PENGARUH MODEL SELF-ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Main Article Content

P. Aripin
M. Idris
D.B. Irawan

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah adakah pengaruh model self-organized learning (SOLE) terhadap hasil belajar IPS SD Negeri 1 Keman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah peningkatan atau pengaruh model self-organized learning environment (SOLE) terhadap hasil belajar IPS SD Negeri 1 Keman. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Keman yang berjumlah 21 siswa. Dengan jumlah sample 11 laki-laki dan 9 perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Dengan desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretes dan posttest desain. Tes terdiri dari 10 butir soal essay. Hasil uji hipotesis diperoleh dengan nilai thitung 9,487 sedangkan ttabel 2,080 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model self-organized learning environment (SOLE) berpengaruh terhadap hasil belajar IPS Kelas IV SD Negeri 1 keman.

Article Details

Section
Articles

References

Al-Haq, T. S., Ahyani, N., & Suryani, I. (2021). Perbedaan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dengan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 2 Mesuji. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 7(1), 19–27. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/kalpataru.v7i1.6277

Amalisa, Y., Idris, M., & Suryani, I. (2022). Pengaruh Strategi Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 08 Rambang Kuang: Crossword Puzzle, Hasil Belajar, IPS Kelas Tinggi. Indonesian Research Journal on Education, 2(3), 1242–1249. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/irje.v2i3.66

Fitriani, F. E. (2019). Pengaruh Pendekatan Konstekstual Dan Model Pembelajaran Keliling Kelompok Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu (Sejarah) Di KelaS VII SMP Negeri 2 Muara Enim Tahun Ajaran 2017/2018. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 5(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/kalpataru.v5i1.2934

Irawan, D. B. (2020). Pengembangan Media Berbasis Komputer Lectora Inspire Dalam Pembelajaran Subtema Lingkungan Sosialku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 188–197. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p188-197

Nizamuddin, H., Azan, K., Khairul Anwar, M. S. I., Muhammad Ashoer, S. E., Nuramini, A., Irlina Dewi, M. H., Abrory, M., Pebriana, P. H., Jafar Basalamah, S. E., & Sumianto, M. P. (2021). Metodologi Penelitian; Kajian Teoritis Dan Praktis Bagi Mahasiswa. CV. DOTPLUS Publisher.

Ramadani, D. F., Idris, M., & Ayurachmawati, P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Number Head Together terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SD Negeri 01 Tanjung Raja. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7272–7276. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15697

Sari, S. K., & Erwin, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran SOLE Berbantuan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar IPA Kelas III. Jurnal Basicedu, 6(4), 6599–6604. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3313

Tersiana, A. (2018). Metode penelitian. Anak Hebat Indonesia. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf

Wati, N. N. K. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Self Organized Learning Environments Berbasis Tri Kaya Parisudha untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1–10. https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi/article/view/1387

Wibawa, I. B., Suadnyana, I. N., & Asri, I. G. A. A. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 136–143. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15496