PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Article Content

R. Juniarti
M. Idris
D.B. Irawan

Abstract

Research and Development (RnD) merupakan metode yang digunakan dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Development, Disseminate). media video pembelajaran ini cocok digunakan dan dapat dijadikan sebagai solusi dari permasalahan dalam pembelajaran pada hasil belajar IPS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) IPS merupakan salah satu mata pelajaran terpadu di sekolah dasar yang menghubungkan dengan kehidupan sehari-hari.Ilmu-ilmu sosial yang memegang peranan penting bagi peserta didik dalam kedudukannya dalam pergaulan di lingkungan keluarga, sekolah dan sosial. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana hasil pengembangan media pembelajaran video pembelajaran berbasis Powtoon pada pembelajaran IPS kelas V sekolah dasar?. Subjek penelitian kelas V di SDN 03 Berkat. Model penelitian ini yaitu 4D dengan design big group posttest design.hasil penelitian terlihat setelah dilakukan post test pada kelompok besar sehingga didapat hasil rata-rata nilai tes keseluruhan siswa sebesar 77% dengan kriteria valid. Hasil validasi ahli media validator I (RS) memperoleh skor 49 dari 65 dengan presentase sebesar 75% memiliki kriteria valid, hasil validasi ahli materi validator II (IS) memperoleh skor 60 dari 65 dengan presentase sebesar 92% memiliki kriteria sangat valid, hasil validasi ahli angket validator III (IAS) memperoleh skor 51 dari 55 dengan prestentase 92% memiliki kriteria sangat valid. Kemudian dilakukan tahap Big Group terhadap 22 siswa memperoleh presentase angket respon siswa sebesar 98% dengan kategori sangat valid dan angket respon guru sebesar 85% dengan kriteria valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran berbasisi Powtoon pada pembelajaran IPS Kelas V sangat valid dan layak sehingga dapat dilakukan uji coba pada produk yang dihasilkan.

Article Details

Section
Articles

References

Alverina, C., Hakim, Z. R., & Taufik, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Powtoon Pada Mata Pelajaran IPS. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 9(3), 266–272. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v9i3.15785

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584

Dora, A., & Idris, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Materi Sejarah Penyebaran Islam di Kecamatan Sirah Pulau Padang. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 5(1), 45–53. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/kalpataru.v5i1.2941

Irawan, D. B. (2020). Pengembangan Media Berbasis Komputer Lectora Inspire Dalam Pembelajaran Subtema Lingkungan Sosialku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 188–197. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p188-197

Jannah, R., Karma, I. N., & Dewi, N. K. (2022). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon Pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Kelas V. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1930–1937. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.858

Novera, R. D., Sukasno, S., & Sofiarini, A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Powtoon Menggunakan Konsep Etnomatematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7161–7173. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3404

Pahrir, Y. P., Idris, M., & Ramadhani, E. (2022). ANALISIS SUMBER PEMBELAJARAN LOKAL PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 8(2), 119–129. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/kalpataru.v8i2.10716

Pradana, M. R., & Idris, M. (2019). Pengembangan Media Peta Bentuk Puzzle dengan Memanfaatkan Plastik Kemasan Makanan Ringan Pada Mata Pelajaran Sejarah. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 5(2), 141–151. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/kalpataru.v5i2.4114

Rahmawati, E. Y., Nurrahmah, A., & Bhakti, Y. B. (2020). PKM menggiatkan literasi bahasa inggris dan sains di taman belajar masyarakat RUBIK (rumah belajar indonesia kreatif). Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 2(1), 395–400. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/5148/1131

Raihanati, L., Jamaludin, U., & Taufik, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Powtoon Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(2), 1–11. https://www.jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/823/471

Setyowidodo, I., Yulianto, D., & Handayani, A. D. (2018). Rumah Pintar Dalam Taman Belajar Masyarakat (Tbm) Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Terapan Abdimas, 3(2), 110–115. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jta.v3i2.2810

Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan media video berbasis powtoon pada mata pelajaran IPA di kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(2), 269–279. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835