui WhatsApp grup. Presentasi produk dilaksanakan dengan cara implementasi kuis digital dengan memanfaatkan aplikasi Quizziz yang dilakukan oleh pengajar vokasi di SMKN 1 Praya. Evaluasi kegiatan dilakukan untuk mengetahui efektifitas pelatihan dan pendampingan penggunaan kuis digital sebagai instrumen asesmen. Hasil kuisioner yang disebarkan kepada para peserta pelatihan menunjukkan bahwa 85,9% peserta memberikan respon positif terhadap kegiatan ini.
Referensi
Ardianti, S. D., & Ulya, H. (2022). Pelatihan pemanfaatan aplikasi Kahoot! sebagai Assesment Edutainment bagi guru Sekolah Dasar. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 159–166. https://doi.org/10.29408/ab.v3i2.6102
Awiria, A., Prawira, A. Y., Dariyanto, D., & Pujayanah, I. S. (2022). Pelatihan Mengembangkan Evaluasi Pembelajaran Inovatif Menggunakan Google Form, Kahoot Dan Quizziz Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 9(1), 112–119. https://doi.org/10.32699/ppkm.v9i1.2173
Aziz, M. N. A., Yusoff, N. M., & Yaakob, M. F. M. (2020). Challenges in using authentic assessment in 21st century ESL classrooms. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(3), 759–768. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i3.20546
Boersma, A., ten Dam, G., Wardekker, W., & Volman, M. (2016). Designing innovative learning environments to foster communities of learners for students in initial vocational education. Learning Environments Research, 19(1), 107–131. https://doi.org/10.1007/s10984-015-9203-4
Bunawan, W., Setiawan, A., Rusli, A., & Nahadi. (2015). Penilaian Pemahaman Representasi Grafik Materi Optika Geometri Menggunakan Tes Diagnostik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 257–26. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4830
Fatimah, A. S., Santiana, & Saputra, Y. (2019). Digital comic: An innovation of using toondoo as media technology for teaching English short story. ENGLISH REVIEW: Journal of English Education, 7(2), 101–108. https://doi.org/10.25134/erjee.v7i2.1526.Received
Firdaus, H., Laensadi, A. M., Matvayodha, G., Siagian, F. N., & Hasanah, I. A. (2022). Analisis Evaluasi Program Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 686–692. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Hidayah, P., & Muchtar, Z. (2022). Pengembangan tes diagnostik berbasis web pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(6), 570–579.
Hong, J.-C., Cheng, C.-L., Hwang, M.-Y., Lee, C.-K., & Chang, H.-Y. (2019).
Assessing the educational values of digital games. Journal of Computer Assisted Learning, 25(5), 423–437. https://doi.org/10.1111/j.1365- 2729.2009.00319.x
Husain, M., & Khan, S. (2016). Students’ feedback: An effective tool in teachers’ evaluation system. International Journal of Applied and Basic Medical Research, 6(3), 178. https://doi.org/10.4103/2229-516x.186969
Jannah, K., & Pahlevi, T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skills Berbantuan Aplikasi “Kahoot!” Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Penanganan Surat Masuk Dan Surat Keluar Jurusan OTKP Di SMK Negeri 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 108–121. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n1.p108-121
Koksal, D., & Ulum, O. G. (2018). Language assessment through bloom’s taxonomy. Journal of Language and Linguistic, 14(2), 76–88.
Lestari, E., Rusdarti, R., & Widiyanto, W. (2021). The Teaching Factory-Based BMC Application Model for Improving Students’ Creativity o f Central Java Public Vocational High Schools in Semarang. Journal of Economic Education, 10(1), 62–69.
Liu, J., & Xu, Y. (2017). Assessment for Learning in English Language Classrooms in China: Contexts, Problems, and Solutions. In Innovation in Language Learning and Teaching. https://doi.org/10.1057/978-1-137-60092-9
Maipita, I., Dalimunthe, M. B., & Sagala, G. H. (2021). The Development Structure of the Merdeka Belajar Curriculum in the Industrial Revolution Era. Proceedings of the International Conference on Strategic Issues of Economics, Business and, Education (ICoSIEBE 2020), 163, 145–151.
Marisa, M. (2021). Inovasi kurikulum “Merdeka Belajar” di era society 5.0. Santhet: Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 66–78.
Novalinda, R., Giatman, M., Syahril, Ambiyar, & Fajra. (2020). Problem-based learning: 21st century vocational education. International Journal of Multi Science, 1(7), 12–19.
Nugraha, A. S. (2023). Analisis kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan alat evaluasi berbasis digital. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 13(1), 252–259.
Öz, H. (2014). Turkish teachers’ practices of Assessment for learning in the English as a foreign language classroom. Journal of Language Teaching and Research, 5(4), 775–785. https://doi.org/10.4304/jltr.5.4.775-785
Pertiwi, A. K., & Pusparini, R. (2021). Vocational High School English Teachers’ Perspectives On “Merdeka Belajar” Curriculum. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1982–1992. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/672
Pla-Campas, G., Arumí-Prat, J., Senye-Mir, A. M., & Ramírez, E. (2016). Effect of Using Formative Assessment Techniques on Students’ Grades. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 228(June), 190–195. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.07.028
Puspitasari, E. D. T., Surjono, H. D., & Minghat, A. D. (2020). Utilizing Web Based Learning as 21st Century Learning Media for Vocational. International Journal of Engineering & Technology, 7(4), 157–160. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.33.23522
Rahayu, N., Suharti, D. S., Wigati, F. A., & Taufanawati, E. (2021). Investigating the Components of Outcome Based Education in Efl Classroom: A Lesson Plan Analysis. English Review: Journal of English Education, 9(2), 173–182. https://doi.org/10.25134/erjee.
Ratnasari, & Neviyarni. (2021). Peran Guru BK ( Bimbingan dan Konseling ) Dalam Mensukseskan Program Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 4051–4056.
Rosana, D., Widodo, E., Setianingsih, W., & Setyawarno, D. (2020). Pelatihan Implementasi Assessment Of Learning, Assessment For Learning Dan Assessment As Learning Pada Pembelajaran IPA SMP di MGMP Kabupaten Magelang. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 4(1), 71–78. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v4i1.34080
Rosidah, C. T., Pramulia, P., & Susiloningsih, W. (2021). Analisis Kesiapan Guru Mengimplementasikan Asesmen Autentik Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 87–103. https://www.battelleforkids.org/n
Rukmini, D., & Saputri, L. A. D. E. (2017). The authentic assessment to measure students’ English productive skills based on 2013 Curriculum. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 7(2), 263–273. https://doi.org/10.17509/ijal.v7i2.8128
Sadieda, L. U., Wahyudi, B., Dwi Kirana, R., Kamaliyyah, S., & Arsyavina, V. (2022). Implementasi Model Blended Learning Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum Merdeka. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 7(1), 55–72. https://doi.org/10.15642/jrpm.2022.7.1.55-72
Setiyawami, Sugiyo, & Rahardjo, T. J. (2020). The Role of Vocational Education on the Advancement of Human Development in Indonesia. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 443, 406–410. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200620.079
Sudiyanto, S., Kartowagiran, B., & Muhyadi, M. (2015). Pengembangan Model Assessment As Learning Pembelajaran Akuntansi Di Smk. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(2), 189–201. https://doi.org/10.21831/pep.v19i2.5579
Sufyadi, S., Harjatanaya, T. Y., Adiprima, P., Satria, R. M., Andiarti, A., & Herutami, I. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sugiri, W. A., & Priatmoko, S. (2020). Persprektif Asesmen Autentik Sebagai Alat Evaluasi Dalam Merdeka Belajar. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 53. https://doi.org/10.30736/atl.v4i1.119
Supriyadi, S., Lia, R. M., Rusilowati, A., Isnaeni, W., Susilaningsih, E., & Suraji, S. (2022). Penyusunan Instrumen Asesmen Diagnostik untuk Persiapan Kurikulum Merdeka. Journal of Community Empowerment, 2(2), 63–69. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jce
Supriyono. (2022). The proposed model of the g*gold way strategy for teachers to implement the “kurikulum merdeka” at all school levels. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(12).
Tohir, M. (2020). Merdeka Belajar: Kampus Merdeka. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Valen & Satria, T. G. (2021). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal Basicedu, 5(4), 2199–2208.
Wicaksono, I., Aprilia, I., & Supraptiningsih, L. K. (2022). Penerapan Asesmen Formatif Pembelajaran Fisika dengan Kuis Game Edukasi dan Penilaian Diri Siswa SMA. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 6(2), 139–150. https://doi.org/10.31537/ej.v6i2.739
Widiartini, N. K., & Sudirtha, G. (2019). Effect of KWL Learning Method ( Know- Want-Learn ) and Self-Assessment on Student Learning Independence Vocational. International Journal of Social Sciences and Humanities, 3(2), 277–284.
Widodo, S., Supriyono, S., & Ratnaningsih, A. (2021). Inovasi Instrumen Penilaian Menggunakan Aplikasi Kahoot di Masa Pandemi Covid-19. Edusia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Asia, 1(1), 110–127. https://doi.org/10.53754/edusia.v1i1.62
Wijaya, A. K., & Andini, W. (2022). Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Mengembangkan Instrumen Penilaian Berbasis Digital. Dimasejati, 4(2), 144– 154.