PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SOLID (SOCIAL LITE EDUCATION) BERBASIS MICROSITE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
Main Article Content
Abstract
Transformasi Pendidikan di era digital menuntut adanya inovasi dalam strategi pembelajaran agar mampu meningkatkan motivasi peserta didik. Salah satu tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran IPS di SMPN 10 Malang adalah rendahnya motivasi belajar peserta didik. Pembelajaran yang masih didominasi metode ceramah serta penggunaan sumber belajar konvensional menyebabkan peserta didik kurang aktif, mudah terdistraksi, dan kesulitan memahami materi yang bersifat abstrak. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran SOLID (Social Lite Education) berbasis microsite untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi konflik sosial di SMPN 10 Malang. Penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluate). Data dikumpulkan menggunakan metode analisis desskriptif kuantitatif dan kualitatif. Media dikembangkan menggunakan platform s.id dan dilengkapi dengan fitur-fitur interaktif dan menarik. Hasil validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan bahwa media pembelajaran SOLID berada pada kategori sangat layak digunakan. Uji implementasi terhadap peserta didik menunjukkan bahwa media ini berhasil dalam meningkatkan motivasi belajar dengan kategori sangat tinggi. Media SOLID dinilai mampu membangun motivasi, meningkatkan keterlibatan aktif, serta mendukung pembelajaran yang fleksibel, mandiri, dan kontekstual. Dengan demikian, media ini sangat tepat dan layak diterapkan sebagai inovasi dalam pembelajaran digital di era pendidikan abad ke-21.
Article Details
References
Alfania, S., Wahyuningtyas, N., & Prasat, R. R. (2024). Development of Mobile Learning NARACY (Financial Literacy) as a Learning Media for Social Studies Subjects in Junior High School. International Journal of Social Learning (IJSL), 4(3), 311–331. https://doi.org/10.47134/ijsl.v4i3.279
Arlis, S. (2013). Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 113. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v13i2.4288
Dolu, F., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Penerapan Microsite Sid Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Literasi Dasar pada Materi Sejarah Lokal Mata Pelajaran IPS. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3803-3813.
Faiza, N. N., Wardhani, I. S., Madura, U. T., & Indah, P. T. (2024). Media Pembelajaran Abad 21 : Membangun Generasi. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(12), 1-15. https://doi.org/10.62281/v2i12.1211
Farhana. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas IV di SD IT Al-Qur’aniyyah. Skripsi, 11–13.
Handayani, R. (2022). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik Melalui Media Digital Interaktif. Pustaka Edu.
Hayu, R., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsite pada Materi Pancasila Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 553–559. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8568
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. Jurnal UIN, 1(1), 28–37. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Keumala, M. F. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsite Mata Pelajaran Informatika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Fase E Smk Negeri Kebasen Kabupaten Banyumas. Skripsi.
Lestari, I. D., Halimatusha’diah, H., & Puji Lestari, F. A. (2018). Penggunaan Media Audio, Visual, Audiovisual, dalam Meningkatkan Pembelajaran kepada Guru-guru. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 55. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2361
Nusroh, H., Kusumaningsih, N., & Wiyanto. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA peserta didik kelas VIII D SMPN 18 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas, 728–734. https://proceeding.unnes.ac.id/snpptk/article/view/3200
Prasetyo, R. (2024). Teknologi dalam Pendidikan: Inovasi dan Implementasi di Era Digital. Pustaka Edu.
Rahmawati, S., & Yusuf, M. (2023). Pembelajaran Digital dan Dampaknya terhadap Motivasi Peserta didik. EduPress.
Santoso, D., Rahayu, T., & Firmansyah, I. (2022). Variasi Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik. Universitas Negeri Malang Press.
Sari, M., Elvira, D. N., Aprilia, N., Dwi R, S. F., & Aurelita M, N. (2024). Media Pembelajaran Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Warta Dharmawangsa, 18(1), 205–218. https://doi.org/10.46576/wdw.v18i1.4266
Sartika, F., Desriwita, E., & Ritonga, M. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar PAI di sekolah dan madrasah. Humanika, 20(2), 115–128. https://doi.org/10.21831/hum.v20i2.32598
Setiawan, D., Kabibullah, N., & Wadi, I. S. (2020). Penerapan Model Arcs (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Smk Muara Ilmu Depok”. Mozaic : Islam Nusantara, 6(1), 61–78. https://doi.org/10.47776/mozaic.v6i1.158
Simorangkir, R., Sinaga, R., Limbong, R., & Nazwa, Z. (2024). Analisis Penggunaan Media Digital Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Dalam Pembelajaran Matematika DI Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 10. https://doi.org/10.30742/tpd.v5i2.3444
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R &D. Alfabeta.
Suryani, A. (2023). Digitalisasi Pendidikan: Transformasi Pembelajaran di Era Modern. Gramedia Pustaka Utama.
Yeni, D. F., Rahmatika, D., Muriani, M., & Armi Eka Putri, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Digital terhadap Hasil Belajar Peserta didik. Edu Journal Innovation in Learning and Education, 1(2), 93–102. https://doi.org/10.55352/edu.v1i2.571