PENGARUH GAYA BELAJAR VISUAL-AUDITORI DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA

Main Article Content

S. Amalia
M.A. Hardiansyah

Abstract

Gaya belajar antara satu siswa dengan siswa lainnya tidaklah sama ada siswa yang lebih nyaman belajar dengan gaya visual, auditori, ataupun kinestetik, dengan begitu guru tidak dapat lagi mengajar siswa dengan cara yang seragam. Diperlukan inovasi di dalam pembelajaran sehingga siswa tidak bosan dan mereka dapat aktif ketika mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas. Untuk membangkitkan keaktifan siswa, salah satu cara yang dapat dilakukan dapat melalui model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya belajar visual-auditori dan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap keaktifan belajar siswa IPS di SMAN 1 Caringin. Peneliti menggunakan penelitian berjenis kuantitatif dengan metode penelitian berbasis survei melalui penyebaran angket kepada sejumlah 60 responden sebagai sampel penelitian. Data yang didapatkan dari responden diolah melalui program SPSS dengan tahap analisis data melewati uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Penelitian ini menunjukkan hasil pada hipotesis pertama yang dilihat dari nilai t hitung sebesar 1,979 < t tabel sebesar 2,002 dan nilai Sig. 0,053 > 0,05 sehingga H0 diterima yang artinya tidak terdapat pengaruh gaya belajar visual-auditori terhadap keaktifan belajar siswa. Kemudian pada hipotesis kedua, Ha diterima karena nilai t hitung sebesar 4,755 > t tabel 2,002 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keaktifan belajar siswa. Pada pengujian hipotesis ketiga, Ha diterima dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh secara simultan antara gaya belajar visual-auditori dan model pembelajaran problem based learning dengan keaktifan belajar siswa.

Article Details

Section
Articles

References

Alwan Bahrudin, F., & Afrizal, S. (2021). Implementasi Tugas Guru dan Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Siswa. Untirta Civic Education Journal, 47(4), 124–134. https://doi.org/10.31857/s013116462104007x

Cahyani, I. S. (2017). Pentingnya Mengenali Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran.
Irfani Lindawati, Y., & Rahayu, A. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pembelajaran Jarak Jauh. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 2(1), 1–8. https://journal.publication-center.com/index.php/ijssh/article/view/716/173

Kuntari, S. (2019). Relevansi Pendidikan Ips Dalam Arus Globalisasi. Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika, 5(1), 25. https://doi.org/10.30870/hermeneutika.v5i1.7389

Kuntari, S., Setiawan, R., Yustika, D., Lindawati, I., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2021). Pengaruh Online Learning Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Kuliah Teori Sosiologi Modern. In Jurnal Ilmiah Kependidikan (Vol. 11). http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE

Lestari, P., & Hudaya, D. A. (2018). Penerapan Model Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP PGRI 3 Jakarta. Research and Development Journal Of Education, 5(1).

Mucharom, M., Mustaji, & Mariono, A. (2022). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keaktifan Dan Berpikir Kritis Siswa Dalam Karakter Kebangsaan Di SPN Polda Jatim. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(1), 2656–5862. https://doi.org/10.36312/jime.v8i1.2701/http

Nasution, E. (2016). Problematika Pendidikan Di Indonesia.
Ophilia Papilaya, J., & Neleke, H. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. In Jurnal Psikologi Undip (Vol. 15, Issue 1).

Priyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif.

Purnama, R. D., & Fauzi, A. (2021). Peran Guru Dalam Membangun Efektifitas Pembelajaran Sosiologi Pada Masa Pandemi Covid-19. Edu Sociata ( Jurnal Pendidikan Sosiologi ), 4(2), 34–46. https://doi.org/10.33627/es.v4i2.500

Rachmawati, T., & Daryato. (2015). Supervisi Pembelajaran Inspeksi Meliputi Controlling,Correcting Judging, Directing, Demonstration. https://onesearch.id/Record/IOS5173.ai:slims-768?widget=1

Sopian, A., & Widiansyah, S. (2022). Dampak Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas XIII IPS Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di SMA Negeri 26 Tangerang. 2, 366–374. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/tsaqofah

Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208

Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 234–237.