PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WINDOWS SHOPPING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SMP
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dinilai penting karena berupaya mengatasi permasalahan nyata yang terjadi di SMPN 1 Jenggawah, di mana hasil observasi menunjukan partisipasi siswa sangat rendah dalam pembelajaran IPS, yang ditandai dengan sikap pasif, enggan berdiskusi, dan minimnya kontribusi berpendapat. Tujuannya adalah menguji model pembelajaran Kooperatif tipe Windows Shopping terhadap keaktifan belajar siswa kelas VIII. Penelitian kuantitatif quasi-eksperimental ini menggunakan desain Non Equivalent Control Group dan data dikumpulkan melalui 22 butir angket serta observasi. Hasilnya menunjukan efektifitas model ini dengan skor rata-rata observasi post-test kelas eksperimen mencapai 87,52, jauh di atas kelas kontrol 59,00. Hasil angket post-test eksperimen mencapai 78.90 jauh diatas kelas kontrol 56.83. Uji Mann Whitney menghasilkan sig. (2 tailed) sebesar 0.000 <0,05, menegaskan adanya pengaruh signifikan. Diperkuat skor Effect Size 3.74 > 0.8, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Windows Shopping sangat berpengaruh dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Article Details
References
Cahyani, K. D. (2021). Motivasi Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Model Windows Shopping di SD Negeri Nirmala. Mindset: Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 23-29. https://doi.org/10.56393/mindset.v1i1.83
Amruddin, P. R. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Pradina Pustaka.
Dede Hidayatulloh, A. T. (2024). Peran Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas Iv Di Madrasah Ibtidaiyah Matha’ul Anwar Pilar Sibanteng, 3(2), 118–131. https://doi.org/10.51192/almunadzomah.v3i2.771
Hatimah, H., Pai, B., Smp, S., Banjarbaru, N., Apriana, B. N., Pendidikan, J., Indonesia, J., & Sosiologi, M. P. (2020). Model Cooperative Learning Tipe Window Shopping. Review of Educational Research, 2(2), 659–670. https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i2.34690
Himmah, F., Suma, N. N., & Ulfa, N. M. (2025). Pengembangan Media Realia Berbasis Potensi Lokal Kabupaten Lumajang pada Mata Pelajaran IPS Materi Potensi Sumber Daya Alam dan Kemaritiman Indonesia. 2(April), 1–26. https://doi.org/10.62354/jep.v2i1.33
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Madaniyah, J., Khoiruzzadi, M., & Prasetya, T. (2021). PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN IMPLIKASINYA DALAM DUNIA PENDIDIKAN (Ditinjau dari Pemikiran Jean Piaget dan Vygotsky) Muhammad Khoiruzzadi, 1 & Tiyas Prasetya 2. 11, 1–14. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/152
Marpaung, M. J., & Lubis, M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Window Shopping Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMAS Budisatrya Medan. Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(2), 39-51. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i2.570
Mukhbita, N. (2024). Variasi Model Pembelajaran Tematik Di MI / SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 4(4), 277–283. https://doi.org/10.37081/jipdas.v4i4.2011
Mustopa, M. Z. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Melalui Pendekatan Saintifik Model Pembelajaran Window Shopping (Kunjungan Galeri) Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII.8 SMPN I Praya Tahun Pelajaran 2019 - 2020. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2), 146–154. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i2.1075
Musyarofah, Ahmad, A. & Suma, N. N. (2021). Konsep Dasar IPS. Komojoyo Press (Anggota IKAPI)
Nengsih, S. R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Window Shoping Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal AlphaEuclidEdu, 3(1), 1. https://doi.org/10.26418/ja.v3i1.55173
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.991
Putri, T. D., Haq, Z., Islam, P. A., Tarbiyah, F., Negeri, U. I., & Padang, I. B. (2025). Model Pembelajaran Tradisional dan Kontemporer dalam Pendidikan Agama Islam dan budaya masyarakat Muslim . Sejak awal , pendidikan ini bertujuan untuk yang adaptif terhadap perubahan zaman tanpa mengabaikan nilai-nilai dasar ajaran. 3. https://doi.org/10.55606/lencana.v3i1.4579
Sinar. (2018). Metode Active Leaning-Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa, 1st ed.(Yogyakarta: Deepublish)
Sulistijati, N. (2019). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Materi Perkembangan Dunia Pasca Perang Dunia II Melalui Model Pembelajaran Aktif Window Shopping Kelas XII 8 Semester 1 SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Dialetika FKIP, 2(2), 63–74. https://doi.org/10.58436/dfkip.v2i2.322
Sulistijati, N.(2022). "Windows Shopping Dalam Pembelajaran Sejarah." Deepublish publisher.
Suma, N. N., Timur, J., & Jember, K. (2023). Pemanfaatan Potensi Lokal Kawasan Karst dan Pesisir Sebagai Laboratorium Outdoor Pembelajaran IPS Utilization Local Potential of Karst and Coastal Areas as an Outdoor Laboratory for Social Studies Learning. 1, 20–31. https://doi.org/10.18860/jpips.v10i1.23840
Ula, N. S. S., & Jamilah, M. (2023). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V Dengan Menggunakan Model TGT. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 194-204. https://doi.org/10.32832/jpg.v4i3.14383
Widya, L., Ibrahim, M., Aufa, I., Hasana, N., & Az-zahra, S. R. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Model Window Shopping. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 53-62. https://doi.org/10.37274/ukazh.v6i2.1538