IMPLEMENTASI MODEL TGT BERBANTUAN MEDIA TABOK LEBAH PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA

Main Article Content

L.C. Mawarsari
N. Ratnawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Tabok Lebah. Latar belakang penelitian ini adalah kondisi siswa kelas VIII-G di SMPN 16 Malang yang cenderung individualistis, kurang berinteraksi dalam diskusi, dan pasif saat tugas kelompok, sementara sebagian lainnya mendominasi tanpa melibatkan teman sekelas secara seimbang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam bentuk siklus. Setiap siklusnya mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 33 siswa kelas VIII-G, dan data dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk menilai kemampuan kolaborasi yang kemudian dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TGT berbantuan media Tabok Lebah berhasil meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa. Hal ini dibuktikan oleh peningkatan pada setiap aspek kolaborasi selama dua siklus berturut-turut, yaitu sebesar 10,29%, 18,89%, 20,61%, dan 18,59%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model TGT efektif untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa.

Article Details

Section
Articles

References

Anantyarta, P., & Sari, R. L. I. (2017). Keterampilan Kolaboratif dan Metakognitif Melalui Multimedia Berbasis Means Ends Analysis. Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 33–43. https://doi.org/10.32528/bioma.v2i2.821

Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi 4c(Communication, Collaboration, Critical Thinking Dan Creative Thinking) Untuk Menyongsong Era Abad 21. Prosiding : Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1). https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/knmipa/article/view/829

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Fadly, W. (2022). Model-Model Pembelajaran untuk Implementasi Kurikulum Merdeka.

Junita, J., & Wardani, K. W. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran STAD dan CIRC terhadap Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas V SD Gugus Joko Tingkir pada Mata Pelajaran Tematik. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5(1), 11. https://doi.org/10.26737/jpdi.v5i1.1688

Lestari, R. V. A., & Hindun. (2023). Penerapan 4C ( Communication , Collaboration , Critical Thinking , Creativity ) Pada Kurikulum Merdeka di Tingkat Sma Pendahuluan di era globalisasi ini , keterampilan 4C ( Communication , Collaboration , Critical Thinking , Creativity ) sangat diperlukan. Journal of Indonesian Language Research, 3(2), 15–26. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Reduplikasi/article/view/2285

Maesharoh, R. W., Muthali’in, A., & Iskak, I. (2024). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa dengan Metode TGT Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XE1 SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 423–434. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.388

Mahardi, I. P. Y. S., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Kearifan Lokal Trikaya Parisudha Terhadap Pendidikan Karakter Gotong Royong Dan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 98. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20821

Muliawati, S. N., Syachruroji, A., & Rokmanah, S. (2023). Pembelajaran Kolaboratif Untuk Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(1), 130–135. https://doi.org/10.55081/jurdip.v4i1.1465

Oktavia, A. F., & Kamal, M. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Dalam Melatih Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Bukittinggi. Adiba : Journal Of Education, 4(1), 44–56. https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/562

Raudah, S., Suriansyah, A., & Cinantya, C. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Keaktifan dan Minat Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisplin, 2(4), 2092–2097. https://doi.org/10.60126/maras.v2i4.559

Sinaga, D. (2024). Buku Ajar Penelitian Tindakan Kelas .Ptk.

Sururi, I., & Wahid B S, A. (2022). Teams Games Tournament ( Tgt ) Sebagai Metode Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berbicara Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(2), 2414–2420. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2.3139

Ummah, M. S. (2019). Buku ajar pengembangan model pembelajaran “who am i.” Sustainability (Switzerland), 11(1).

Wahyuningsih, I., Turahman, C., & Widiarti, N. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi melaui Pendekatan TaRL pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 20 Semarang. Seminar Nasional Pendidikan UNNES, 846–853. https://proceeding.unnes.ac.id/snpptk/article/view/3214

Winoto, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Stad ( Student Teams Achievement Divisions) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Organisasi Kelas V Sd Berugenjang Kudus. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 7(2), 166. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v7i2.1912

Yanti, Y. E., & Yhasmin, A. (2023). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tgt (Team Game Tournament) Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Anak Sholeh Full Day. JIPSOS: Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 3026–2089. https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/jipsos/article/view/2967