Pengembangan Smart Learning Platform dengan Teknologi Multimedia Interaktif untuk Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Inggris di SD N 2 Sumita

  • I Nyoman Tri Anindia Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Lanang Agung Raditya Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Sepdyana Kartini Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
  • I Komang Agus Roy Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
Kata Kunci: Pembelajaran Digital, Sekolah Dasar, Teknologi Pendidikan, Pembelajaran Bahasa Inggris, Animasi Interaktif

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa Sekolah Dasar dalam pembelajaran Bahasa Inggris melalui penerapan teknologi multimedia berbasis animasi interaktif. Pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar masih menghadapi berbagai kendala, seperti kurangnya minat siswa dan penggunaan metode konvensional yang kurang menarik. Oleh karena itu, solusi yang diusulkan adalah pengembangan media pembelajaran digital interaktif yang memanfaatkan animasi sebagai sarana visual yang menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Metode pelaksanaan kegiatan ini meliputi perancangan media pembelajaran dan implementasi di kelas. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa dan pemahaman mereka terhadap materi Bahasa Inggris. Berdasarkan data yang diperoleh, terdapat peningkatan minat belajar siswa kelas 6 dari 45% menjadi 90%, kelas 5 dari 50% menjadi 85%, dan kelas 4 dari 40% menjadi 80%. Guru juga merasakan manfaat dari penggunaan media ini dalam proses mengajar, yang menjadi lebih efektif dan interaktif. Dengan demikian, penerapan teknologi multimedia berbasis animasi interaktif memberikan kontribusi positif dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar.

Referensi

Choudhury, S., & Chechi, V. K. (2024). Impact of Augmented Reality on School Students Learning English. 2024 IEEE International Conference on Computing, Power and Communication Technologies (IC2PCT), 5, 490–494. https://doi.org/10.1109/IC2PCT60090.2024.10486383
Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12–19.
Kartini, K. S., Yusa, I. M. M., Adnyana, I. N. W., & Putra, I. N. T. A. (2024). Impact of augmented reality on high school students’ motivation and understanding of acid-base titration concepts. Edelweiss Applied Science and Technology, 8(6 SE-Articles), 7559–7569. https://doi.org/10.55214/25768484.v8i6.3638
Ketut Sepdyana Kartini1*, I. N. T. A. P. (2022). Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 117–125. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.41877 Kebutuhan
Putra, I. N. T. A. (2024). Implementasi virmata untuk meningkatkan pemasaran umkm ukiran desa sumita. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(November), 262–268.
Putra, I. N. T. A., Kartini, K. S., Putra, P. S. U., Adnyana, I. N. W., & Pande, N. K. N. N. (2021). Design and Development of Interactive Media Application Based on Android Case Study of Hydrocarbon Chemical Lesson Materials. 2021 6th International Conference on New Media Studies (CONMEDIA), 113–117. https://doi.org/10.1109/CONMEDIA53104.2021.9616994
Putu Dody Setiawan, Ketut Sepdyana Kartini, I. N. T. A. P. (2021). SOSIALISASI VIDEO ANIMASI 2D TENTANG PENGENALAN PENGGUNAAN STYROFOAM DAN BAHAN ALAMI DALAM PEMBUATAN OGOH-OGOH. Jurnal Widya Laksmi, 1(1), 31–36.
Rasna, I. W., Binawati, N. W. S., Tantra, D. K., & Putra, I. N. T. A. (2021). The Harmony of Instructional Communication in the Classroom. 5th Asian Education Symposium 2020 (AES 2020), 251–253.
Rasna, I. W., Tri, I. N., & Putra, A. (2024). Dampak Media Sosial Terhadap Disrupsi Kosakata dan Pragmatik Bahasa Bali Generasi Milenial. 183–195.
Rasna, W., Tantra, D. K., Binawati, N. W. S., Sudiana, I. G. N., Relin, R. A., & Putra, I. N. T. A. (2021). Politeness-Based Indonesian Teaching as Social Skill for Preparing Competitive Human Resources in Industrial Revolution Era 4.0. 2nd International Conference on Technology and Educational Science (ICTES 2020), 247–251.
Tri, I. N., Putra, A., Kartini, K. S., Irvan, M., & Abenk, S. (2024). Analisis Fungsional dan Pengalaman Pengguna Augmented Reality pada Pembelajaran Pengenalan Struktur Tumbuhan. 218–224.
Diterbitkan
2025-04-07
Bagian
Articles